REVIEW: Menilik Keunggulan Si Bongsor Yamaha XMax

Yamaha Xmax
JAKARTA, Motovaganza.com – Di Indonesia tak banyak pemain skutik premium 250 cc. Harus diakui, Yamaha Xmax menjadi model yang paling banyak berseliweran di jalan raya. Lantaran diproduksi mandiri oleh Yamaha Indonesia, harganya tentu paling ekonomis. Tapi apa hal yang membuat XMax unggul? Embel-embel Maxi Yamaha memang pantas disematkan pada XMax. Sosoknya gambot. Dituangkannya melalui desain muka yang besar, lampu ganda disertai pula cover dengan bentuk agresif. Penerapan serupa pun dilakoni pada area buritan. Meski begitu ramuan bodi XMax sebenarnya proporsional. Dengan dimensi: 2.185 x 775 x 1.465 mm (PxLxT), XMax memang berukuran besar. Tapi coba tengok bentuk knalpotnya yang ramping, pas. Racikan tubuhnya dibuat senyaman mungkin bagi pengendara. XMax punya posisi setang cukup tinggi. Sementara jok terkesan amblas dan bidang (lebar). Sektor ini kemudian ditunjang lagi dengan pijakan kaki luas, memudahkan pengendara untuk berkendara secara santai. Anda kita memuntir tuas gas untuk menikmati mesin SOHC 150 cc berdaya 22,5 hp @7.000 rpm. Sedikit lebih unggul dibanding kompetitor seperti Honda Forza 32,1 hp @7.500 rpm maupun Kymco Downtown 250i (22,9 hp @7.750 rpm). Torsi Xmax selain besar juga didapat pada putaran lebih rendah yaitu 24,3 Nm @5.500 rpm. Sementara Forza maupun Downtown masing-masing mencatat 24 Nm @6.250 rpm dan 23,14 Nm @6.000 rpm. Kapabilitas itu lantas ditunjang lagi keberadaan Traction Control System (TCS). Berkat fitur ini, ECU akan mengatur putaran roda belakang agar 'seirama' dengan roda depan. Sebagai tujuan meminimalisir gejala selip. Tentu saja perangkat itu bekerja berdampingan dengan perangkat ABS. Memang bukan hal spesial di jajaran big scooter, melainkan sebuah perangkat wajib. Toh, rival sekelas Forza juga punya terapan satu itu. Termasuk pemilihan roda berukuran belang dan suspensi belakang ganda.

Akomodasi dan Fitur

Kemampuan untuk jelajah dimiliki XMax. Dengan kapasitas tangki BBM 13 liter, paling tidak tak kepalang 'haus' ketika diajak touring. Sementara milik kompetitor di bawah itu (Honda Forza 11,5 liter, Kymco Downtown 250i 12,5 liter). Keunggulan akomodasi juga dimiliki. Ruang di bawah jok XMax bermuatan 37 liter. Pemilik bisa dengan mudahnya menaruh dua buah helm full face, plus beberapa barang tambahan lain. Mengenai kelengkapan lain, Yamaha XMax tak kalah modern. Dimulai dari sematan sistem penerangan LED (lampu utama dan rem saja), kombinasi panel meter analog-digital yang informatif, sistem kunci dengan Smart Key System (SKS) yang bersanding dengan tombol pembuka jok dan cover tangki bensin. Ia pun menyediakan power outlet berikut konsol untuk menaruh gawai, ketika dayanya diisi ulang.

Harga Paling Ekonomis

Menariknya, XMax dibanderol Rp 61,475 juta. Sementara banderol Honda Forza mencapai Rp 83,81 juta. Begitu juga Kymco Downtown 250i yang dipatok Rp 68 jutaan. Wajar karena kedua lawan datang dengan status impor. Sementara XMax merupakan hasil buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tak cuma untuk konsumsi domestik, produk tersebut juga disebar ke berbagai negara, meliputi Asia, Amerika Serikat hingga Eropa. Namun dengan kubikasi mesin lebih besar yakni 300 cc.

Spesifikasi Lengkap

Mesin Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection Tipe Kopling: Single Dry Clutch Tipe Transmisi: Full Automatic Tipe Mesin: Liquid Cooled 4-stroke, SOHC Jumlah Silinder: Single Cylinder Diameter x Langkah: 70,0 x 64,9 mm Perbandingkan Kompresi: 10.5±0.4 : 1 Daya Maksimum: 16,8 Kw/7000rpm Torsi Maksimum: 24,3 Nm/5500rpm Sistem Starter: Electric Starter Sistem Pelumasan: Wet Sump Kapasitas Oli Mesin: Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L Dimensi P X L X T: 2185mm X 775mm X 1465 Jarak Sumbu Roda: 1540mm Jarak Terendah ke Tanah: 135mm Tinggi Tempat Duduk: 795mm Berat: 179 KG Kapasitas Tangki Bensin: 13 Liter Rangka Tipe Rangka: Underbone Suspensi Depan: Teleskopik Suspensi Belakang: Unit Swing Ban Depan: 120/70-15M/C 56P Ban Belakan: 140/70-14M/C 62P Rem Depan: Disc Brake Rem Belakang: Disc Brake Kelistrikan Sistem Pengapian: TCI Battery: GTZ8V Tipe Busi: LMAR8A-9 Baca juga: Ini Daftar Keunggulan Yamaha XMax ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • IMOS 2024: TVS Pamer Skuter Listrik Iqube Varian Standar, Klaim Harga Lebih Murah
    IMOS 2024: TVS Pamer Skuter Listrik Iqube Varian Standar, Klaim Harga Lebih Murah
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • NJS Helmet Luncurkan Dua Helm Berbahan Karbon di IMOS 2024, Harga Mulai dari Rp2,8 juta
    NJS Helmet Luncurkan Dua Helm Berbahan Karbon di IMOS 2024, Harga Mulai dari Rp2,8 juta
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Bersama FIFGroup, Moxa Hadirkan Promo Bundling di IMOS 2024
    Bersama FIFGroup, Moxa Hadirkan Promo Bundling di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • TVS Perlihatkan Naked Bike Apache RTR 310 di IMOS 2024
    TVS Perlihatkan Naked Bike Apache RTR 310 di IMOS 2024
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • IMOS 2024: Polytron Jagokan Fox 500, Tawarkan Banyak Promo dan Test Ride
    IMOS 2024: Polytron Jagokan Fox 500, Tawarkan Banyak Promo dan Test Ride
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024