Reinkarnasi Suzuki GS1100 di Tangan Builder Muda ACP Custom
ONTARIO, 20 Oktober 2016 - Jika teori renkarnasi itu benar ada, mungkin apa yang dilakukan rumah modifikasi Kanada ACP Custom ini bisa menjadi bukti. Mereka mengggarap motor lawas dari Suzuki GS1100. Hal ini juga dapat di kaitkan dengan beberapa tahun kedepan pabrikan asal Jepang Suzuki memang tengah menyiapkan beberapa motor bergenre balap andalannya dari GSX series nantinya.
Di Jerman, Suzuki GS1100 lebih dikenal dengan sebutan Suzuki Katana. Motor ini lahir pada tahun 1980-an. Motor besar lawas ini dibekali dengan mesin berkubikasi 1100cc inline 4 engine dengan teknologi DOHC.
Di bengkel modifikasi asal kota Ontario ini motor lawas dengan tampang sport ini "dirombak" total khusus di bagian mesinnya. Selain mengupgrade kubikasi menjadi 1.200cc, ACP Custom juga merevisi beberapa bagian aerodinamika seperti head cover pada lampu utama dan beberapa bagian body lainnya.
Suzuki Katana sebenarnya memiliki desain motor pria dengan aliran naked bike namun, dengan sentuhan ACP Customs body motor sport ini menjadi lebih terlihat berotot dan berevolusi menjadi sebuah motor neo-retro klasik modern. Nilai modern yang diadopsi dari motor empat silinder ini dapat terlihat dari penggunaan beberapa peranti elektronik dan layar digital pada ruang konsol speedometernya.
Khusus dibagian mesinnya, Suzuki Katana ini kini hadir dengan menggunakan empat karburator FCR39 keluaran Keihin yang dikombinasikan dengan 4-into-1 Nitro Racing titanium exhaust system. Secara teori, pernapasan motor ini telah sukses mendapatkan "cangkokan" paru-paru yang lebih muda sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih baik dari versi standar 35 tahun silam.
Dengan ruang bakar yang saat ini menjadi lebih muda, ACP custom juga melengkapi kaki-kaki ter-anyar dengan menggunakan suspensi asal Austria model upside-down milik Ohlins plus kaliper dan rem milik Brembo. Kini motor milik Mick Ackermann yang rampung digarap sempurna oleh rumah modifikasi ACP Custom.
Tenaganya tidak kalah dengan motor lansiran tahun 2000-an seperti Honda CBR1000 atau Kawasaki Z1000. Kabarnya, Mick juga berencana mengadu performa motor miliknya ini kepada dua motor tersebut.
Berikut Detailnya
[gallery columns="4" ids="19008,19005,19006,19004,19007,19003,19009,19002">
ANDHIKA KRESNA
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test