Rongsokan Motor Ini Berharga Hampir Rp 2 Milyar

LONDON, 14 Mei 2016 - Siapa bilang barang rongsokan atau loakan yang biasanya dianggap sampah yang tidak terpakai lagi tak ada harganya? Di Inggris motor rongsokan dapat laku dengan harga yang tinggi.

Dalam satu pekan terakhir, rumah lelang Inggris Bonham Summer Classic Sale of Motorcycles and Motorcars di Oxfordshire, Inggris, meraih penjualan sekitar US$ 4 juta hamper dua kali lipat dibandingkan rekor tertinggi pada 2013.

Di segmen roda dua sebanyak 115 item terjual dengan transaksi mencapai US$ 1,2 juta. Nah, yang termahal justru 1955 Vincent Black Prince Project yang terjual US$ 153.000 atau setara dengan Rp 2 miliar. Angka ini empat kali lipat dari yang diperkirakan sekaligus menjadi rekor penjualan Black Prince dalam sebuah lelang.

Secara fisik, motor ini terlihat seperti sampah dan telah rata terkena gempuran karat. Tapi bangkai motor ini memiliki harga yang tidak masuk di akal. Bagaimana bisa?

Ternyata si pemenang, seorang pria yang tidak menyebutkan identitasnya ini, ternyata penggila motor tua. Ia ingin mewujudkan mimpi bersama motor tersebut sudah sejak lama.

Ia mengaku telah memiliki motor sejenis yang tengah dibangunnya kembali saat ini dan ini merupakan motor kedua yang ia dapatkan. Ia akan membangun motor ini kembali sesuai dengan bentuk aslinya sebagai hadiah persembahan ulang tahun bagi dirinya yang juga kelahiran 1955. Hal ini yang menjadikan dirinya berani mengambil keputusan membeli motor tersebut.

Wah!

ANDHIKA KRESNA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda