Tak Perlu Gelontorkan Uang Setengah Miliar, Banyak Mitsubishi Pajero Sport Bekas Bernilai Ekonomis

Mitsubishi Pajero Sport facelift yang baru meluncur nilai jualnya tembus setengah miliar Rupiah. Itu pun baru varian Exceed MT, alias terendah. Sementara rentang ke trim tertinggi mencapai Rp 200 jutaan. Atas terjadinya transformasi fitur dan penampilan. Jika dirasa budget tak masuk, coba tengok unit bekas berusia muda. Nilainya mulai Rp 350 jutaan.


Generasi yang dimaksud ialah lahiran 2016 – 2020. Secara bentuk, kami bisa bilang tak beda jauh. Rancangan besar sama persis. Lantaran versi facelift tak senantiasa mengubah pilar serta lain-lainnya. Sekadar merevisi tampilan grille, lampu depan, menambah cornering lamp, hingga tarikan garis bumper dan bentuk mika belakang. Sederhana. 


Oleh karena itu generasi pra-facelift rasanya belum ketinggalan zaman. Ia masih merepresentasikan karakter SUV ladder frame modern. Aksen-aksen cantik semacam tarikan garis LED di depan maupun belakang sudah hadir. Tidak usang.


Nah, dari data kami temukan di dua platform jual beli mobil bekas nasional, barisan angka jualnya menarik. Khusus keluaran 2016, nilainya mulai Rp 350 juta – Rp 385 juta. Tergantung kondisi serta varian. Sejauh ini, paling jamak keluar varian Dakar AT (4x2) dan Dakar Ultimate (4x2). Sebagai informasi, generasi pertama ini unitnya masih impor Thailand.


Lantas naik setahun, ada beberapa penambahan minor. Sekaligus menjadi kali pertama unitnya dirakit lokal. Sama seperti tahun awal, banyak diniagakan varian Dakar dan Dakar Ultimate penggerak dua roda. Sementara harga jualnya mulai Rp 390 juta – Rp 420 juta. Dan kenaikan harga di generasi 2018 tidak terlalu signifikan. Selisih Rp 10 – Rp 20 jutaan dari keluaran 2017.


Baru di generasi 2019 – 2020 agak terasa. Rata-rata pedagang melego Rp 480 juta ke atas. Bahkan banyak yang menembus Rp 540 jutaan lebih. Untuk Varian Dakar dan Dakar Ultimate ke atas. Wajar saja, sebab usianya masih begitu belia.


Mitsubishi Pajero Sport


Dari sekian banyak pilihan, kami kira paling menarik dan menguntungkan ialah angkatan 2017 akhir sampai 2018. Secara harga tidak terlalu tinggi. Tapi apa yang didapat cukup lengkap. Lagi pula rentang harga kami sebutkan sebelumnya mayoritas tipe Dakar serta Dakar Ultimate. Varian bermesin turbo dan punya perlengkapan mumpuni.


Mulai dari Dakar standar misalnya. Sudah mendapat sunroof yang memberikan kesan mewah. Hanya saja interior dibedakan lewat bungkusan kulit hitam. Serta aksen kayu black piano. Bukan beige dan wood panel coklat seperti pada Ultimate.


Akses smart key juga menjadi standar. Meski cara pengoperasiannya masih perlu memencet switch di gagang pintu. Tapi tenang saja, sudah pakai start stop button. Soal sistem keamanan juga termasuk komplet. Hadir sensor mitigasi akselerasi jika ada hambatan di depan. Serta merta sensor parkir belakang dan Vehicle Stability Control (VSC). Plus dual SRS Airbag.


Perihal hiburan Dakar biasa dilengkapi head unit layar sentuh dengan kemampuan variatif. Malah lengkap dengan sistem navigasi. Lalu kenyamanan pengemudi dan penumpang turut ditunjang oleh AC dual zone, jok elektrik, serta adanya cruise control meski tidak adaptif.


Ultimate selangkah lebih advance. Dari luar saja sudah terlihat dibubuhi banyak sensor. Forward Collision Warning, Forward Mitigation Warning, menjadi standar. Karena sensornya tertera di depan dan belakang, maka sistem cruise control pun berbeda. Ia bisa beradaptasi dengan laju kendaraan di depan.


Nilai jual dua varian ini juga terletak di dapur pacu. Yang jadi sumber tenaga merupakan mesin 4N15 dengan kubikasi 2.4-liter. Betul memang secara volume sedikit lebih kecil dari mesin satunya. Namun ia dijejali sistem VGT-Intercooler. Sehingga mampu melontarkan daya 181 PS/3.500 rpm dan torsi 430 Nm/2.500 rpm. Melimpah.


Lumayan jauh jika menengok trim di bawahnya, alias GLX dan Exceed. Mungkin Anda tak bakal begitu tergugah ketika tahu di balik kap tertanam kode mesin 4D56. Jantung 2.5-liter commonrail turbo itu hanya memompa 136 PS/4.000 rpm dan torsi 324 Nm/2.000 rpm. Selisih lumayan.


Terlepas itu semua, pastikan ketika memilih unit cukup teliti. Meski usianya baru menginjak tiga sampai empat tahun, namanya kendaraan bekas pasti ada saja kurangnya. Entah sesederhana bodi kusam atau banyak baret. Sampai ke sisi teknis yang mulai rentan rusak. Ada baiknya periksa semua komponen krusial sebelum membeli.


Mitsubishi Pajero Sport 3rd generation


Yang Tidak Bisa Didapat Pada Pajero Sport Bekas


Tentunya generasi lama belum mendapat serangkai perubahan modern seperti di seri facelift. Harus ada yang direlakan ketika memutuskan beli bekas dengan nominal ekonomis. Apa sajakah itu? Dan seberapa penting fungsinya?


Pertama, paling nampak ialah desain fasad serta buritan. Dan aksesori semacam pelek, side skirt, bumper berikut pemanis seperti spoiler belakang. Milik generasi baru harus diakui lebih segar. Meski masih dibangun dalam platform serupa. Ada kesan minimalis berkat bentuk lampu dan grille baru, seakan menyatu dengan bodi. Pun begitu di lampu belakangnya. Lantas ia pun sudah memiliki cornering lamp nan canggih. Untuk variabel ini, kami kira masih bisa dikesampingkan ketika membandingkan dengan generasi lama.


Begitu pula di dalam. Sifatnya hiburan semata. Kalau masuk ke dalam Pajero Sport baru, head unit 8 incinya baru. Bisa terkoneksi ponsel pintar serta menerjemahkan suara dari enam speaker. Makin signifikan lagi, kokpitnya sekarang full digital. Atau disebut digital meter cluster LCD ukuran 8 inci, menampilkan ragam informasi penting. Tampilannya pun bisa dipersonalisasi sesuka hati. Ada juga auto brake hold, multi around view monitor, desain baru AC dual zone, dan auto dimming rear-view mirror serta hand free steering switch.


Mitsubishi remote control juga jadi fasilitas anyar. Berupa aplikasi ponsel pintar untuk mengoperasikan beberapa fungsi. Seperti tailgate operation, maksudnya bisa membuka kunci maupun bagasi dari sentuhan gawai. Berikut menutup lagi saat Anda meninggalkan kendaraan. Notifikasi juga bakal muncul di ponsel memberi tahu status pintu terkunci, dalam keadaan nyala atau mati, serta sistem kendaraannya sendiri. Data seputar bahan bakar sampai informasi perjalanan juga terekam komplet di sana. Meski baru ada di seri Dakar ke atas.


Baru soal keamanan bisa dipertimbangkan. Sebab seri anyar punya Blind Spot Warning dan Lane Change Assist. Dibaca oleh sensor di sekeliling bodi. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) juga jadi salah satu sistem yang diperbaharui. Sisanya, kurang lebih masih serupa. (Hlm/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Jelajahi Mitsubishi Pajero Sport 2021

Tampak Grille Pajero Sport 2021
Mitsubishi Pajero Sport Rp 502,8 - Rp 733,7 Juta Cicilan Mulai : Rp 11,47 Juta
Lihat Promo