Porsche 963 RSP, Hypercar Jalan Raya Berbasis Mobil Balap Le Mans
Porsche memperkenalkan hypercar jalan raya paling eksklusif, 963 RSP, yang merupakan versi khusus dari mobil balap Porsche 963 LMDh. Dibangun sebagai penghormatan terhadap sejarah balap Porsche, mobil ini adalah satu-satunya di dunia dan dibuat secara khusus untuk Roger S. Penske, legenda balap yang berkontribusi besar dalam kesuksesan Porsche di ajang IMSA dan WEC.
Ide ini berasal dari Timo Resch, Presiden dan CEO Porsche Cars North America, yang ingin menciptakan mobil jalan raya seperti Count Rossi 917, mobil balap legendaris yang dimodifikasi agar bisa digunakan di jalan sekitar 50 tahun lalu. Nama RSP sendiri bukan berarti "RS Prototype," melainkan merupakan singkatan dari Roger S. Penske, pemilik Team Penske yang menjalankan Porsche 963 dalam ajang balap ketahanan.
Menggabungkan DNA Balap dan Estetika Jalan Raya
Porsche tetap mempertahankan desain asli dari mobil balap 963 dengan beberapa modifikasi agar lebih nyaman digunakan di jalan raya. Material serat karbon dan kevlar tetap digunakan pada bodi, namun terdapat tambahan penutup di sekitar fender untuk menyelaraskan tampilan dengan penggunaan jalan umum. Selain itu, lubang udara yang baru ditempatkan di fender dan sayap belakang direvisi dengan menghilangkan pelat penutup. Emblem Porsche berbahan enamel disematkan di bagian depan, semakin memperkuat identitas eksklusifnya.
Alih-alih menggunakan livery khas sponsor seperti versi balap, Porsche melapisi 963 RSP dengan warna Martini Silver dan aksen hitam satin. Pemilihan warna ini memberikan kesan elegan tanpa menghilangkan karakter agresifnya, sekaligus mencerminkan gaya mobil balap nasional Jerman yang murni tanpa logo sponsor.
Kabin Porsche 963 RSP mengusung desain yang menggabungkan kemewahan dan elemen balap. Material kulit cokelat dan Alcantara digunakan untuk membalut berbagai bagian interior, termasuk pada jok karbon yang berasal langsung dari versi balap. Jok ini telah dilapisi dengan tangan secara manual dan diberikan bantalan empuk serta headrest tetap untuk meningkatkan kenyamanan.
Ventilasi AC dirancang menyerupai bilah kipas mesin Porsche 917 yang ikonik, memberikan sentuhan historis pada desain mobil ini. Keunikan lainnya terlihat pada hadirnya cup holder yang dicetak dengan teknologi 3D dan dapat dilepas kapan saja. Selain itu, sebuah panel kecil di sisi pengemudi berfungsi sebagai tempat penyimpanan laptop, helm, atau setir cadangan. Di pintu mobil terpasang pelat aluminium yang menunjukkan nomor sasis, tanggal, dan lokasi pembuatan kendaraan ini.
Tidak berhenti di situ, Porsche juga menghadirkan perlengkapan eksklusif untuk pemiliknya, termasuk helm khusus dengan desain yang sejalan dengan warna bodi mobil serta satu set perkakas Snap-On dengan gagang berlapis kulit.
Performa dan Teknologi yang Disesuaikan untuk Jalan Raya
Meskipun mempertahankan konfigurasi balapnya, Porsche melakukan sejumlah penyempurnaan agar 963 RSP lebih nyaman digunakan di jalan umum. Mobil ini dibekali dengan velg forged 18 inci dari OZ yang dibalut dengan ban Michelin tipe hujan atau berulir. Ground clearance kendaraan ditinggikan, sementara suspensi Multimatic DSSV disetel lebih lembut guna meningkatkan kenyamanan berkendara di jalan raya.
Sistem pencahayaan mengalami kalibrasi ulang, termasuk penyesuaian pada lampu sein yang sebelumnya tidak ada pada versi balap. Namun, sistem powertrain tetap mempertahankan mesin hybrid V8 dan gearbox sekuensial 7-percepatan dari Xtrac. Beberapa penyempurnaan dilakukan pada motor listrik belakang dan generator agar tenaga tersalur lebih halus. Mesin V8 twin-turbo 4.6 liter tetap menghasilkan tenaga sebesar 671 hp dan kini dapat menggunakan bahan bakar biasa yang tersedia di SPBU.
Porsche belum mengonfirmasi apakah sistem knalpot mengalami perubahan, sehingga suara mesin kemungkinan tetap keras seperti di paddock Daytona atau Le Mans, bahkan saat dikendarai di jalan raya.
Homologasi Khusus
Porsche 963 RSP mendapatkan izin khusus dari otoritas Prancis agar bisa dikendarai di jalan umum. Namun, mobil ini tidak memiliki homologasi penuh, sehingga hanya dapat digunakan dalam kondisi tertentu dan sesuai regulasi lokal.
Timo Bernhard, juara Le Mans tiga kali, sempat menjajal mobil ini di jalan dekat Circuit de la Sarthe dan berkomentar, "Itu pengalaman yang tak akan saya lupakan. Mobil ini lebih ramah dan nyaman dibandingkan 963 versi balap. Rasanya sangat istimewa."
Satu-satunya di Dunia
Porsche tidak mengungkapkan biaya pembangunan 963 RSP, tetapi jelas bahwa harganya bisa setara dengan puluhan unit Taycan. Namun, mobil ini hanya dibuat satu unit dan tidak akan diproduksi lagi.
Mobil ini akan menjalani debutnya di Circuit de la Sarthe selama ajang 24 Hours of Le Mans, sebelum dikirim ke Museum Porsche di Stuttgart. Setelah itu, 963 RSP akan tampil di Goodwood Festival of Speed, berdampingan dengan Porsche 917 yang menjadi inspirasinya. (Why)
Baca Juga: Porsche Rennstall GT3 RS Hasil Kolaborasi Eksklusif dengan Dua Lipa di Monaco
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Porsche Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Porsche dari Carvaganza
Artikel Mobil Porsche dari Oto
- Berita
- Artikel Feature