Pilihan Mobil Listrik dari Pabrikan Jepang dan Korea Selatan

2024 Hyundai Ioniq 5

Penawaran mobil listrik di Indonesia kian bertambah, termasuk dalam segmen harga premium. Dengan performa yang mengesankan dan fitur-fitur canggih terbaru, berikut ini adalah beberapa pilihan mobil listrik yang dibanderol di atas Rp800 juta sampai Rp1,4 miliar keluaran pabrikan Jepang dan Korea Selatan.

Toyota bZ4X

spesifikasi toyota bz4x

Toyota bZ4X adalah SUV dengan panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.600 mm, dan jarak sumbu roda 2.850 mm. Desainnya futuristik, sporty, dan tangguh dengan harga Rp1,190 miliar untuk warna satu tone dan tambahan Rp8 juta untuk warna dua tone.

Motor listriknya menggerakkan roda depan dengan tenaga 150 kW atau sekitar 201 hp dan torsi 266 Nm. Baterai lithium-ion 71,4 kWh mendukung jarak tempuh hingga 500 kilometer. Toyota mengklaim motor listrik dapat mempercepat bZ4X dari 0 ke 100 km/jam dalam 8,3 detik. Pengisian daya AC untuk pengisian lambat dan pengisian cepat DC hingga 150 kW memungkinkan pengisian 0 hingga 80% dalam 30 menit.

Fitur keselamatan lengkap termasuk dalam Toyota Safety Sense (TSS) 3, yang meliputi blind spot monitor, safe exit assist, clearance sonar, rear cross traffic alert, rear camera detection, parking support brake, pre collision system, lane tracing assist, dynamic radar cruise control, automatic high beam, dan advanced parking.

Hyundai Ioniq 5

hyundai ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 telah menarik perhatian di pasar otomotif Indonesia berkat desain uniknya, mendapatkan tanggapan positif dari konsumen. Namun, hanya ada beberapa varian kendaraan listrik yang tersedia dengan harga di atas Rp800 juta, yaitu Prime - Long Range seharga Rp823 juta, Signature - Standard Range seharga Rp845 juta, Signature - Long Range seharga Rp895 juta, dan edisi spesial Batik seharga Rp990 juta.

Kendaraan ini dilengkapi dengan motor Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang menggerakkan roda belakang, tersedia dalam dua pilihan output: Standard Range dengan 167 hp dan Long Range dengan 214 hp, keduanya memiliki torsi 350 Nm. Terdapat dua pilihan kapasitas baterai: Standard Range pada Signature dengan 58 kWh yang mampu menempuh jarak 384 km, dan Long Range dengan 72,6 kWh yang memungkinkan Prime - Long Range menempuh 481 km dan Signature Long Range sejauh 451 km.

Fitur keselamatan Hyundai Smart Sense termasuk Advanced Driving Assistance System (ADAS) dengan Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Safe Exit Assist (SEA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), dan Surround View Monitor (SVM), serta Hyundai Bluelink yang memungkinkan konektivitas antara mobil dan smartphone.

Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6

Hyundai Ioniq 6 hanya tersedia dalam varian Signature yang dibanderol dengan harga Rp1,220 miliar. Harga tersebut sudah termasuk berbagai fitur canggih seperti koefisien drag hanya 0,21 yang mencerminkan desain aerodinamis. Menggunakan platform E-GMP, kendaraan ini memiliki motor listrik ganda di depan dan belakang dengan sistem penggerak empat roda.

Motor listriknya dirancang untuk menghasilkan tenaga maksimum sebesar 320 hp dan torsi puncak 605 Nm, yang menyamai performa mobil super. Ioniq 6 dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 5,1 detik dan memiliki kecepatan maksimum 185 km/jam. Mobil ini juga dilengkapi baterai 77,4 kWh yang mendukung pengisian cepat.

Fitur unik lainnya adalah kemampuan unit ini untuk berfungsi sebagai genset dengan daya hingga 3.600 watt. Fitur tambahan meliputi head unit besar yang terintegrasi dengan 8 speaker Bose dan sistem ADAS Hyundai Smart Sense, yang juga ada di Ioniq 5.

KIA EV6

Kia EV5 GT-Line review

Kia EV6 ditawarkan dalam dua varian: GT-Line yang dibanderol Rp1,309 miliar, dilengkapi dengan penggerak empat roda dan dua motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor yang menghasilkan 321 hp dan 605 Nm, memungkinkan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik, serta baterai 88 kWh yang dapat menempuh hingga 506 kilometer.

Varian GT, yang ditawarkan dengan harga Rp1,709 miliar, memiliki kekuatan dan performa yang lebih tinggi, dirancang untuk menyuguhkan sensasi berkendara layaknya supercar dengan desain yang lebih agresif dan sporty daripada GT-Line. Motor listrik pada varian ini menghasilkan 576 hp dan torsi 740 Nm, mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,5 detik dan mencapai kecepatan maksimum 260 km/jam, berkat baterai lithium ion 77,4 kWh. EV6 GT juga menawarkan mode berkendara GT dan Drift yang menarik.

Kedua varian, GT-Line dan GT, telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan terkini untuk melindungi pengguna, termasuk sistem ADAS yang komprehensif dengan Forward Collision-avoidance Assist yang mencakup Junction Turning and Crossing, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, dan Parking Distance Warning.

KIA EV9

Kia EV9 GT-Line

KIA juga menawarkan EV9, dalam varian GT-Line yang dibanderol Rp1,985 miliar. Kia EV9 GT-Line memakai platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru. Tersimpan baterai 99,8 kWh yang menyuplai dua motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronous. Konfigurasi motor listrik ini memberikan kemampuan penggerak all-wheel drive (AWD) pada kendaraan.

Jika digabungkan, menghasilkan 283 kW atau setara dengan 379,5 Hp dan torsi maksimum 700 Nm. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam diklaim hanya membutuhkan waktu 5,3 detik. Torsi besar ini memungkinkan SUV besar ini untuk melewati berbagai kondisi jalan, termasuk medan terjal dan tidak rata.

Baterainya mampu mendukung perjalanan hingga 497 km dan dapat diisi ulang menggunakan DC atau Ultra-Fast Charging 250 kW, di mana hanya dibutuhkan waktu 23 menit untuk mengisi daya dari 10 hingga 80 persen.

Dilengkapi pula dengan berbagai fitur ADAS, seperti Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Safe Exit Warning (SEW), Safe Exit Assist (SEA), High Beam Assist (HBA), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), dan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) untuk mobil, pejalan kaki, pesepeda, dan persimpangan jalan. Keamanan ditingkatkan dengan 10 kantung udara yang melindungi berbagai sisi interior mobil. (Hfd)

Baca Juga: All New Kona EV Dijual Rp500 Jutaan, Hyundai Buka Pemesanan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • IIMS Surabaya 2024 Catat Penjualan 1.147 Unit Kendaraan, Raup Ratusan Miliar Rupiah
    IIMS Surabaya 2024 Catat Penjualan 1.147 Unit Kendaraan, Raup Ratusan Miliar Rupiah
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Kupas Spesifikasi GAC Aion Y Plus, Crossover Listrik Dengan Kabin Sangat Lega
    Kupas Spesifikasi GAC Aion Y Plus, Crossover Listrik Dengan Kabin Sangat Lega
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Lego Rilis Model Lamborghini Countach 5000 QV, Cocok Temani Liburan Anak
    Lego Rilis Model Lamborghini Countach 5000 QV, Cocok Temani Liburan Anak
    Alvando Noya . Hari ini
  • Harga Terjangkau, Kenali Fungsi 9 Fitur ADAS Neta V-II
    Harga Terjangkau, Kenali Fungsi 9 Fitur ADAS Neta V-II
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Hadirkan Lawan Defender, Fangchengbao Bao 5 Bertenaga PHEV
    BYD Hadirkan Lawan Defender, Fangchengbao Bao 5 Bertenaga PHEV
    Alvando Noya . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Hyundai Inster, SUV Kecil Berjantung Listrik dan Harganya Murah
    Hyundai Inster, SUV Kecil Berjantung Listrik dan Harganya Murah
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Tawaran Harga Mobil Murah LCGC Terbaru Bulan Ini
    Tawaran Harga Mobil Murah LCGC Terbaru Bulan Ini
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Penjualan Chery Global 2024 Menanjak, Jumlahnya Melebihi Indonesia
    Penjualan Chery Global 2024 Menanjak, Jumlahnya Melebihi Indonesia
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Ini Spesifikasi Mobil Listrik GAC Aion Y Plus untuk Pasar Indonesia
    Ini Spesifikasi Mobil Listrik GAC Aion Y Plus untuk Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Perbandingan Performa Porsche Macan EV dan BMW iX1
    Perbandingan Performa Porsche Macan EV dan BMW iX1
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Seleksi Mobil Listrik dengan Banderol di Atas Rp800 Juta
    Seleksi Mobil Listrik dengan Banderol di Atas Rp800 Juta
    Muhammad Hafid . 30 Mei, 2024
  • Pendatang Baru SUV dari Tiongkok BAIC X55 II Lawan Chery Omoda 5
    Pendatang Baru SUV dari Tiongkok BAIC X55 II Lawan Chery Omoda 5
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mei, 2024
  • Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
  • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
  • Kenali Tanda-tanda Rem Bermasalah
    Kenali Tanda-tanda Rem Bermasalah
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2024
  • Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Test Drive Chery Tiggo 5X: Jakarta-Surabaya Bedah Kelebihan dan Kekurangannya
    Test Drive Chery Tiggo 5X: Jakarta-Surabaya Bedah Kelebihan dan Kekurangannya
    Bangkit Jaya Putra . 03 Jun, 2024
  • First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    Anjar Leksana . 13 Mei, 2024
  • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024