SYM DRG BT, Lebih Sangar Dibandingkan Yamaha Aerox

TOKYO, Motovaganza.com – Sosoknya merepresentasikan motor performa, berkat sudut lancip dimana-mana, berikut sumbu roda panjang. SYM, produsen motor asal Taiwan, memang bangga dengan produknya ini. Mereka menyebut SYM DR BT ini memiliki desain yang terinspirasi dari naga. Motor ini merupakan skutik 150 cc nan kental nuansa sporty. SYM baru merilisnya ke pasar dengan harga Rp 58,5 jutaan, namun baru di Jepang saja. SYM tentu saja boleh berpromosi. Apakah kemudian sesuai di kenyataannya? Meski bentuknya bak hendak membelah angin, tak berarti performanya mengerikan. Kemampuan dapur pacu tak berbeda jauh dengan Yamaha Aerox – yang pantas dijadikan kompetitor jika suatu saat masuk Tanah Air. Ia memangku mesin satu silinder 158 cc empat katup injeksi, dengan output 14,6 Hp/8.500 rpm dan torsi 15,44 Nm/5.500 rpm. Angka yang hampir berbanding lurus dengan Aerox maupun NMax bukan? SYM sebenarnya meracik DRG sebagai skutik harian. Dapat dilihat dari catatan konsumsi bahan bakar, diklaim mencapai 50 kpl - cukup bagus untuk sekelasnya. Dipasangkan juga sistem nyala-mati mesin (Stop Start System) guna membantu mengefisiensi penggunaan bensin. Rangkaian fasilitas turut relevan untuk penggunaan dalam kota. Bagasi DRG bisa memuat helm, sekaligus beberapa barang bawaan. Ada pula soket USB untuk mengisi daya gawai. Lantas dashboard, dihiasi instrumen digital informatif. Sedikit kontradiktif jika melihat bentuknya, yang cenderung menyiratkan kepentingan performa. Baca juga: Ini Dia Lawan Sepadan Yamaha X-Ride 125

Desain Intimidatif

Ya, coba lihat, bentuk motor begitu intimidatif. Fasad benar-benar runcing. Baru di panel itu saja sudah banyak lipatan, hingga penempatan headlight pun terkamuflase. Kalau diperhatikan, lampu-lampu juga diletakan terpisah. Cahaya LED bakal bersinar dari titik-titik berjauhan. Unik. Bingkai speedometer juga terekspos. Tak ada batok yang menutupi bagian ini. Dan otomatis setang ikut terlihat jelas, tanpa dibalut cover plastik sama sekali. Terkesan nakal. Uniknya lagi saat melihat dari samping. Jok menukik ke atas cukup ekstrem, seperti buritan motor sport. Senada pula pada panel plastiknya, melancip di ujung, sekaligus berfungsi sebagai pegangan penumpang. Jika mereka mengatakan seperti naga, rasanya kami jadi mengerti. Lipatan-lipatan bodi memang cukup merefleksikan hewan mitos itu. Baca juga: T 22 Synthesis, Modifikasi Kawasaki Ninja 2-tak Bermesin Ganda

Wheelbase Panjang

Tak kalah atraktif dari sudut pandang belakang. Subframe dibuat melayang, tak menyatu ke spakbor. Pelindung cipratan air memakai model hugger, menempel dengan roda. Ala mud guard pada motor adventure. Keren. Ada hal yang jarang diaplikasikan pada sebuah skutik. SYM cukup memikirkan distribusi bobot optimal, makanya wheelbase dibuat memanjang. Komposisinya seimbang antara depan dan belakang, alias 50:50. Sementara itu, pengendalian didukung fork teleskopik dan belakang ditopang monoshock setengah tidur, dengan pengaturan preload. Satu lagi, roda belakang hanya disangga lengan tunggal seperti yang jamak dipasang pada motor sport fairing. Sumber: Bikedheko, supermoto8 Baca Juga: SYM Rilis DRG BT di Jepang, Skutik yang Lebih Sangar Ketimbang Yamaha Aerox   HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pabrik QJMotor di Cikarang Mulai Beroperasi Januari 2026
    Pabrik QJMotor di Cikarang Mulai Beroperasi Januari 2026
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Kawasaki Z900RS Series 2026 Mendapat Pembaruan dengan Sentuhan Retro Premium
    Kawasaki Z900RS Series 2026 Mendapat Pembaruan dengan Sentuhan Retro Premium
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Polytron Ungkap Standar Keselamatan Baterai Motor Listrik FOX Electric
    Polytron Ungkap Standar Keselamatan Baterai Motor Listrik FOX Electric
    Ardiantomi . 15 Des, 2025
  • Kawasaki Luncurkan KLX230 DF 2026, Motor Trail Dual-Purpose dengan Konsep “Durable Force”
    Kawasaki Luncurkan KLX230 DF 2026, Motor Trail Dual-Purpose dengan Konsep “Durable Force”
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Jaringan Fast Charging Maka Motors Makin Luas, Kini Hadir 70 Nozzle di 33 Lokasi
    Jaringan Fast Charging Maka Motors Makin Luas, Kini Hadir 70 Nozzle di 33 Lokasi
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Suzuki Satria Pro vs Honda Sonic 150R: Duel Ayago 150 cc, Siapa Juaranya?
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Test Ride All New Honda Vario 125 Street: Handling Lebih Enak dan Rileks
    Ardiantomi . 04 Des, 2025
  • First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    First Ride All New Honda Vario 125: Tawaran Agilitas dari Bobot Mesin yang Lebih Ringan
    Setyo Adi Nugroho . 02 Des, 2025
  • First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    First Ride Suzuki Satria PRO: Semakin Canggih, Tetap Gesit dan Menarik
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025