Riset Populix: Terungkap Beberapa Kekhawatiran Masyarakat Terhadap EV di Indonesia

populix

Indonesia merupakan negara dengan populasi besar dan kebutuhan transportasi tinggi. Beberapa tahun belakangan, menunjukkan pertumbuhan signifikan terhadap penggunaan kendaraan listrik (EV). Berdasar Gaikindo, pertumbuhan 2023 saja mencapai 65,22 persen. Tahun ini diprediksi semakin naik. Namun demikian, isu baterai dan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik menjadi hambatan terbesar industri kendaraan listrik di Tanah Air. Hal ini dapat dilihat dari riset Populix terbaru bertajuk “Electric Vehicle Dynamics: Unveiling Consumer Perspectives and Market Insights”.

Dalam riset mereka, menunjukan kekhawatiran dengan sisa baterai selama perjalanan (65 persen), kapasitas jarak tempuh terbatas (61 persen ) dan tidak semua bengkel menerima perbaikan meskipun kerusakannya non-listrik (49 persen). Selain itu, keterbatasan infrastruktur atau fasilitas charging (43 persen). Lokasi stasiun pengisian daya masih sedikit dan cenderung jauh (42 persen) juga menjadi tantangan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik.

"Seiring dengan berkembangnya pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Kolaborasi antara regulator dan produsen EV menjadi semakin krusial guna mengatasi tantangan mendasar. Misalnya seperti aksesibilitas, jarak tempuh, biaya, hingga ketersediaan infrastruktur pengisian daya. Itu bisa menghambat integrasi kendaraan listrik bagi mobilitas konsumen sehari-hari. Dengan memahami tantangan dan preferensi konsumen. Sinergi ini menjadi kunci dalam mendorong adopsi EV secara lebih luas. Serta meningkatkan pertumbuhan industri kendaraan listrik di Indonesia," ujar Timothy Astandu, CEO & Co-Founder Populix, dalam surel kepada OTO.com.

Dinamika Penggunaan Kendaraan Listrik

populix

Riset mereka juga memperlihatkan beberapa aspek. Pengisian daya kendaraan listrik paling nyaman dilakukan di rumah (59 persen), sementara stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) hanya digunakan oleh 15 persen responden. Tempat penukaran baterai kendaraan listrik yang paling populer adalah lokasi brand resmi (78 persen). Diikuti oleh stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) (42 persen).

Frekuensi penggunaan SPKLU atau SPBKLU bervariasi. Menurut Populix, sebanyak 55 persen melakukan pengisian daya di tempat itu. Setidaknya satu kali seminggu dan bahkan sebagian kecil menggunakannya setiap hari.

Nah, di dalam kategori sepeda listrik, tujuan utama penggunaan termasuk belanja kebutuhan sehari-hari berkisar (79 persen). Antar-jemput teman atau keluarga (62 persen), mengunjungi teman atau keluarga (58 persen), mengirim barang (23 persen) dan bekerja (13 persen). Konsumen memiliki ekspektasi harga sepeda listrik rata-rata sebesar Rp4.700.000 dengan jarak tempuh 12,32 km guna memenuhi kebutuhan mobilitas mereka. Sepeda listrik paling banyak digunakan di Indonesia adalah Uwinfly (32 persen), Exotic (22 persen) dan Polygon (12 persen).

Responden menggunakan motor listrik dengan tujuan utama untuk belanja kebutuhan sehari-hari (72 persen). Mengunjungi teman atau keluarga (57 persen), antar-jemput teman atau keluarga (57 persen), bekerja (47 persen) dan perjalanan dalam kota (46 persen). Untuk memenuhi tujuan itu, konsumen merasa bahwa jarak tempuh motor listrik ideal adalah 74,93 km. Sementara itu, ekspektasi masyarakat terhadap harga motor listrik rata-rata sebesar Rp18.000.000. Adapun tiga merek paling banyak digunakan adalah Volta (15 persen), Honda (15 persen) dan Polytron (13 persen).

Untuk mobil listrik, tujuan utama penggunaan meliputi mengunjungi teman atau keluarga (71 persen). Perjalanan dalam kota (69 persen), bekerja (67 persen), antar-jemput teman atau keluarga (63 persen). Kemudian belanja kebutuhan sehari-hari (60 persen). Rata-rata konsumen menilai harga mobil listrik yang ideal adalah sebesar Rp250.000.000 dan memiliki jarak tempuh minimal 261,18 km. Merek yang saat ini paling banyak digunakan: Wuling (57 persen), Hyundai (24 persen) dan Toyota (9 persen).

VP of Research Populix Indah Tanip menjelaskan. Saat ini pembelian kendaraan listrik masih didorong kuat oleh program-program promosi. Adapun bentuk promo yang paling disukai oleh konsumen mencakup diskon khusus dari produsen. Misalnya potongan harga atau cashback (65 persen ), garansi baterai atau unit (65 persen). Lalu subsidi pemerintah dalam bentuk diskon atau insentif langsung (57 persen), serta penawaran paket spesial selama periode tertentu (43 persen).

Sumber Informasi EV di Indonesia

populix

Mayoritas responden mencari informasi seputar kendaraan listrik dari media sosial dan channel online (89 persen) serta aset-aset BTL (80 persen). Adapun lima sumber media sosial dan channel online paling banyak digunakan meliputi iklan YouTube (39 persen). Kemudian media sosial resmi brand (38 persen), website resmi brand (35 persen). Iklan Instagram (22 persen), dan review di forum online (20 persen).

Lanjut mengenai kategori BTL (Below the Line). 53 persen responden menyebut rekomendasi teman dan keluarga sebagai sumber informasi terpercaya. Kemudian diikuti oleh pameran otomotif di mall (41 persen) dan event otomotif seperti GIIAS atau IIMS (27 persen). Perlu diketahui pula. Selain media sosial dan channel online. Aset-aset BTL, responden juga mencari informasi seputar kendaraan listrik dari aset-aset ATL (Above the Line). Khususnya publikasi atau website otomotif sebagaimana dipercaya oleh 20 persen responden. Poster di jalanan atau iklan billboard yang menjadi sumber informasi 17 persen. (Alx/Odi)

Baca Juga: E-Fuel, Solusi Bahan Bakar Masa Depan?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
    EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
    Tak Cuma Kaya ADAS, Suzuki Fronx Bisa Diajak Seirit LCGC
    Tomi Tomi . 01 Jul, 2025
  • Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
    Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
    Muhammad Hafid . 01 Jul, 2025
  • Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
    Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
    Setyo Adi . 01 Jul, 2025
  • Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil ala Garasi Oase untuk Performa Maksimal
    Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil ala Garasi Oase untuk Performa Maksimal
    Zenuar Yoga . 01 Jul, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mercedes-AMG Concept GT XX, Sedan EV 1.341 HP Siap Tantang Porsche Taycan
    Mercedes-AMG Concept GT XX, Sedan EV 1.341 HP Siap Tantang Porsche Taycan
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Daihatsu Gran Max Pick Up 2025 Kini Punya Airbag, Rem ABS dan LSPV 
    Daihatsu Gran Max Pick Up 2025 Kini Punya Airbag, Rem ABS dan LSPV 
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
    Mazda Tampilkan Nuansa Jepang Modern di GIIAS 2025, Dua Model Baru Jadi Sorotan
    Anindiyo Pradhono . 01 Jul, 2025
  • Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
    Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
    Anjar Leksana . 01 Jul, 2025
  • Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
    Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
    Anjar Leksana . 01 Jul, 2025
  • Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
    Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
    Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
    Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
    Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
    Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2025
  • Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
    Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
  • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
    Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
    Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025
  • Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
    Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
    Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
    Alvando Noya . 26 Mei, 2025