Nyamannya Perjalanan Oase Pasundan Berkat Fitur Yamaha Y-Connect

Yamaha Maxi Touring

Perjalanan OTO ExploRIDEtion dimulai. Kali ini kami membawa tiga motor Maxi Yamaha dalam ritual touring (perjalanan jauh) bertemakan Oase Pasundan. Mencari oase-oase di tatar pasundan, Jawa Barat jadi misi utama tim rider sambil menguji beragam fitur yang ditawarkan oleh Yamaha All-New NMax 155 Connected/ABS dan Yamaha All-New Aerox 155 Connected/ABS.

Pada petualangan kali ini, kami melewati rute yang cukup menantang. Tak hanya berjibaku di jalan untuk tetap menjaga keselamatan berkendara, kami harus menaklukan dataran tinggi di kawasan Ciwidey-Cidaun. Jalan sempit yang didominasi oleh tanjakan curam dan tikungan tajam harus kami lewati.

Tidak hanya soal ketangguhan performa, perjalanan ini turut menjadi ajang pembuktian fitur-fitur canggih yang ada pada Yamaha All-New NMax dan All-New Aerox. Pada dua motor tersebut, ada paket fitur #canggihMAXImal yang tak dimiliki rival sekelas bahkan model motor yang jauh lebih mahal sekalipun.

 

Adalah Y-Connect yang mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepeda motor. Teknologi ini merupakan sebuah terobosan inovatif yang dapat menghadirkan pengalaman berkendara baru bagi penggunanya.

Berbekal teknologi Communication Control Unit (CCU), pengendara dapat menghubungkan Yamaha All-New NMax 155 dan All-New Aerox 155 dengan smartphone via jaringan Bluetooth. Hal ini kian memudahkan kami dalam mendapatkan informasi terkait kondisi sepeda motor serta data berkendara secara real time dan praktis saat melakoni touring.

Layanan yang tersedia pada aplikasi ada rekomendasi perawatan oli dan aki, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi, notifikasi malfungsi, notifikasi telepon dan pesan masuk, revs dashboard hingga fitur rank yang menghibur. Tak butuh waktu lama dan persyaratan rumit, smartphone langsung terhubung dengan motor.

Yamaha nmax touring

 

Sebelum memulai perjalanan, kami memanfaatkan Y-Connect untuk memastikan kondisi baterai (aki) dan oli. Keduanya dalam kondisi ‘Good’, motor pun dinilai laik melakukan perjalanan. Dari situ pula dapat dilihat waktu terakhir kali oli dan baterai mengalami pergantian. Disajikan secara lengkap, mulai dari tanggal, bulan, tahun bahkan jam. Nah, bagi rider yang sering kerepotan menyimpan buku servis untuk mengetahui kondisi oli dan akinya, fitur ini sangat bermanfaat. Cukup buka aplikasi, voila! Tersaji dengan mudah.

Oh ya, layanan ini juga ada interval pergantian oli mesin. Memungkinkan pengguna aplikasi Y-Connect mengatur waktu mengganti oli mesin motor berdasarkan kilometer maupun hari. Tak perlu khawatir, panduannya tentu dalam rentang yang direkomendasikan oleh Yamaha. Tentu saja ini sangat berfaedah, lantaran saat melakukan perjalanan jauh kita sudah bisa memprediksi kapan harus melakukan penggantian pelumas mesin.

Terkait mengganti oli mesin dapat dihitung dalam interval sebulan sekali (30 hari) atau per 2.500 km (lebih cepat dari yang tertera di buku panduan pemilik). Bila sudah mencapai angka yang telah ditetapkan, di layar utama secara otomatis menunjukkan gambar penampung oli dengan tulisan ‘replace’ dan berwarna merah.

Yamaha aerox touring

Berkat fitur ini juga informasi yang muncul di panel instrumen jadi makin canggih. Jika ada telepon maupun pesan masuk, muncul peringatan di sana berupa simbol berkedip. Notifikasi yang ingin disajikan pada layar bisa dipilih sesuai keinginan lewat smartphone. Maksudnya, indikator itu dapat berkedip tak hanya ketika ada pesan masuk (SMS) atau email, tapi bisa kita setting dengan aplikasi lain, WhatsApp misalnya. Caranya, buka aplikasi, menu, lalu pengaturan, kemudian pengaturan pemberitahuan. Selanjutnya tinggal pilih aplikasi WhatsApp. Tak cuma satu, pabrikan menyediakan enam opsi aplikasi untuk memilih notifikasi yang akan disajikan.

Kecanggihan teknologinya dapat dirasakan juga kala kami menggunakan perangkat komunikasi antar rider (intercom). Contohnya saat ada panggilan telepon, notif berkedip di dashboard NMax. Tepikan motor, lalu tekan tombol di intercomm, kita bisa langsung bicara tanpa perlu mengeluarkan ponsel dan tanpa melepas helm. Mudah dan praktis.

Dalam touring yang kami lakukan, fitur Y-Connect memberi banyak manfaat terkait pengukuran efisiensi bahan bakar. Fitur Fuel Consumption Check bisa menjadi acuan untuk berkendara yang hemat. Kami bisa mengecek rincian konsumsi bahan bakar di genggaman. Tak cuma harian, bulanan dan tahunan juga bisa dipantau. Bagi kami yang gemar bertualang, ini sangat berguna untuk membuat perencanaan perjalanan, khususnya terkait biaya bensin.

Yamaha Maxi touring

Petualangan ini juga terasa menarik dan menyenangkan. Sebab terdapat kanal Rank atau peringkat. Kami bisa menunjukan pencapaian aktivitas berkendara, baik secara jarak (mileage) ataupun keiritan bahan bakar (eco riding). Tentu ini menjadi nilai keseruan bagi kami bertiga.

Sebetulnya pada Y-Connect ada lagi notifikasi yang berkaitan dengan masalah atau kerusakan pada motor (malfungsi). Banyak parameter terdiagnosa melalui fitur itu. Kabar itu bisa terlihat dalam bentuk notifikasi malfunction di email yang sudah didaftarkan. Beruntungnya kami tidak menemukan kendala selama perjalanan.

 

Langkah Mengoneksikan Y-Connect

Yamaha aerox connected

Adapun cara menghubungkan smartphone dengan Y-Connect pada perangkat CCU cukuplah mudah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Download dan login aplikasi Y-Connect :

  • Scan QR Code pada Quick Start Y-Connect dan download aplikasi Y-Connect.
  • Install aplikasi Y-Connect di smartphone.
  • Buka aplikasi Y-Connect dan login dengan menggunakan alamat email.

2. Koneksikan smartphone dengan perangkat CCU di unit motor via bluetooth. Terdapat tiga cara yang bisa dipilih yaitu : 

  • Scan QR Code pada perangkat CCU di unit motor yang berada dekat dengan aki dan lakukan koneksinya.
  • Scan barcode nomor rangka unit motor (pada motor baru biasanya barcode menempel pada plastik jok) dan lakukan koneksinya.
  • Masukkan nomor rangka unit motor secara manual dan lakukan koneksinya.

3. Hidupkan unit motor dengan memutar main switch (knob) ke posisi “ON”, lalu perangkat CCU mulai mencari koneksi dengan Smartphone-ID anda.

4. Setelah itu, Smartphone-ID terkoneksi di perangkat CCU dan keduanya langsung saling terhubung. Ditandai dengan munculnya indikator Y-Connect App dan baterai smartphone pada tampilan layar Multifunction-Meter di unit motor. Pastikan GPS dan Bluetooth selalu menyala ya, agar seluruh fitur bisa bekerja sempurna sepanjang perjalanan.

Aplikasi Y-Connect saat ini sudah dapat diunduh di platform Android maupun iOS melalui Play Store dan App Store. (ADV)

 

Baca Juga: Touring Makin Asyik Berkat Keunggulan All New Yamaha NMax Connected ABS

Jelajahi Yamaha Nmax

  • Tampak depan serong Yamaha Nmax
  • Samping kanan Yamaha Nmax
  • Tampak belakang serong Yamaha Nmax
  • Tampak depan Yamaha Nmax
  • Mesin Yamaha Nmax
  • Ban depan Yamaha Nmax
  • Navigasi Yamaha Nmax
  • Lampu depan Yamaha Nmax
  • Lampu sein depan samping Yamaha Nmax
  • Knalpot Yamaha Nmax
  • sandaran jok Yamaha Nmax
  • Lampu belakang Yamaha Nmax
  • Silencer Yamaha Nmax
  • Speedometer Yamaha Nmax
  • Tampak samping ruang bagasi Yamaha Nmax
  • Glove box Yamaha Nmax
  • Ruang kaki Yamaha Nmax
Yamaha Nmax
Rp 29,85 - Rp 32,26 Juta Cicilan : Rp 681.071

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Aerox 155VVA
    Yamaha Aerox 155VVA
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha FreeGo
    Yamaha FreeGo
  • Yamaha Lexi
    Yamaha Lexi

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi