QJ Motor Sponsori Avintia Racing, Siap Terjun di Moto3

QJ Motor Avintia

Qianjiang Motors (QJ Motor) akan turut andil dalam ajang balap motor dunia. Langsung masuk dalam grand prix international, sekaligus perusahaan Cina kedua yang ikut serta. Tim yang digandeng adalah Avintia Racing yang diisi dua pembalap didikan VR46 Academy, Bertelle dan Elia Bartolini.

Musim 2022, Avintia Racing tidak lagi berada di kelas MotoGP. Posisinya diambil alih VR46 Racing team bersama sponsor baru mereka, Mooney. Avintia menggandeng Esponsorama asal Spanyol untuk membalap di kelas Moto3. Dan baru-baru ini pihaknya mengumumkan penandatanganan kerja sama dengan sponsor utama QJ Motor.

Di Cina, nama QJ Motor sudah kuat. Mereka salah satu produsen sepeda motor terbesar dan telah membangun eksistensi kuat di pasar Eropa melalui Benelli. Meski begitu, QJ Motor tidak akan terlibat dalam penelitian dan pengembangan mesin balap. Kehadirannya di seri balap Moto3 hanya sebagai branding, sebuah upaya untuk meningkatkan brand image pabrikan.

“Tahun 2022 kami akan bergabung dengan tim Esponsorama untuk bertanding di kategori Moto3. QJ Motor Racing Avintia akan mengandalkan dua pembalap muda dari VR46 Academy, Bertelle dan Elia Bartolini dengan tujuan membuka babak baru di kategori MotoGP ini," berdasarkan pengumuman dari Avintia Racing.

Baca Juga: Buktikan Kualitas Produk Indonesia, Federal Oil Sokong Gresini Racing di MotoGP

 

Selain QJ Motor, produsen motor Cina lain yang ikut kejuaraan internasional tentu saja CFMoto. Mereka telah bekerja sama dengan Prustel GP. Tapi QJ motor tidak seperti CF Moto. Pihaknya tidak akan membangun mesin motor bikinan mereka sendiri. Karena, mereka tetap menggunakan KTM RC250GP. Mereka hanya fokus pada pembibitan dan belajar membuat komponen yang cocok untuk motor balap.

Sementara itu, saudara kandung KTM, GasGas, Husqvarna, serta KTM sendiri, juga bakal hadir di seri Moto3 2022. Dengan demikian, satu-satunya sasis non-KTM di Moto3 adalah NSF250RW Honda, yang digunakan oleh lima tim Moto3.

 

Tentang QJ Motor

Qianjiang Motorcycle memiliki nama panjang Zhejiang Qianjiang Motorcycle Group Co. Merupakan produsen sepeda motor Cina yang didirikan pada 1985 dengan kantor terdaftar di Winling (provinsi Zhejiang). Sekarang berkembang jadi salah satu produsen kendaraan roda 2 terbesar di Cina. QJ adalah perusahaan induk senilai US$460 Juta dengan 5 anak perusahaan domestik, 10 cabang, satu anak perusahaan di luar negeri dan lebih dari 10.000 karyawan.

Sejak 1999 QJ Motor telah memasarkan modelnya di pasar luar negeri dengan merek Keeway Motors. Bahkan sekitar 20 persen dari produksi dijual ke luar negeri. Pada 2005 Qianjiang mengakuisisi Benelli, pabrikan sepeda motor Italia yang berbasis di Pesaro di wilayah Marche.

Pada September 2016, kepemilikan saham mayoritas (29,8 persen) QJ Motor telah dikendalikan oleh raksasa Cina Geely Holding Group dan menjual produknya dengan empat merek: QJmotor, Benelli, Keeway dan KSR Moto. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Tiket MotoGP Mandalika 2022 Mulai Dijual, Cek Harganya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang