Royal Enfield Moto Himalaya 2017, Berkunjung ke Pabrik Royal Enfield

CHENNAI, 6 September 2017 – Setelah berbagai masalah dan keribetan dari Leh, New Delhi, dan Chennai, Special Duty Editor Motovaganza, Ariya Sradha, akhirnya sampai di Chennai. Kota ini menjadi salah satu pabrik perakitan Royal Enfield. Setelah para peserta menunggu kami di depan pintu, akhirnya kami semua bergegas menuju ke pabrik Royal Enfield yang berada di Tiruvottiyur High Road, Anjugam Nagar, yang berjarak sekitar 40 KM atau 1 jam 40 menit dari Bandara International Chennai. Setibanya di Factory, kita disambut oleh beberapa tim RE dan beristirahat sejenak di ruang meeting dan disuguhi kopi dan cemilan. Kami memulai factory tour pada pukul 16.15 sore. Oh ya, factory tour dibagi oleh 2 group agar tidak terlalu ramai. Masing-masing terdiri dari 9 orang. (Annie masih dalam perjalanan saei Delhi ke Chennai, Leonardo dari Italia langsung pulang ke Roma). Selama tour, kami menggunakan earphone dengan frekuensi tertentu untuk mendengarkan penjelasan dari Tour Guide. Tournya sendiri dibagi 4 tahap yaitu melihat proses pengecatan, proses perakitan, proses produksi mesin, serta pengetesan dan pengiriman.
Di bagian assembly / perakitan.
Uniknya, proses pengecatan Fuel Tank Bullet 500 dilakukan secara manual. Para pekerjanya adalah lulusan sekolah seni rupa setempat. Sebelum dicat dengan list emas, di tangki tersebut telah terdapat garis panduan yang dibuat dengan menggunakan mal. Rasa penasaran saya pun terjawab selama ini, bagaimana mungkim dia bisa melakukan satu guratan kuas dengan begitu saja hahaha. Ternyata memang sudah ada guidance-nya toh. Tapi tetap saja sulit dan tangan harus stabil dan konsisten. Bila ada salah? Masih bisa dihapus kok dan diulang lagi. Semua komponen motor dirakit di jalur ini. Motor akan terakit dengan target 1 motor per 1 menit. Setiap bagian akan menyelesaikan tanggung jawabnya maksimal dalam waktu 50 detik. Mulai dari ujung yaitu pemasangan mesin ke rangka, shock breaker, rantai, velg dan ban, rem, instalasi listrik / kabel, ecu, garpu depan, handle bar, lampu dan jok. Di foto ini terlihat mereka sedang merakit Bullet 350. Untuk type motor lain dilakukan di gedung lainnya. Saat ini kapasitas produksi Royal Enfield di pabrik ini mencapai 500.000 engine / year. Walaupun saat ini kapasitas produksi motor adalah 1.400 motor / bulan., tapi sebenarnya mereka mampu memproduksi hingga 2.000 motor/ bulan bila ada permintaan. Saat ini sebagian mesin2 motor mereka lagi menuju ke model BS4 untuk mengejar standard euro 4, sehingga RE akan menggunakan EFI / Injection seperti pada Bullet 500 EFI. Waktu produksi pabrik saat ini adalah 24 jam yang dibagi oleh 3 shift. Masing-msing shift terdiri dari 600 karyawan.
Bagian pengecekan : Dyno test & wheel allignment
Semua komponen krusial seperti mesin, karburator dan rangka, serta fuel tank, jok, handle bar, exhaust, head lamp diproduksi sendiri di pabrik ini. Selebihnya komoonen seperti ban, velg dan rem di supply oleh pihak ketiga. Di area pabrik juga terdapat pengetesan on the road. Terdapat jalur khusus untuk uji coba langsung. Factory tour di panrik Royal Enfield ini selesai pukul 17.30 sore dan kami langsung menuju hotel. [gallery columns="4" ids="27043,27044,27046,27048"> ARIYA SRADHA (CHENNAI)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Perkuat Standar Layanan Premium, PT Piaggio Indonesia Gelar AFS Competition 2025
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2025
  • Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Grand Final CustoMaxi Yamaha 2025 Resmi Ditutup, Xmax Beremblem Emas 18 Karat Dinobatkan The King of Maxi
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2025
  • Yamaha Rev Festival 2025 Jadi Magnet Akhir Tahun Sekaligus Rayakan 1 Dekade Maxi Yamaha
    Yamaha Rev Festival 2025 Jadi Magnet Akhir Tahun Sekaligus Rayakan 1 Dekade Maxi Yamaha
    Zenuar Yoga . 22 Des, 2025
  • Feders Gathering 2025 Jakarta Jadi Puncak Komitmen Federal Oil Dukung Kenyamanan Berkendara
    Feders Gathering 2025 Jakarta Jadi Puncak Komitmen Federal Oil Dukung Kenyamanan Berkendara
    Zenuar Yoga . 22 Des, 2025
  • Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
    Yamaha Tegaskan Pentingnya Servis di Bengkel Resmi dan Penggunaan Genuine Part
    Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025