REVIEW: Yamaha MX King 150, Ini Daftar Keunggulannya

JAKARTA, Motovaganza.com – Motor bebek alias moped seolah terlupakan di tengah hiruk pikuk skuter matic dan sekali-sekali naked bike dan motor sport. Padahal beberapa pilihan motor bebek 150 cc hadir di Indonesia. Satu di antaranya, Yamaha MX King 150 yang tak lain merupakan kompetitor terkuat. Lantas apa keunggulan dan kelebihan produk buatan Yamaha Indonesia ini? Yamaha MX King boleh dibilang adalah pionir moped bertampang motor sport tulen. Paling mencolok tentulah menyasar ke bagian wajah, disebutkan terinspirasi dari Yamaha R1. Nuansa itu kemudian diperkuat melalui penyematan cover bodi samping besar beserta under cowl. Lalu mendapatkan sentuhan akhir berupa lampu belakang hasil adopsi milik Yamaha R25. Agresif. Sejak 2015 Yamaha MX King terus bertransformasi. Penegasan modernitas dilakoni pihak pabrikan, lewat penggunaan headlamp. Tak lagi berupa bohlam seperti generasi pertama, MX King terbaru memakai penerangan jenis LED. Pola pendarannya sendiri terdiri dari dua unit low beam dan satu high beam di bagian tengah. Pun demikian kala memandang panel meter. Tak ada lagi padu padan analog-digital, melainkan sudah sepenuhnya berganti ke tampilan full digital. LCD dengan latar berwarna biru. Berukuran lumayan besar dan nyaman dipandang. Terutama saat berkendara malam hari. Apalagi informasi mengenai putaran mesin, posisi gigi hingga kecepatan memiliki porsi dominan. Pengendara mudah membacanya, meski sambil melaju dalam kecepatan tinggi. Keterangan tambahan lain jua bisa diperoleh dari panel meter digital. Mulai dari Odometer, Trip 1 dan 2 sampai konsumsi bahan bakar rata-rata. Cukup tekan tombol di bagian bawah layar untuk memilih menu dan lihat tampilannya tepat di bawah penampang transmisi. Sementara indikator seperti keterangan engine check, lampu sein, accu maupun lampu jauh, diletakan terpisah di bagian atas panel meter. Baca juga: Yamaha NMax Plus Aksesoris Asura, Bikin Tampang Makin Gahar

Performa Mesin

Sisi agresif MX King juga menular ke ranah performa. Mengandalkan mesin SOHC 4-tak satu silinder, kuda besi garpu tala sanggup mengail daya 15,15 hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Kemampuan tersebut disalurkannya melalui transmisi 5-percepatan. Memang bukan yang terbesar lantaran kompetitor yang diramu dengan jumlah transmisi lebih banyak (6-percepatan). Namun berkat konfirgurasi diameter x langkah: 57,0 x 58,7 mm (overstroke engine), MX King leluasa menjangkau tenaga dan momen puntir maksimal di putaran lebih rendah. Kelincahannya dapat diandalkan saat berjibaku di kemacetan. Ke depan, bukan tidak mungkin MX King-lah yang membalikkan keadaan. Terlebih sempat ada rumor moped ini bakal menggendong jantung mekanik terbaru, 155 cc VVA (variable valve actuation), seperti kepunyaan Yamaha V-Ixion R, YZF-R15 atau XSR 155. Bakal tambah menarik dapur performanya. Baca juga: Yamaha Xabre Kalah Pamor dari MT-15? Ini Penyebabnya

Kemudahan Handling

Tentu saja berkaitan dengan impresi berkendara. Motor bebek 150 cc ini dibekali rancang bangun sasis underbone. Yamaha mengklaim rangka tersebut ringan, sehingga mumpuni mengajak kuda besi berbobot 116 kg bermanuver baik di trek lurus maupun tikungan. Termasuk pula sokongan peredam kejut teleskopik di depan dan suspensi tunggal pada bagian belakang. Kapabilitasnya untuk melakoni tugas itu juga ditopang ban ukuran besar. Ban depan 90/80-17 dan belakang 120/70-17 (tubeless). Sedangkan untuk penghenti laju, mengandalkan disc brake jua pada kedua roda. Baca juga: REVIEW: Menilik Keunggulan Si Bongsor Yamaha XMax

Harga Paling Kompetitif

Bagaimana dengan harga? Ini sebenarnya adalah keunggulan terakhir sekaligus paling penting dari motor ini. Saat kami tilik dari laman website resmi, Yamaha MX King dipasarkan mulai dari Rp 24,075 juta (versi standar). Terdapat pula varian lain yakni MX King 150 Doxou Version (Rp 24,17 juta) dan versi Monster Energy Yamaha MotoGP Edition (Rp 24,375 juta). Pasarannya memang sedikit lebih mahal dari Honda Supra GTR 150 yang dilego Rp 24,050 - Rp 24,3 juta. Namun harga ini kompetitif dibanding lawan seperti Suzuki Satria F150 yang dijual Rp 25 jutaan. Baca juga: Apa Saja Keunggulan Yamaha MX King 150 ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN  

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • MotoGP Jerman 2025: Marc Marquez Menang Mudah dan Selebrasi Aura Farming
    MotoGP Jerman 2025: Marc Marquez Menang Mudah dan Selebrasi Aura Farming
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025