Tantang Voxan Wattman, WMC250EV Incar Rekor Kecepatan Motor Listrik

WMC250EV

Kejar-kejaran rekor juga terjadi di dunia sepeda motor listrik. White Motorcycle Concepts (WMC) salah satu yang punya ambisi itu. Maka dirancanglah motor niremisi superkencang yang diberi nama WMC250EV. Ini bisa jadi pamer teknologi untuk masa depan superbike listrik.

WMC didirikan oleh Robert White, seorang insinyur yang sudah terjun selama 24 tahun di ajang olahraga motor dan mobil. White Motorcycle Concepts merupakan platform untuk ide-idenya untuk memikirkan kembali cara sepeda motor dirancang. WMC250EV adalah salah satu gagasan yang direalisasikan. Unitnya menampilkan beberapa inovasi, paling menonjol tampak dari sisi aerodinamis yang menakjubkan.

Tujuan Robert White dan tim menciptakan WMC250EV memang untuk memecahkan rekor kecepatan sepeda motor listrik. Sebagai informasi, rekor dunia sepeda motor listrik tercepat saat ini dipegang oleh Voxan Wattman. Dengan torehan 228,006 mph atau 366,941 kpj.

WMC

Desain WMC250EV boleh dibilang jauh dari kesan konvensional di kelas EV. Beberapa atribut aerodinamis tampak jelas. Seluruh bodi dibuat landai untuk melancarkan angin ke belakang. Paling menonjol terdapat lubang menganga besar yang jatuh tepat di tengah. Tampak seperti terowongan udara dan mereka menyebutnya V-air. Menghasilkan desain motor paling efisien secara aerodinamika.

Udara dipaksa melewati bagian tengah alih-alih mengelilinginya seperti kebanyakan motor. Diklaim hambatan bisa berkurang hingga 70 persen. Teknologi itu mengambil inspirasi dari dunia Formula 1, membuatnya menjadi sangat licin sehingga dapat menembus angin dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Felo FW06, Cerminan Masa Depan Italjet Dragster Tapi Berjantung Modern

WMC250EV

Struktur bodi dibentuk dari serat karbon. Bodywork, palang, hingga kursi pengendara. Subframe dan sasis bawah pakai aluminium billet yang berfungsi ganda sebagai wadah untuk elektronik dan paket baterai lithium-ion.

Beberapa manfaat aero bisa didapat secara maksimal kala menempatkan pengendara dalam posisi tengkurap. Itu membuat seluruh sepeda motor lebih rendah. Ide WMC dimaksudkan untuk menjadi salah satu EV tercepat yang dapat dibawa ke jalan raya. Memang, selain posisi kaki pengendara yang sangat tinggi di atas land speed bike, posisi riding juga tidak terlalu ekstrem. Ketinggian jok kira-kira setinggi Yamaha R6.

“Kami ingin menunjukkan bahwa konsep tersebut dapat diadopsi ke dunia nyata. Dan dalam hal ini Anda membutuhkan pengendara dan pusat gravitasi yang cukup tinggi untuk memungkinkan pengendara mengubah motornya,” kata White.

Tenaga berasal dari tata letak dan pasokan listrik yang unik. Baterai berada di bagian bawah untuk pusat gravitasi dan distribusi bobot yang baik. Masing-masing roda diberikan motor listrik ganda. Perusahaan menyebut fitur ini D-Drive. Depan dua baterai 20kWh dan belakang 30kWh. Yang berarti secara total motor ini memiliki daya 100kWh atau sekitar 134 Hp jika kita mengubahnya menjadi angka normal. Sementara pengereman regeneratif juga telah dimasukkan untuk menghemat daya yang terbuang dan menggunakannya untuk mengisi ulang baterai.

Sebagian besar seluruh komponen terbuat dari serat karbon dan aluminium. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk menjaga berat badan hingga 300 kg. Saat ini, rekor kecepatan ada di angka 228 Mph, tetapi WMC250EV diklaim bisa mencapai 250 Mph atau 402 kpj. (Bgx/Odi)

Sumber: Cycleworld, Bennetts

Baca Juga: Mirip Vespa, Ini Adalah Skuter Listrik asal Tiongkok Bernama Rider 5000

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang