All New Honda CBR250RR Versi Balap Mulai Jalani Pengujian

JAKARTA, 2 Desember 2016 -- Motor sport terbaru All New Honda CBR250RR mulai disiapkan untuk mengikuti ajang balap,  yaitu Asia Road Racing Championship kelas Asia Production 250cc (AP250).  Pengetesan perdana versi balap All New Honda CBR250RR akan dilakukan pada 5 dan 6 Desember di Chang Internasional Circuit, Buriram setelah final ARRC 2016.

Pembalap andalan Astra Honda Racing Team (AHRT), seperti Andi Gilang akan bergabung dalam proses pengetesan tersebut untuk memberikan masukan awal terhadap All New Honda CBR250RR yang akan digunakan di balapan tahun depan. Informasi selanjutnya termasuk pebalap akan diinformasikan pada awal tahun sebelum musim balap 2017 dimulai.

“Pengembangan All New Honda CBR250RR sebagai motor balap telah kami mulai. Pada pengetesan perdana ini, pebalap kami akan berupaya memberikan banyak masukan berharga untuk menghasilkan setting motor balap All New Honda CBR250RR yang paling tepat,” kata Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Margono Tanuwijaya.

Honda CBR250RR memiliki dual silider engine dengan teknologi DOHC liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder yang akan menghasilkan tenaga maksimal 27,1 kw (36,8PS) / 12.500 rpm dan torsi maksimum hingga 22,5 Nm (2,29 kgf.m) / 10.500 rpm.

All New Honda CBR250RR menjadi model teringan di kelasnya dengan bobot 165 kg untuk tipe standar (STD) dan 168 kg untuk tipe ABS. Hal ini diklaim berkat penyematan rangka teralis terbaru dan mesin yang semakin compact.

Penyematan peranti elektronik canggih ikut membuat motor sport berlogo kepakan sayap ini semakin pintar dalam hal performa dan handling dibandingkan dengan rivalnya seperti Kawasaki Ninja 250 atau Yamaha MT-25. Piranti elektronik canggih antara lain tiga mode berkendara (riding mode) seperti mode Comfort, Sport dan Sport+ semakin membuat rivalnya seakan “kebakaran jenggot” dan berencana menguprade unitnya.

Honda CBR250RR juga sudah menggunakan sistem bukaan gas teranyar, Throttle By Wire. Sistem ini diterapkan agar bukaan gas yang diinginkan pengendaranya bakal lebih responsif dan diklaim lebih cepat meredakan bukaan gas. Throttle By Wire bekerja dengan cara bukaan gas secara sensor elektronik yang diatur oleh APS (Accelerator Position Sensor).

ANDHIKA KRESNA

Berita Terkait:
All New Honda CBR250RR Dijual Mulai Rp 62 Juta
Ini Keunggulan Honda CBR250RR Dibandingkan Pesaingnya

Artikel yang direkomendasikan untuk anda