Siap-Siap...Honda Africa Twin 850L Siap Bertarung

Jepang, 14 Juni 2019 - Honda bakal meluncurkan Honda Africa Twin 850L, pesaing Triumph Tiger 800 dan BMW F850GS. Rumors ini semakin kencang berhembus ketika DriveMag Riders merilis gambar hasil rendering Honda Afrika Twin terbaru sebagai cover majalah mereka.

Memang, gambar rendering tersebut bukanlah desain resmi Honda, namun biasanya terwujud berkat beberapa informasi faktual yang mungkin mereka terima. Jika motor ini benar-benar diproduksi dan hadir dengan kapasitas mesin 850cc, maka hidupnya tidak akan mudah, pasalnya pasar yang mereka tuju adalah kelas motor petualangan kelas menengah yang diisi oleh nama-nama besar seperti F850GS, KTM 790 Adventure dan Tenere 700 Yamaha yang baru diluncurkan.

Honda Africa Twin yang dipuji-puji sebagai motor petualangan 1.000 cc yang hebat, tentu membuat rencana Honda merilis Africa Twin berkapasitas mesin lebih kecil dan ringan tentu amat menakutkan bagi rival-rivalnya. Bagi Honda, upaya itu dapat dipahami sebagai upaya menguasai pasar motor adventure.

Apalagi selera pasar kini sedang mengalami pergeseran minat ke motor petualangan. Ini dibuktikan dengan begitu diminatinya BMW GS ‘Rallye’ dan ‘Adventure Rallye’ di Inggris. Untuk berhasil di segmennya, Honda kemungkinan besar menggunakan mesin twin berkapasitas 850 cc. Tenaganya diperkirakan mencapai 90 hp dengan torsi dikisaran 90 Nm (tidak jauh berbeda dari rival-rivalnya).

Selain itu, akan dilengkapi beragam teknologi, seperti mode berkendara on dan off-road, serta deretan aksesoris sebagai pelengkap gaya bertualang. Honda CRF850L Africa Twin kemungkinan akan dirilis oleh Honda pada tahun 2020 atau 2021.

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda