Produsen Jok Legendaris Recaro Mengajukan Bangkrut

recaro

Perusahaan penyedia kursi mobil, Recaro, dikabarkan sedang mengajukan kebangkrutan. Pengadilan Jerman telah menyetujui permohonan mereka untuk penundaan pembayaran utang (self-administration).

Recaro, yang merupakan pemain berpengalaman dalam industri kursi mobil, telah melayani berbagai produsen otomotif selama beberapa dekade. Keputusan mereka untuk mengajukan kebangkrutan tentu mengejutkan banyak pihak karena bersifat mendadak dan tidak terduga.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa karyawan Recaro sendiri terkejut dengan berita kebangkrutan ini, termasuk serikat pekerja IG Metall yang melindungi 215 pekerja di pabrik Recaro di Kirchheim unter Teck, Jerman, yang menuntut keterbukaan dari manajemen.

Untuk diketahui, pada Januari 2020, Recaro Automotive mengumumkan penjualan bisnisnya ke Raven Acquisitions LLC, sebuah perusahaan investasi swasta yang berlokasi di Detroit, Michigan.

Dengan kepemilikan baru, dijanjikan bahwa bisnis akan beroperasi lebih efisien karena proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efektif, yang seharusnya memberikan fleksibilitas dalam memenuhi kebutuhan pasar. Namun, pengajuan kebangkrutan ini menjadi pertanyaan besar yang bertentangan dengan harapan tersebut.

Walau begitu, belum diketahui pula apakah pengajuan kebangkrutan akan mengakhiri keberadaan Recaro, atau perusahaan masih bisa berjalan dengan merestrukturisasi keuangan.

Sejarah Recaro

Recaro memulai kehadirannya pada tahun 1906 oleh Wilhelm Reutter, seorang pengrajin pelana. Dia mulai mendesain dan membangun bodi serta interior untuk mobil. Pada tahun 1965, Recaro meluncurkan kursi sport pertamanya, dan pada tahun 1967, kursi cangkang penuh yang legal untuk digunakan di jalan raya.

Recaro terus melakukan inovasi, seperti mengembangkan kursi dengan speaker terintegrasi di sandaran kepala pada tahun 1977, kursi sport Recaro A8 dengan bagian belakang dari plastik pada tahun 1989, kursi retrofit pertama dengan airbag samping universal pada tahun 2004, dan kursi cangkang komposit ringan pada tahun 2005.

Selain memproduksi jok mobil, mereka juga terkenal dengan jok pesawat komersial. Kepercayaan yang diberikan oleh produsen kendaraan besar seperti BMW, Ford, Porsche, Volkswagen, dan Honda adalah buah dari pengalaman panjang mereka. Mereka mendapatkan reputasi yang signifikan dengan penciptaan jok bucket untuk balap dan kursi sport reclining untuk mobil modifikasi.

Namun, beberapa produsen otomotif mulai mengurangi ketergantungan pada jok Recaro dengan memproduksi sendiri. Honda, yang telah menggunakan bangku Recaro di Type R, Civic EK9/EP3, dan Integra DC2/DC5 selama bertahun-tahun, berhenti pada akhir 2000-an dan mulai menciptakan kursi sport mereka sendiri. Demikian pula, Ford beralih ke produksi sendiri untuk jok Fiesta ST, Puma ST, dan Focus ST di akhir tahun 2021.

Situasi ini menimbulkan tantangan besar bagi Recaro, terutama dengan adanya banyak kursi Recaro palsu di pasar global yang menawarkan tampilan serupa dengan harga yang lebih murah, yang tentunya berpengaruh besar terhadap bisnis mereka. (Hfd)

Baca Juga: Upaya Pecahkan Rekor 482 Km/Jam, Hennessey Venom F5 Alami Kecelakaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Mengukur Keunggulan Geely Xingyuan, City Car Listrik Lawan Ora 03 dan Aion UT
    Mengukur Keunggulan Geely Xingyuan, City Car Listrik Lawan Ora 03 dan Aion UT
    Setyo Adi . Hari ini
  • 9 Mobil Modifikasi Menarik dari GIIAS 2025, Bisa Jadi Inspirasi
    9 Mobil Modifikasi Menarik dari GIIAS 2025, Bisa Jadi Inspirasi
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Dua Mobil Elektrifikasi MG Debut di GIIAS 2025, Kapan Meluncur di Indonesia?
    Dua Mobil Elektrifikasi MG Debut di GIIAS 2025, Kapan Meluncur di Indonesia?
    Tomi Tomi . Hari ini
  • Gaikindo: Jumlah Pengunjung GIIAS 2025 Pecah Rekor, Penjualan Masih Stagnan
    Gaikindo: Jumlah Pengunjung GIIAS 2025 Pecah Rekor, Penjualan Masih Stagnan
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Toyota 'Kode' Bawa Mobil Hybrid Murah, NJKB Veloz HEV Sudah Muncul
    Toyota 'Kode' Bawa Mobil Hybrid Murah, NJKB Veloz HEV Sudah Muncul
    Anjar Leksana . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Toyota Indonesia Mau Bawa Mobil Hybrid Terjangkau, Raize atau Veloz HEV?
    Toyota Indonesia Mau Bawa Mobil Hybrid Terjangkau, Raize atau Veloz HEV?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Atto 1 Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat di Kantong?
    BYD Atto 1 Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat di Kantong?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • GIIAS 2025 Sukses Tarik Pengunjung, Tapi Penjualan Mobil Lesu
    GIIAS 2025 Sukses Tarik Pengunjung, Tapi Penjualan Mobil Lesu
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Skema Kredit Toyota Corolla Altis HEV GR Sport, Angsuran Mulai Rp10 Jutaan
    Skema Kredit Toyota Corolla Altis HEV GR Sport, Angsuran Mulai Rp10 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BAIC BJ30 Hybrid Catat Penjualan Baik di GIIAS 2025, Target 500 Unit di Depan Mata
    BAIC BJ30 Hybrid Catat Penjualan Baik di GIIAS 2025, Target 500 Unit di Depan Mata
    Muhammad Hafid . 04 Agu, 2025
  • Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Setyo Adi Nugroho . 04 Agu, 2025
  • Perbedaan Kelengkapan BYD Atto 1 Tipe Dynamic dan Premium
    Perbedaan Kelengkapan BYD Atto 1 Tipe Dynamic dan Premium
    Anjar Leksana . 04 Agu, 2025
  • Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
  • Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Setyo Adi Nugroho . 18 Jul, 2025
  • Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Zenuar Yoga . 17 Jul, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025