Pabrik Daihatsu di Karawang Mampu Memproduksi 200 Ribu Unit Setiap Tahun

Pabrik Daihatsu

Astra Daihatsu Motor (ADM) adalah produsen otomotif di Indonesia dan salah satu pembuat mobil terbesar di negara ini, beroperasi sejak tahun 1978. ADM menjadi pusat produksi mobil dan komponen untuk merek Daihatsu dan Toyota di luar Jepang. Dalam kurun waktu 46 tahun, perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 8 juta unit kendaraan untuk pasar domestik dan internasional.

ADM memiliki dua pabrik perakitan, yang terletak di Sunter dan Karawang. Fasilitas terbaru mereka, Karawang Assembly Plant, terletak di Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang Timur, Jawa Barat. Beroperasi sejak tahun 2012, pabrik ini menempati area lebih dari 90 hektar dan memiliki kapasitas produksi hingga 200.000 unit per tahun.

Pabrik di Karawang dilengkapi dengan fasilitas terintegrasi dan teknologi robotik canggih. Diklaim mampu menjalankan seluruh proses produksi kendaraan dengan konsep SSC (Simple, Slim & Compact). Daihatsu berkomitmen mendukung inisiatif pemerintah menuju carbon neutral dengan mengurangi emisi karbon melalui proses produksi yang modern dan ramah lingkungan.

Pabrik Daihatsu

Komitmen ini diperkuat dengan pemasangan panel surya yang dimulai pada tahun 2019. Awalnya di Parts Center Cibitung dan kemudian di pabrik Karawang. Pabrik Daihatsu kini memiliki kapasitas total 12,5 MW dari panel surya, yang dapat mengurangi lebih dari 17.000 ton emisi CO2, setara dengan menyediakan listrik bersih untuk lebih dari 1,5 juta rumah.

Proses pembuatan mobil Daihatsu dimulai di press shop, dengan mencetak lempengan besi menggunakan mesin cetak berkapasitas ribuan ton untuk membentuk bodi mobil. Secara paralel, pembuatan mesin dilaksanakan di casting shop, tempat blok mesin dibuat dari aluminium cair yang kemudian dicetak dengan mesin berteknologi tinggi dan presisi yang sempurna.

Selanjutnya, blok mesin yang telah lulus tes kualitas dipindahkan ke engine shop untuk dirakit menjadi mesin mobil yang siap digunakan. Berkat teknologi terbaru dari Daihatsu, mesin dirakit dengan presisi tinggi sehingga tidak memerlukan pemanasan sebelum dioperasikan.

Pabrik Daihatsu

Setelah mesin mobil dirakit dan bodi mobil tercetak, kedua komponen tersebut siap disatukan di assembly shop. Proses ini dimulai dengan penggabungan bodi mobil pada welding process, diikuti dengan pengecatan. Mobil dicelupkan ke dalam cat dasar menggunakan teknologi terbaru untuk mencegah karat dan memperkuat lapisan cat luar. Dengan bantuan teknologi robotik, cat luar diaplikasikan untuk menciptakan tampilan bodi mobil yang mengilap sempurna.

Kemudian, pemasangan interior dan mesin mobil dilakukan untuk mempercepat produksi dan memenuhi kebutuhan pasar. Daihatsu merakit berbagai jenis mobil secara bersamaan dengan presisi, mengikuti tes kualitas dan pengecekan berkelanjutan sesuai standar produksi global. Pada tahap akhir, mobil yang telah lengkap diuji dengan berbagai tes, seperti drum test untuk pengereman dan water leaking test untuk memastikan tidak ada kebocoran pada bodi. Semua proses ini diarahkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan.

“ADM mengembangkan mobil sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Yakni melalui penerapan proses produksi yang modern dan ramah lingkungan lewat fasilitas pabrik perakitan di Karawang, Jawa Barat. Kami juga memperkuat tekad ini dengan memanfaatkan energi lebih bersih serta berkelanjutan. Kami berharap pabrik ini mampu menghasilkan produk terbaik sesuai kebutuhan. Dan berkontribusi terhadap pengembangan industri otomotif nasional,” ujar Sri Agung Handayani, Corporate Communication Director dan Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor. (Alx)

Baca Juga: Astra Daihatsu Sigra Produk Unggulan sampai Kuartal III 2024

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

  • Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
    Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
    Editorial . 03 Nov, 2025
  • Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
    Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
    Editorial . 31 Okt, 2025
  • Berkunjung Melihat Inovasi dan Efisiensi Pabrik Daihatsu Kyoto Oyamazaki
    Berkunjung Melihat Inovasi dan Efisiensi Pabrik Daihatsu Kyoto Oyamazaki
    Editorial . 28 Okt, 2025
  • Daihatsu Tawarkan Promo Khusus Profesi Ini di Indonesia Autovaganza
    Daihatsu Tawarkan Promo Khusus Profesi Ini di Indonesia Autovaganza
    Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
  • Daihatsu Midget X Hadir di Japan Mobility Show 2025, Konsep Pikap Bergaya Retro
    Daihatsu Midget X Hadir di Japan Mobility Show 2025, Konsep Pikap Bergaya Retro
    Editorial . 24 Okt, 2025

Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
    Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
    OTO . 03 Nov, 2025
  • Autovaganza 2025: Daihatsu Tawarkan Test Drive dan Diskon Profesi hingga Rp2 Juta
    Autovaganza 2025: Daihatsu Tawarkan Test Drive dan Diskon Profesi hingga Rp2 Juta
    Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
  • 5 Alasan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Layak Dibeli
    5 Alasan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Layak Dibeli
    OTO . 24 Okt, 2025
  • Walau Pasar Lesu, Daihatsu Sanggup Pertahankan Market Share 17 Persenan
    Walau Pasar Lesu, Daihatsu Sanggup Pertahankan Market Share 17 Persenan
    Anjar Leksana . 17 Okt, 2025
  • Konsumen Daihatsu Sukses Bawa Pulang Mobil Modifikasi Ayla dan Gran Max
    Konsumen Daihatsu Sukses Bawa Pulang Mobil Modifikasi Ayla dan Gran Max
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
    Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
    Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
  • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
  • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
    First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
    Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
  • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
    Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
    Rizki Satria . 23 Mar, 2022
  • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
    First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
    Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
  • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
    Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
    Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017