Perbedaan Suzuki GSX-R Versi Lokal dengan Versi Ekspor

JAKARTA, 5 Februari 2017 - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dipercaya sebagai salah satu basis produksi Suzuki GSX-R150 Series. Tak hanya untuk pasar Indonesia tapi juga pasar International. Menariknya, ternyata ada perbedaan antara Suzuki GSX untuk pasar Indonesia dengan ekspor. Apa saja? Perbedaan utama terletak pada mesin. Suzuki GSX-R untuk pasar ekspor memiliki kubikasi ruang bakar 124,5 cc. Menurut Engine Inspection 2W Division PT Suzuki Indomobil Motor, Teguh Imam Supriyantoro, mesin yang digunakan ini merupakan downsizing engine dari Satria F150 dengan beberapa settingan. Teguh menyatakan, penurunan kapasitas mesin dari 150 cc menjadi 125 cc untuk pasar ekspor ini terkait adanya perbedaan regulasi dan kebijakan Indonesia dengan negara tujuan ekspor. Salah satunya, standar uji emisi yang sudah berskala Euro 4. Perbedaan lain dari GSX-R 125 ekspor adalah tidak adanya tatakan plat nomor polisi di bagian atas headlamp. Selain itu, penggunaan lampu depan juga diklaim lebih terang dikarenakan penggunaan sistem pencahayaan yang menggunakan bohlam HID. Sementara, GSX-R150 masih dibekali dengan LED. Dengan ukuran kubikasi yang lebih kecil dibandingkan Suzuki GSX-R 150 di Indonesia, otomatis ukuran bore x stroke pun juga ikut berubah. Desain dan sistem gas buang pun ikut memiliki perbedaan. Suzuki GSX-R 150 memiliki dua lubang pada ujung muflernya sementara GSX-R 125 hanya memiliki satu lubang di ujung silincernya. "Mesin 125 cc, ukuran bore dan stroke dibuat berbeda dengan mesin 150 cc. Sedangkan komponen yang lain saya tidak bisa kasih tahu karena dalam proses pengembangan," ujar Teguh. Assitant to Dept Head Production 2W PT SIM, Ivan Yoliga menyatakan jika pembuatan GSX-R 150 dan GSX-R 125 dibuat di pabrik Suzuki Indonesia. "Mulai dari frame, fuel tank, swing arm, muffler, dan rim wheel. Bodi dan catnya juga kami lakukan di sini,” tambah Ivan. Namun, total material keseluruhan pembuatan motor Suzuki GSX-R series di Tambun, Bekasi ini memiliki kandungan lokal hingga 95%. Sementara, lima persennya merupakan komponen-komponen kecil yang tidak buat di Indonesia seperti, baut dan mur. Selain itu, ada beberapa parts yang juga tidak dibuat di pabrik PT SIM seperti, keyless, lampu sein, perangkat rem, dan speedometer. Tercatat ada beberapa negara yang sudah dikantongi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk segera mengekspor produk garapan SIM seperti ke negara di Eropa, Amerika Latin dan negara Asean. Rencananya, ekspor motor sport paling anyar itu akan dilakukan semester dua tahun 2017 ini. ANDHIKA KRESNA  

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Anjar Leksana . 14 Jul, 2025
  • Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025