Perbedaan Suzuki GSX-R Versi Lokal dengan Versi Ekspor

JAKARTA, 5 Februari 2017 - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dipercaya sebagai salah satu basis produksi Suzuki GSX-R150 Series. Tak hanya untuk pasar Indonesia tapi juga pasar International. Menariknya, ternyata ada perbedaan antara Suzuki GSX untuk pasar Indonesia dengan ekspor. Apa saja? Perbedaan utama terletak pada mesin. Suzuki GSX-R untuk pasar ekspor memiliki kubikasi ruang bakar 124,5 cc. Menurut Engine Inspection 2W Division PT Suzuki Indomobil Motor, Teguh Imam Supriyantoro, mesin yang digunakan ini merupakan downsizing engine dari Satria F150 dengan beberapa settingan. Teguh menyatakan, penurunan kapasitas mesin dari 150 cc menjadi 125 cc untuk pasar ekspor ini terkait adanya perbedaan regulasi dan kebijakan Indonesia dengan negara tujuan ekspor. Salah satunya, standar uji emisi yang sudah berskala Euro 4. Perbedaan lain dari GSX-R 125 ekspor adalah tidak adanya tatakan plat nomor polisi di bagian atas headlamp. Selain itu, penggunaan lampu depan juga diklaim lebih terang dikarenakan penggunaan sistem pencahayaan yang menggunakan bohlam HID. Sementara, GSX-R150 masih dibekali dengan LED. Dengan ukuran kubikasi yang lebih kecil dibandingkan Suzuki GSX-R 150 di Indonesia, otomatis ukuran bore x stroke pun juga ikut berubah. Desain dan sistem gas buang pun ikut memiliki perbedaan. Suzuki GSX-R 150 memiliki dua lubang pada ujung muflernya sementara GSX-R 125 hanya memiliki satu lubang di ujung silincernya. "Mesin 125 cc, ukuran bore dan stroke dibuat berbeda dengan mesin 150 cc. Sedangkan komponen yang lain saya tidak bisa kasih tahu karena dalam proses pengembangan," ujar Teguh. Assitant to Dept Head Production 2W PT SIM, Ivan Yoliga menyatakan jika pembuatan GSX-R 150 dan GSX-R 125 dibuat di pabrik Suzuki Indonesia. "Mulai dari frame, fuel tank, swing arm, muffler, dan rim wheel. Bodi dan catnya juga kami lakukan di sini,” tambah Ivan. Namun, total material keseluruhan pembuatan motor Suzuki GSX-R series di Tambun, Bekasi ini memiliki kandungan lokal hingga 95%. Sementara, lima persennya merupakan komponen-komponen kecil yang tidak buat di Indonesia seperti, baut dan mur. Selain itu, ada beberapa parts yang juga tidak dibuat di pabrik PT SIM seperti, keyless, lampu sein, perangkat rem, dan speedometer. Tercatat ada beberapa negara yang sudah dikantongi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk segera mengekspor produk garapan SIM seperti ke negara di Eropa, Amerika Latin dan negara Asean. Rencananya, ekspor motor sport paling anyar itu akan dilakukan semester dua tahun 2017 ini. ANDHIKA KRESNA  

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Sepuluh Ribu Biker Ramaikan Satu Dekade Maxi Yamaha di 14 Kota Indonesia
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Daftar Aksesori Resmi New Honda ADV160 dan Harga Lengkapnya
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Vespa Rilis Warna Baru untuk Primavera dan Sprint, Makin Trendy di Jalanan Kota
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Ini Alasan Diler Sepeda Motor Indo SunMotor Gemilang Suzuki Bisa Bertahan
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Ratusan Bikers Ramaikan Pra-Event IMOS 2025 dengan Jamboride
    Ratusan Bikers Ramaikan Pra-Event IMOS 2025 dengan Jamboride
    Zenuar Yoga . 16 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025