Ragam SUV Terbaru yang Meluncur Sepanjang Tahun 2021

Harga Mitsubishi Pajero Sport 2021

Berdasar catatan redaksi, ada 15 model SUV yang meluncur di Indonesia sepanjang 2021. Baik dalam kategori varian baru, facelift, All New model dan ubahan ringan sebagai edisi khusus. Angka ini jauh lebih banyak ketimbang publikasi MPV terbaru di Tanah Air. Tren segmen ini terus tumbuh selaras perkembangan global. Kalau untuk market domestik, mobil berdimensi lebar serta kaki jangkung punya kelebihan tersendiri. Sebab kontur jalan di sini amat beragam. Sehingga peminatnya pun semakin banyak. Dari genre small, medium hingga large SUV.

 

Toyota Raize

Toyota Raize GR Sport

Toyota Raize tersedia dalam enam varian. Yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta 1.2 G CVT maupun 1.2 G M/T. Masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Raize bermesin turbo dapat dipesan sejak 30 April 2021. Sementara untuk enjin naturally aspirated 1.2L bakal muncul sekitar semester dua tahun ini. Mereka tak langsung merilis sekaligus, dengan alasan sebagai bagian strategi dagang TAM.

Ukuran Raize sangat kompak. Panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, mobil tetap terlihat proporsional berkat jarak sumbu roda mencapai 2.525 mm. Kemudian ground clearance setinggi 200 mm. Kesan sebuah SUV kompak ini begitu kentara. Itu berkat aplikasi bumper trapezoidal tebal, disertai sudut menyiku tajam nan agresif di depan. Di tipe 1.0T, tersedia illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan sequential turn lamp serba-LED. Lantas pelek 17 inci.

 

Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky ASA

Rocky pun sama, ada dua mesin dengan tugas berbeda. Trim turbo disiapkan untuk menyasar konsumen menengah ke atas. Sebaliknya, enjin N.A guna menjaring level menengah ke bawah. Sehingga seluruh irisan market dapat digapai Astra Daihatsu Motor (ADM). Mekanikal pacu Rocky 1,2 liter tergolong jenis baru, makanya dibilang sebagai world premiere. Belum ada model lain yang pakai ini.

Konfigurasi enjin WA-VE pakai tiga silinder 12 katup, DOHC Dual VVT-i. Diameter langkahnya saja berbeda dari varian turbo, atau bahkan milik Sigra 3NR-VE. Ia memiliki ukuran 75,3 mm x 94.1 mm. Resultan pembakaran internal mesin injeksi Rocky 1.2L sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm. Momen puntir maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm. Opsi penyaluran energi kinetik melalui D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission. Ada pula pilihan girboks manual lima percepatan.

Sedangkan Rocky 1.0L disokong mesin bensin 1KR-VET 998 cc. Konfigurasinya tiga silinder segaris, 12 valve, DOHC plus dorongan turbo. Dengan diameter langkah 71.0 mm x 83.9 mm plus rasio kompresi 9,5 : 1. Ledakan piston memberi torsi puncak 140 Nm, mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Kemudian tenaga maksimal digapai 98 PS pada 6.000 rpm. Output lebih besar dari enjin non-turbo. Ada selisih tenaga 10 PS dan momen puntir 27 Nm. Opsi distribusi power ke roda depan pakai CVT atau manual lima percepatan. Sama persis dari Toyota Raize.

 

All New Honda BR-V

All new honda BR-V

BR-V 2022 menggunakan mesin baru seperti milik Honda City Hatchback 2021. Tertanam enjin berkode L15ZF i-VTEC empat silinder Double Over Head Camshaft (DOHC). Model lawas masih menggunakan SOHC. Jantung pacu memberi denyut maksimal hingga 121 PS pada 6.600 rpm. Lalu momen puntir optimal diraih 145 Nm di 4.300 rpm. Opsi distribusi energi kinetik pakai transmisi manual enam percepatan atau CVT. Semua disalur ke roda depan.

Fitur keselamatan masih bisa mengimbangi lawan. Contoh, berupa sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA) demi menjaga stabilitas kendaraan. Serta Hill Start Assist (HSA) guna memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan. Sedang dalam aspek keamanan, ia didukung immobilizer dan alarm system sebagai standar. Mengenai evolusi tubuh. Honda BR-V 2022 memakai grille depan gaya trapesium terbalik yang sambung dengan dua mata utama. Bilah-bilah vertikal tersusun menghiasi grille berbalut kromium. Kap mesin sekarang kian tegak sebagai aksentuasi SUV. Lalu sorot utama, foglamp, termasuk lampu siang hari (DRL) berteknologi LED.

 

New Honda CR-V & Black Edition

Honda CR-V prestige

Enjin tertancap di dalam CR-V 1.5L Black Edition tak berubah sebab berbasis varian Prestige. Ia mengandalkan pemacu turbo empat silinder VTEC DOHC 16 valve. Lontaran tenaga lebih trengginas, didapat 190 PS di 5.6000 rpm dan momen puntir 240 Nm sejak 2.000 rpm. Semua disalurkan via transmisi CVT Earth Dreams Technology lewat penggerak roda depan. Ada paddle shift juga. Distribusi tenaga diklaim tetap responsif namun efisien.

Namanya Black Edition, sudah pasti semuanya serbahitam. Anda disuguhi black chrome garnish, emblem edisi khusus, smoked headlight extension, pelek 18 inci gelap. Kemudian tatkala masuki kabin, nuansanya sama dari eksterior. Ada Black Edition leather seat dan black panel dashboard. Sedangkan Honda Sensing, pasti tersedia. Isinya meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM) Adaptive Cruise Control (ACC) dan Auto-High Beam.

 

New Mitsubishi Pajero Sport

Pajero sport facelift 2021

Varian menengah ke atas tetap memakai pemacu diesel 4N15 MIVEC 2.4L. Anda bisa menemukannya di Dakar 4x2 AT, Dakar Ultimate 4x2 serta Dakar 4x4 AT. Berbekal bantuan Variable Geometry Turbo (VGT) dan intercooler. Mesin diesel memompa daya 181 PS pada 3.500 rpm. Selanjutnya momen puntir optimal 429 Nm di 2.500 rpm. Buncahan tenaga disalurkan hanya menggunakan transmisi otomatis 8-speed. Tipe enjin ini lebih direkomendasikan dari 2.5L. Bahkan tenaga lebih besar dari Fortuner 2.4L turbo.

Di trim GLX dan Exceed. Mereka mengandalkan mesin peminum solar 4D56 DOHC. Ia memiliki volume bakar 2,5 liter DOHC plus induksi turbo. Resultan daya tersembur jauh lebih kecil, yakni 136 PS di 4.000 rpm dan momen puntir 324 Nm sejak 2.000 rpm. Penyaluran tenaga menggunakan pilihan transmisi manual lima percepatan atau matik konvensional lima percepatan. Rasanya tanggung, kalau tak ambil Dakar sekalian.

 

New Mitsubishi Xpander Cross

harga new xpander cross

Berkat operasi muka, ia tampil makin berotot meski terlihat nyaris sama dengan reguler. Dimensinya 4.500 mm x 1.800 mm x 1.750 mm dan sumbu roda 2.775 mm. Grille diguyur cat kromium hitam. Karakter SUV muncul dari overfender, body moulding dan roof rail. Sistem pencahayaan memakai LED di depan dan belakang. Kemudian spion sudah elektrik. Paling penting, ground clearance meningkat 20 mm menjadi 225 mm. Dibilang ada ubahan pada kaki-kaki, termasuk penguatan suspensi dan pelek 17 inci lima palang.

Mitsubishi Xpander Cross menggendong mesin MIVEC 1,5 liter dan belum ada ubahan. Resultan pembakaran empat piston memberi daya 105 PS di 6.000 rpm. Namun ia memberi tendangan torsi menonjok, 141 Nm pada 4.000 rpm. Unit pakai penggerak roda depan. Transmisinya ada opsi manual 5-speed dan paling baru, CVT.

 

Wuling Almaz RS

harga wuling almaz rs

Wuling Indonesia betul-betul serius dalam menukangi sang SUV supaya bisa lebih unggul dari lainnya. Untuk membantu Anda dalam berkendara, perusahaan membekali sejumlah perangkat. Amsal ketersediaan ACC, BCA, SDW, FCW, AEB, IHBA, CMS. Lantas ada tambahan berupa: Built in Ionizer, Panoramic Sunroof, Keyless Entry, Engine Start/Stop Button. Lanjut terpasang Front & Rear Parking Sensors, Adjustable & Foldable Electric Mirror, Semi Leather Seat Material, Leather Wrapped Steering Wheel. Terus ada WIND dan WISE sebagai teknologi terdepan.

Teknologi lainnya terus diberikan, seperti Wireless Charger Pad, Windows Operation, AC Ventilation Mode, Wiper Operation. Anda juga bisa terhubung dengan kendaraan lebih personal lagi. Sebab Wuling menyediakan Vehicle Remote Control, Positioning & Geo-fencing, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music serta Online Messaging.

Selain terpasang head unit 10,4 inci, ia diimbuhi sembilan speaker dari Infinity (Harman Kardon). Semburan audio sangat baik untuk mendendangkan musik. Lalu terpasang kamera 360 derajat, menampilkan seluruh sisi kendaraan. Seluruh lini produk Almaz pakai teknologi mesin bensin turbo 1,5 liter. Unit pacu mampu memproduksi tenaga maksimal 140 Hp (152 PS). Lalu torsi optimal 250 Nm. Transmisinya mengusung CVT delapan percepatan dengan simulasi manual.

Baca Juga: Deret MPV yang Meluncur Selama 2021 Plus Detail Harganya

 

Kia Sonet 7-Seater

Kia sonet 7 seater

Jantung pacu Sonet mengandalkan Smartstream Gamma II. Konfigurasi empat silinder 1.500 cc (non-turbo) DOHC, Dual CVVT dan Dual Fuel Injector. Dengan ukuran diameter langkah 75,6 x 83,4 mm, tarian piston memberi daya 115 PS di 6.300 rpm. Lalu torsi puncak 144 Nm diraih pada 4.500 rpm. Energi kinetik tersalur ke roda depan via transmisi manual enam percepatan. Atau opsi selanjutnya, otomatis variabel (iVT) yang dibilang tangkas.

Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.615 mm. Bahkan jarak sumbu roda pun serupa, 2.500 mm. Dihitung dari poros roda depan ke belakang. Kapasitas bagasi mencapai 392 liter. Ia menggunakan tujuh kursi (5+2). Memang kalau tersedia baris ketiga, ada kesan dipaksakan. Sebab panjang mobil hanya empat meteran. Tapi di sisi lain, itulah cara KIA menjajakan produk agar masyarakat punya opsi berbeda. Kalau bangku ketiga tak digunakan, tinggal lipat saja. Gampang.

 

Kia Seltos Diesel

kia seltos CRDi

Kubikasi mesin Seltos diesel mencapai 1.493 cc dengan sistem penyemprotan bahan bakar CRDi. Resultan pembakaran empat piston memberi torsi puncak 250 Nm pada 1.500 rpm. Kemudian tenaga maksimal terlontar 115 PS di 4.000 rpm. Untuk versi Indonesia, dipadukan transmisi matik DCT. Performanya lumayan, jika dibanding dengan keluaran Seltos bermekanikal pacu 1,4 liter turbo bensin.

Versi mesin bensin induksi turbo memberi torsi maksimal 242 Nm di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Embusan tenaga dari piston genap mencapai 140 PS pada 6.000 rpm. Peranti keamanan yang tertanam pada Seltos diesel lengkap. Isinya berupa enam airbag di bagian driver, passenger, side and curtain. Pengereman pakai cakram di depan dan di belakang. Sudah tersisip ABS, EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist, Traction Control. Serta Cruise Control guna memudahkan Anda saat berselancar di jalan bebas hambatan. Termasuk faktor yang bikin irit konsumsi BBM lantaran menjaga putaran mesin.

 

Hyundai Palisade

hyundai palisade

Hyundai Palisade di sini menggendong jantung pacu R 2.2L CRDi empat silinder segaris diesel. Dengan bantuan turbo e-VGT, ia mampu menyuplai momen puntir maksimal 440 Nm. Lantas tarian piston memberi daya 200 PS. Enjin turbo penenggak solar ini diklaim pabrikan amat efisien, ramah lingkungan, bertenaga. Sekaligus menghasilkan output daya terbaik di kelasnya, namun tetap memenuhi aturan emisi gas buang.

All New Palisade memiliki transmisi otomatis 8 percepatan yang dapat diatur dengan tombol tipe shift-by-wire (SBW). SUV ini juga menyediakan empat mode berkendara. Misal Comfort guna aktivitas berkendara sehari-hari. ECO demi menjaga efisiensi penggunaan bahan bakar optimal. Mode Sport agar menunjang akselerasi mobil kian tangkas. Terakhir gaya berkendara Smart yang menggunakan algoritma pembelajaran. Secara otomatis sistem menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola berkendara dari pengemudi.

 

New Hyundai Santa Fe

Santa fe 2021

Santa Fe 2021 menawarkan opsi powertrain baru dan lebih bertenaga. Sebagai standar, tertancap mesin empat silinder bensin, Smartstream 2,5 liter direct-injected (DI). Kemudian diberi sistem multi-point injected (MPI) yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6-speed konvensional. Nah, posisinya menggantikan enjin 2,4 liter di model eksis. Pembakaran internal memberi daya 180 PS pada 6.000 rpm. Lantas dorongan torsi 23,7 kg.m (232 Nm) di 4.000 rpm. Jika konsumen ingin pilihan lain. Hyundai menawarkan enjin 2,2 liter CRDi turbo diesel. Dayanya 202 PS plus torsi optimal 441 Nm (45 kg.m). Energi itu disalur menggunakan transmisi matik kopling ganda 8-percepatan.

Versi facelift Santa Fe menambah tingkat kedewasaan. Lihatlah alur di ujung depan yang mencolok jua menonjol melalui bentuk kisi-kisi jembar. Amat khas ukiran Fluidic Sculpture Hyundai teranyar. Pola 3D pada grille memberi karakter kokoh. Kemudian Daytime Running Light (DRL) LED berbentuk T, begitu unik. Saat dipandang sontak menyita perhatian. Apalagi saat berada di kondisi gelap. Sorot mata vertikal sangat tajam bak taring ular mau menerkam mangsa.

 

Hyundai Creta

Hyundai Creta Style

Enjin terpasang di Hyundai Creta sangat berbeda dari versi India (1.4 turbo dan diesel). Melainkan pakai mesin bensin empat silinder 1.500 cc MPi. Sama seperti saudaranya, Kia Sonet. Resultan daya tersalur mencapai 115 PS di 6.300 rpm dan torsi puncak 144 Nm diraih pada 4.500 rpm. Opsi transmisi manual enam percepatan atau otomatis iVT jadi penyalur energi kinetik ke roda. Belum saatnya pemacu 1.400 cc turbo diberikan bagi market sini.

Bentuk kisi-kisi depan amat jelas gaya trapesium terbalik. Pola di dalamnya bukan pakai palang horizontal, melainkan gabungan segitiga kecil. DRL terpasang tiga titik di tiap pojokan. Anda bisa melihat lebih gamblang seperti di versi rendering Zigwheels. Kemudian sorot mata utama terletak di bawah lampu siang hari. Sudah pakai teknologi LED. Namanya facelift, Creta 2022 memiliki siluet tubuh samping sama dari model eksis. Gaya pelek dual tone tak berubah.

 

Renault Kiger

Renault Kiger

Kiger memiliki jantung mekanis yang sama dari saudaranya, Nissan Magnite. Duduk dibalik bonet depan mesin 1.000 cc turbo tiga silinder. Denyut tenaga sampai 100 PS di 5.000 rpm dan torsi puncak 152 Nm diraih antara 2.800-3.600 rpm. Ia menanggung curb weight dengan berat 1.037 kg dan power to weight ratio 0,0964. Menurut klaim pabrikan, enjin masih sangat mumpuni dan nyaman untuk berkendara. Distribusi daya melalui CVT ke roda depan. Berdasar data di atas kertas, mobil sedikit lebih kuat dibanding Raize (98 PS dan 140 Nm).

Masuki kabin, meter cluster sudah menggunakan full digital. Sisipan lain berupa automatic climate control alias AC digital plus PM2.5 air untuk menyaring partikel sekecil 2,5 mikron. Renault Kiger memiliki layar sentuh besar berukuran 8 inci (20,3 cm). Kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Lalu ada koneksi Bluetooth dan wifi. Sistem audio pakai Auditorium 3D Sound by Arkamys berupa 4 speaker ditambah 4 tweeter demi menyuguh audio berkualitas tinggi. Untuk memudahkan parkir, tersedia speed camera plus rear view camera berikut garis panduan.

 

New MG ZS

New MG ZS

Ubahan yang dilakukan brand Cina-Inggris ini tak bisa dikatakan sebagai minor change. Sebab bagian penyaluran daya turut diganti. Sekarang MG ZS memakai transmisi CVT delapan percepatan. Sementara model lama masih pakai girboks konvensional 4-speed plus tiptronik untuk memindahkan gigi secara manual. Meski mekanikal pacu dipakai masih sama.

Baik di model baru maupun lama menggunakan enjin berkubikasi 1.498 cc naturally aspirated. Unit berkode 15S4C punya konfigurasi DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH. Hasil pembakaran sistem injeksi multi-point memberi lontaran daya maksimum 114 PS di 6.000 rpm. Kemudian torsi puncak tersedia 150 Nm di 4.500 rpm. Walau sekarang transmisi ditukar ke CVT, resultan tenaga tak berubah. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Proyeksi SUV Baru yang bakal Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang