Motor Sport Honda Mana yang Mendapat Versi Facelift Besok?

JAKARTA, Motovaganza.com – Isu mengenai model-model baru Honda yang siap diluncurkan di awal tahun ramai dibicarakan. Setelah Honda BeAT di bulan Januari lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan tampilan baru Honda Revo hari ini. Mereka juga siap menggelar acara besar pada Selasa, 4 Februari 2020 besok. Rencananya mereka akan melakukan pengenalan Repsol Honda MotoGP Team 2020, perkenalan tim balap Astra Honda Motor, dan juga meluncurkan satu produk baru.

Modelnya memang masih misteri. Perkiraan kuatnya adalah CBR250RR yang mendapat minor change. Maklum, karena acaranya bertemu motorsport, maka diperkirakan model yang meluncur juga dari segmen motorsport. Sementara model inilah yang sangat dekat dengan dunia motorsport. Indikasi ini makin kuat karena direncanakan berbarengan dengan pengumuman tim MotoGP Repsol Honda.

Melihat ada kemungkinan peluncuran motor sport, simak dulu line up apa saja yang masih mereka jajakan saat ini. Siapakah yang akan bertransformasi?

Honda CBR150R

CBR150R


Dari jajaran line-up motor fairing Honda, CBR150R adalah yang paling kecil. Model ini diperkenalkan pertama kali pada 2016. Posisi sebagai entry di keluarga CBR tak membuat model ini tampil rendahan. Aura sporty tetap dikumandangkan sebagai sajian utama. Bodinya meski tidak terlalu ramping namun bobotnya mampu dibuat lebih ringan 5 kg dibandingkan model sebelum.

Update terakhir model ini dilakukan awal tahun ini. AHM menambahkan pilihan warna baru yaitu Dominator Matte Black serta perubahan detail decal di warna-warna lain. Tak ada utak-atik di sektor mesin. Honda CBR150R tetap menggunakan mesin satu silinder 149,16 cc DOHC empat katup, liquid cooled, berikut injeksi PGM-Fi. Mesin ini menghasilkan tenaga 16,8 Hp di 9.000 rpm serta tersedia daya puntiran maksimum 14,4 Nm di 7.000 rpm. Ditunjang transmisi enam percepatan, spesifikasi ini cocok buat para early riders.

Meski tak diperkuat fork up-side down, tampilan model ini tetap sporty. Ada setelan bantingan preload adjuster di kedua sisi. Pengaturan kaku atau lembut sesuai keinginan bisa dilakukan dengan mudah, cukup menggunakan obeng minus. Dengan demikian kita bisa merasakan karakteristik handling sesuai dengan keinginan.

Honda CBR250RR

CBR250RR


Selanjutnya, ada CBR250RR yang mengusung desain agresif futuristis. Bagian firing dihiasi garis-garis tajam yang dilengkapi dengan lampu LED bertumpuk. Desain yang sama mengalir ke bagian samping. Di belakang ada dua selongsong ujung knalpot untuk menekankan jumlah silinder dalam pemacu daya.

Motor ini diperkuat mesin dengan kubikasi 249,7 cc dikomposisikan over stroke. Keluaran daya mencapai 38,1 hp pada 12.500 rpm. Torsi meletup di 11.000 rpm dengan besaran 23,3 Nm. Tenaga ini tersalur melalui transmisi enam percepatan.

Berbaai teknilogi juga dibenamkan seperti Throttle by Wire. Bukaan katup gas diatur dengan bantuan unit kontrol elektronik. Ada pilihan mode berkendara, baik itu comfort, sport dan sport plus. Untuk menyesuaikan selera, geometri suspensi belakang pro-link didukung fleksibilitas lima setelan. Pergerakan roda depan diredam lewar up-side down.

Tapi bukan berat CBR250RR punya kekurangan. Ada beberapa fitur yang tidak dimiliki seperti pada kompetitornya. Sebut saja smart key, Assist & Slipper Clutch guna melindungi rider kala bermanuver, atau Quick Shifter. Tapi jangan khawatir. Kabarnya model baru yang akan meluncur sudah dilengkapi fitur ini.

Baca juga: Membandingkan Kecanggihan Honda CBR250RR Vs Kawasaki Ninja 250 ABS

Honda CBR500R

CBR500R


Di jajaran Big Bike ada CBR500R yang menjadi pintu lobi Supersport. Bagi penggemar kecepatan, model ini pas jika ingin upgrade dari segmen 250cc. Mesin dua silinder paralel berkapasitas 471,03 cc DOHC menjadi andalannya. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 49,6 Hp pada 8.500 rpm. Muntahan torsi 44,6 Nm dicapai pada 6.500 rpm.

Dari sisi tampilan motor ini lebih dewasa dibandingkan dua adiknya. Tak banyak garis macam-macam yang dihadirkan. Tampilan bodinya menunjukkan jika model ini masuk segmen mode. Sementara dua buangan knalpot disembunyikan di dalam satu bagian.

Kemampuan mesinnya yang besar membuat Honda memperhatikan urusan kaki-kaki. Di bagian depan dipasang showa adjustable telescopic fork meredam gerakan poros depan. Di belakang disematkan Showa monoshock bersistem pro-link. Urusan pengereman dipercayakan pada wave pattern disc brake 320 mm di roda depan dan belakang berukuran 240 mm. Sistem pengereman ini sudah dilengkapi fitur ABS 2 Channel.

Baca juga: Bocoran Terbaru Honda CBR250RR

Honda CBR1000RR

CBR1000RR


Di tahta teratas big bike Honda terdapat CBR1000RR. Perangkat yang ditawarkan lengkap. Sebut saja Riding Mode Select System guna menunjang kapabilitas di lintasan. Power Selector dan Selectable Engine Brake. Juga Honda Selectable Torque System yang mengatur pembatasan torsi. Sedangkan untuk menyokong stabilitas di tikungan, tersedia Honda Electronic Steering Damper.

Tenaga besar dihasilkan mesinnya. Disebutkan jika semburan tenaga mencapai 188,3 Hp yang dihasilkan unit 1.000 cc DOHC 16 katup empat silinder segaris. Tenaga yang lebih besar dari mobil bermesin 1500 cc sekalipun. Tenaga disalurkan ke roda lewat transmisi enam percepatan dengan quick shifter dan Slipper Assist.

Motor ini mempercayakan suspensi canggih milik Ohlins. Ada kontrol elektronik untuk menyesuaikan preload, compression dan rebound. Ini merupakan bagian dari konfigurasi teleskopik (depan) dan unit pro-link (belakang). Peranti pengereman menggunakan Brembo berukuran 320 mm dan 220 mm.

Generasi terbaru CBR1000RR pernah ditampilkan membawa nama CBR1000RR-R di EICMA 2019. Di Indonesia sudah mengaspal sejak 2017. Lantas, apakah kasta teratas ini datang menghampiri minggu depan? Atau justru CBR250RR disegarkan agar tetap kompetitif? Tunggu saja kepasiannya besok.

Baca juga: Daftar Motor Jenis Sport Honda, Mana yang Disegarkan Pekan Depan?

 

KARIM | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda