Pilihan Naked Bike Menengah Terbaru buat Tunggangan Sunmori

aprilia-tuono-660

Naked bike sudah populer ada sejak 1970. Pabrikan zaman sekarang juga masih banyak menyajikannya. Tersedia mulai dari terkecil hingga level premium. Tahun ini ada beberapa APM yang merilis naked bike kelas menengah. Berikut daftarnya.

 

KTM Duke 890

KTM Duke 890

Awal tahun kita disuguhkan kedatangan KTM Duke 890 buat menggantikan Duke 790. Duke generasi baru dibangun di atas mesin kembar paralel KTM LC8c yang menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Banderolnya mencapai £9.649 atau sekira Rp155 juta.

Duke 890 gunakan mesin dua silinder yang memenuhi standar Euro 5. Berkubikasi 889 cc parallel-twin, mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 hp dan torsi 92 Nm. Powernya itu meningkat 10 hp dan 5 Nm dibanding Duke 790. Dengan inersia rotasi meningkat 20 persen untuk membantu respons mesin di kecepatan rendah.

Fiturnya cukup lengkap. Tersedia tiga mode berkendara sebagai standar (Rain, Street, Sport). Selain itu terdapat pula six-axis IMU, Cornering ABS, traction dan wheelie control. Ditawarkan juga mode track opsional MTC sembilan tingkat yang dapat disesuaikan; launch control, up and down quick shifter dan penonaktifan ABS. Semua itu pada dasarnya merupakan paket sama dengan Duke 890 R yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

 

Kawasaki Z650RS

2022 Kawasaki Z650RS

Setelah menggoda pecinta roda dua melalui teaser yang disebar, Kawasaki akhirnya mengungkapkan Z650RS pada awal November 2021. Ia disebut sebagai Retrovolution atau evolusi motor retro. Bergabung dengan motor berpenampilan klasik lainnya, ia juga sekaligus melengkapi trio moge motor kelas menengah Kawasaki.

Z650RS baru mengambil desain retro dari Z900RS. Memadukan kesan klasik ke dalam model naked bike yang mudah diakses. Dibekali jantung mekanis berkapasitas 649 cc dua silinder DOHC, 8 katup berpendingin cairan. Ia disetel untuk mendapat respons maksimal di putaran rendah dan menengah, ditambah karakteristik kinerja putaran tinggi yang menyegarkan. Secara angka mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 Hp dan torsi 64 Nm. Gearbox juga identik dengan Z650, dengan enam kecepatan dan penggerak akhir rantai.

Kawasaki Motors menghadirkan tiga varian warna. Buat cat andalan ada Candy Emerald Green yang muncul dengan hijau ikonik dan sentuhan emas pada bagian velg. Sisanya tersedia Metallic Spark Black yang serbahitam dengan dibubuhi striping khusus dan juga Metallic Moondust Gray/Ebony. Untuk harga Kawasaki Z650RS 2022 paling murah dijual sebesar 7.549 pounds atau sekitar Rp147,64 jutaan.

Baca Juga: Motor 150 cc yang Enak Diajak Touring, Ini Dia Pilihannya

Yamaha MT-07

Yamaha MT-07

Sejak pertama kali dijual pada 2014, Yamaha MT-07 telah laku lebih dari 125.000 unit. Hingga saat ini sudah mengalami dua kali pembaruan, masing-masing membuat peningkatan yang signifikan. MT-07 yang sekarang lebih baik dan brilian dari sebelumnya. Sasis sangat gesit dan akurat, namun tetap tegak dan serbaguna. Versi terbaru yang diperkenalkan tahun ini memberikan posisi berkendara sedikit lebih lapang, memenuhi Euro5 dan rem lebih kuat.

Yamaha MT-07 dibekali mesin 689 cc, DOHC, 2 silinder berteknologi crossplane, 8 katup dan berpendingin cairan. Ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 74 Hp dan torsi 68 Nm. Ukuran bore 80 x stroke 68,6 mm, karakternya overbore. Dirancang untuk memberikan torsi yang buas, mulai dari putaran mesin rendah hingga menengah dan daya tarik di rpm tinggi juga kuat. Itu karena karakteristik dari teknologi crossplane yang diadopsi. Saat ini dijual £6.902 atau sekitar Rp132 juta.

 

Triumph Trident 660

triumph trident 660

Trident 660 merupakan roadster paling terjangkau dari Triumph. Kedatangannya menantang pemain lama seperti CB650R dan MT-07. Sumber tenaga motor ini berasal dari mesin 660 cc in-line tiga silinder berpendingin cairan.

Trident dibekali mesin DOHC tiga silinder segaris berkubikasi 660 cc. Jantung mekanisnya itu mampu menghasilkan daya 81 PS pada 10.250 rpm dan torsi puncak 64 Nm pada 6.250 rpm. Keseluruhan output disalurkan oleh transmisi enam percepatan ke roda belakang lewat penggerak rantai. Sementara diameter dan langkah piston dirancang overbore yaitu 74,0 x 51,1 mm. Sedang rasio kompresi dipatok tinggi (11,95 :1).

Sistem pengabutan bahan bakar injeksinya sudah dipadu electronic throttle control. Yang merupakan bentuk pengaplikasian teknologi Ride by Wire. Berkat ini pula Triumph dapat menyematkan fitur kontrol traksi. Selain itu ada juga Slipper & Assist Clutch, dua mode berkendara: Rain dan Road, dan layar TFT dengan tampilan menarik. Di Indonesia, Trident 660 dibanderol Rp280 juta off the road.

 

Aprilia Tuono 660

aprilia-tuono-660-3

Aprilia secara resmi merilis Tuono 660 pada November 2021. Ia merupakan naked bike dari versi RS 660. Secara spesifikasi tidak berbeda jauh dengan saudaranya itu. Tapi bagian paling penting yang dimilikinya yaitu mengenai bobot, bahkan boleh dibilang paling ringan di kelasnya. Beratnya hanya 182 kg.

Untuk jantung mekanis, Aprilia Tuono 660 ini menggendong mesin 660 cc, DOHC, 2 silinder segaris berpendingin cairan dan telah memenuhi standar Euro 5. Ia diklaim bisa mengeluarkan tenaga hingga 94 hp. Angka itu lebih kecil dari RS 660 yang bisa menembus 100 hp. Namun dalam penggunaan sehari-hari, Tuono lebih realistis. Karena roda gigi penggerak akhir yang dimiliki lebih rendah, buat menambah respons dan akselerasi.

Fitur yang ada cukup komplet. Semua sektor pencahayaan sudah berteknologi LED, lengkap dengan DRL di bagian depan, TFT 5-inci full color dan telah mengadopsi perangkat elektronik kelas atas. Seperti throttle Ride-by-Wire, lima mode berkendara (tiga untuk jalan raya, dua buat penggunaan sirkuit), Anti Wheelie, quickshifter, Cruise Control, ABS, serta engine brake dan engine maps yang bisa dipilih. Di Indonesia, Tuono 660 dijual Rp630 juta (OTR Jakarta). (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Motor-motor Ini Sudah Berhenti Produksi pada 2021

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang