Plus Minus Ubah Rake Kemudi Motor Kastem
JAKARTA, 16 September 2016 - Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam meng-custom motor terutama motor chopper yang memerlukan ubahan pada stang kemudi khususnya sudut kemiringan alias rake. Hal ini terkait pada kenyamanan handling dan juga keselamatan pengendaranya.
Secara teori, makin besar sudut rake yang menjulur ke depan maka motor akan semakin enak dipakai terutama di jalan lurus. Konsekuensinya motor akan menjadi kurang lincah jika dipakai bermanuver di tikungan.
Lalu bagaimana mengukur sudut rake yang ideal?
Bastian Alfin, Chopper Jakarta menerangkan secara sederhana bagaimana mencari sudut kemiringan yang ideal. Salah satunya adalah dengan menggunakan benang yang dikasih bandul yang kemudian di gantung di plafon atau langit-langit. Jika posisi garis lurus benang telah sejajar dengan as roda depan, selanjutnya gunakan busur besar untuk mengukur sudut dari benang sampai kemiringan sok depan yang diinginkan.
“Perlu berulang kali untuk menghasilkan rake sesuai yang diinginkan, sederhana namun bisa berakibat fatal bahkan celaka jika merubah sudut kemiringan bukan pada orang yang tepat untuk mengerjakan hal tersebut, ini adalah titik vital bagi motor kastem karena menyangkut handling dan keselamatan. Jangan hanya keren dan enak dilihat saja,” ujarnya kepada Motovaganza.
Namun, pada prakteknya tidak semudah teori yang diterangkan di atas. Penggila motor kastem tetap harus banyak diskusi dengan para ahli di bidangnya. Untuk daerah Jakarta Selatan saja misalnya, ia kerap kali menangani “pasien” motor yang ingin mengubah sudut kemiringan motor terutama pada motor tipe custom chopper.
Ia menyarankan agar jangan asal mengubah sudut kemiringan kemudi, karena semua motor keluaran pabrik sudah menghitung agar motor tersebut nyaman digunakan.
ANDHIKA KRESNA
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test