Tesla Akhirnya Punya Tuner Resmi

tesla model 3 ascension

Pernah dengar Unplugged Performance? Kalau belum tidak perlu sedih. Kami juga baru-baru saja mendengar tuner ini. Unplugged Performance (UP) adalah modifikator produk mobil listrik Tesla. Bengkel ini jadi sangat istimewa karena ditunjuk sebagai Authorized Service and Body Repair Shop pertama. Di luar bengkel milik Tesla sendiri. Inikah tuner resmi Tesla? Sangat bisa jadi.

Perusahaan berbasis di Los Angeles Amerika Serikat ini mengungkapkan kalau hubungan baik yang terjalin selama delapan tahun belakangan membawa berkah. “Teknisi (UP) sudah mendapatkan pelatihan resmi dari Tesla, kami juga sudah mendapatkan akses (alat dan software) diagnostik kendaraan, perlengkapan yang sesuai standar Tesla sekaligus akses langsung untuk suku cadang,” begitu bunyi pernyataan di akun Instagram mereka.

Ini langkah awal yang bagus untuk Tesla sendiri. UP sebetulnya dikenal bukan sebagai bengkel biasa. Tapi kondang sebagai tuner hebat terutama untuk mobil-mobil Tesla. Kalau mau bayangkan, sekarang mereka macam Alpina untuk BMW, Mugen di Honda atau Brabus yang menggarap Mercedes-Benz. Siapa tahu, nantinya bakal bernasib seperti AMG, yang awalnya independen kemudian diambil dan dilebur ke dalam group Daimler.

Baca Juga: Citroen My Ami Cargo, Mobil Listrik Mungil untuk Kebutuhan Komersial

Melepaskan Potensi Tesla

Tesla model s apex

Meski bukan pertama kali juga ada teknisi bengkel umum yang mendapatkan pelatihan dari Tesla, tapi Unplugged memang lain. Mereka kerap memodifikasi produk Tesla yang digunakan untuk balapan. Contohnya Model 3 Performance, yang tahun lalu memecahkan rekor lap sirkuit Laguna Seca, Agustus 2020 lalu. Uniknya, catatan terbaik yang dipecahkan adalah milik Tesla Model S Plaid Prototype. Salah satu Tesla paling ganas yang ada. Waktunya? Hampir satu detik lebih cepat. Hebatnya, ini semua tidak sengaja.

“Harapan kami di Laguna Seca hanyalah untuk memvalidasi mobil dan untuk memastikan kami aman untuk (turun di balapan) Pikes Peak. Ini benar-benar mengejutkan ketika berhasil mengalahkan waktu Model S Plaid yang perkasa. Yang gila adalah kami masih memiliki banyak modifikasi tambahan yang sedang disiapkan dan belum mendekati potensi penuh,” kata Ben Schaffer, CEO Unplugged Performance.

Baca Juga: Motor Hybrid Listrik-Hidrogen Rancangan Segway Akan Dirilis 2023

Modifikasi Suka-suka Tesla

tesla model 3

Ben dan timnya juga menyediakan modifikasi untuk khalayak pemilik Tesla umum. Bahkan yang satu ini diakui oleh Elon Musk sendiri sejak 2018 lalu. Seperti dikutip saat sesi podcast dengan komedian Joe Rogan waktu itu. Ia suka dengan hasil karya mereka. Terutama S-APEX, racikan UP berbasis Tesla Model S P100D.

Perubahannya terlihat kosmetikal. Tapi ini sangat signifikan mereduksi bobot sekaligus meningkatkan kedinamisan pengendaraan dan pengendalian. Dimulai dengan imbuhan wide body kit, pelek sporty ultra ringan, tambahan aerodinamika carbon fiber di beberapa titik, ban high performance, rem carbon ceramic hingga shockbreaker khusus racikan mereka sendiri.

Nah, yang mau seperti itu dipersilahkan pesan. Tapi tidak terbatas pada komponen tadi. Langkahnya, konsumen dipersilahkan membawa sendiri mobil Tesla yang akan dimodifikasi. Kemudian UP akan menyediakan berbagai opsi untuk dipilih. Interior, eksterior, handling. Material juga beragam mulai dari kain biasa hingga alcantara untuk di kabin, carbon fiber hingga titanium untuk di bagian lainnya. Terserah yang pesan.

Kalau sudah seperti ini, Tesla bakal sejajar dengan merek-merek mahal tadi. Yang punya sarana personalisasi kendaraan sesuai keinginan. (Ddn/Odi)

Sumber: Elektrek, Unplugged Performance

Baca Juga: Tesla Cybertruck Bisa Dipesan Lewat Prestige, Siapkan Tanda Jadi Rp100 Juta

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Tesla Unggulan