Test Drive All New Hyundai Santa Fe ke Kamojang, Bisa Seirit Ini

test drive All New Santa Fe

Hyundai Indonesia (HMD) menggelar media drive All New Santa Fe series. Perjalanan dimulai dari daerah Padalarang menuju Kawah Kamojang Garut, Jawa Barat. Jalanan dilewati relatif beragam. Mulai dari tol hingga wilayah perbukitan berkelok cocok untuk melihat seperti apa kapabilitas dalam menunjang aneka mobilitas pengguna. Termasuk mengetahui gambaran seberapa irit varian Calligraphy hybrid meminum bensin. 

KEY TAKEAWAYS

  • Ajak All New Santa Fe ke kawah Kamojang

    Efisiensi BBM bisa tembus 17 km/liter
  • Baca Juga: Hyundai Menyiapkan Model N Lagi pada Akhir Tahun

    Ketika masuk tol Purbaleunyi hingga keluar Cileunyi, dengan mode berkendara Eco. All New Santa Fe Calligraphy didapat mengonsumsi BBM 17,2 km/liter berdasarkan catatan MID. Gaya berkendara normal, sesuai dengan pergerakan rombongan (konvoi). Kecepatan maksimal sekitar 100 km/jam saja. Tidak berlebih dan tak banyak memacu RPM tinggi. 

    konsumsi bbm Santa Fe hybrid

    Nah, begitu menaiki wilayah perbukitan dan berhenti di tempat peristirahatan sementara (GCK Kamojang). Konsumsi bensin lebih besar, karena memang kendaraan butuh dorongan dan traksi lebih untuk menanjak. Hasilnya sempat didapat 14 km/liter. Namun ketika sampai di destinasi pertama menjadi 13,6 km/liter. 

    Di sini penguji OTO.com merasa tidak kerepotan dalam menaklukkan aneka tanjakan Kamojang. Karena sistem secara cerdas bisa menentukan sendiri kapan berubah menjadi EV mode secara otomatis. Termasuk menggunakan penggerak mesin turbo guna memberi tenaga lebih buat menanjak. Dan hebatnya, perpindahan sistem hybrid berjalan sangat mulus. Tak ada hentakan atau raungan mesin berarti. 

    Untuk diketahui, All New Hyundai Santa Fe Hybrid menggunakan enjin 1,6 liter turbo. Kalau hanya dari mesin ICE, keluaran tenaga mencapai 180 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 265 Nm sejak 1.500 rpm hingga 4.500 rpm. Sedangkan motor listrik memberi daya 44,2 kW (60 PS) serta momentum puntir 264 Nm dari 1.700 rpm. Distribusi power ke ban mengandalkan transmisi otomatis enam percepatan. Maka tak ayal, kalau ia begitu perkasa melibas aneka jalanan. 

    Menurut pabrikan, All New Santa Fe memang dirancang agar menghasilkan efisiensi daya terbaik. Juga agar asupan bahan bakar optimal walau tenaga dan torsi besar dibuncahkan. Dengan semangat ‘Live Bigger’ yang menekankan optimalisasi dalam berbagai sektor inovasi kendaraan. All New Santa Fe siap menjadi teman berbagai petualangan dan aktivitas berkendara. 

    Ia mantap bersaing di dalam pasar otomotif bareng rival sejawat, seperti All New Honda CR-V 2.0L RS e:HEV. Makanya, Hyundai menekankan karakteristik dan aneka fitur unggulan agar sanggup menjadi pemenang di hati konsumen. Rancang bangun pun dibesut dan diformulasikan secara matang agar mencuatkan desain gagah sekaligus mengantongi rangkaian fitur inovatif. (Alx)

    Baca Juga: Hyundai Tucson Terbaru Meluncur dengan Dua Pilihan Mesin

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Wuling Perkenalkan 3 Modifikasi Mitra EV Hasil Karoseri Untuk Berbagai Kebutuhan
      Wuling Perkenalkan 3 Modifikasi Mitra EV Hasil Karoseri Untuk Berbagai Kebutuhan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Demi Kestabilan Industri, Menperin Minta Produsen Jepang Tidak Naikkan Harga Mobil
      Demi Kestabilan Industri, Menperin Minta Produsen Jepang Tidak Naikkan Harga Mobil
      Anjar Leksana . Hari ini
    • GAC Aion Ekspansi Dealer ke Jogja, Lengkap Sediakan Fasilitas 3S
      GAC Aion Ekspansi Dealer ke Jogja, Lengkap Sediakan Fasilitas 3S
      Setyo Adi . Hari ini
    • 10 Mobil Pencuri Perhatian Debut di Goodwood Festival of Speed 2025
      10 Mobil Pencuri Perhatian Debut di Goodwood Festival of Speed 2025
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Mercedes-Benz C 200 Avantgarde Line Resmi Diperbarui, Siap Tampil di GIIAS 2025
      Mercedes-Benz C 200 Avantgarde Line Resmi Diperbarui, Siap Tampil di GIIAS 2025
      Anjar Leksana . 14 Jul, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Menperin Tegaskan Insentif Mobil LCGC Berlanjut hingga 2031 dan Mau Evaluasi Kebijakan
      Menperin Tegaskan Insentif Mobil LCGC Berlanjut hingga 2031 dan Mau Evaluasi Kebijakan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Cicilan Suzuki Fronx Varian Murah GL AT dengan DP 20 Persen
      Cicilan Suzuki Fronx Varian Murah GL AT dengan DP 20 Persen
      Anjar Leksana . Hari ini
    • GAC Aion Buka Diler di Yogyakarta, Optimisme Pasar EV
      GAC Aion Buka Diler di Yogyakarta, Optimisme Pasar EV
      Setyo Adi Nugroho . 14 Jul, 2025
    • Menperin Minta Pabrikan Jepang Tidak Naikkan Harga Mobil, Upayakan Deregulasi dan Insentif Fiskal
      Menperin Minta Pabrikan Jepang Tidak Naikkan Harga Mobil, Upayakan Deregulasi dan Insentif Fiskal
      Anjar Leksana . 14 Jul, 2025
    • Chery Tiggo 8 CSH Tembus 2.500 SPK, PHEV Terlaris di Indonesia
      Chery Tiggo 8 CSH Tembus 2.500 SPK, PHEV Terlaris di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 14 Jul, 2025
    • Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
      Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
      Setyo Adi Nugroho . 14 Jul, 2025
    • Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
      Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
      Setyo Adi Nugroho . 10 Jul, 2025
    • Mengenal Ferrari Amalfi, Coupe V8 Twin-Turbo Elegan Sang Penerus Roma
      Mengenal Ferrari Amalfi, Coupe V8 Twin-Turbo Elegan Sang Penerus Roma
      Muhammad Hafid . 09 Jul, 2025
    • Kenali Daihatsu Ayla X: City Car Ekonomis dan Cocok Buat Harian
      Kenali Daihatsu Ayla X: City Car Ekonomis dan Cocok Buat Harian
      Muhammad Hafid . 08 Jul, 2025
    • Perbandingan Dua EV Kompak Terkini, GWM Ora 03 dan GAC Aion UT
      Perbandingan Dua EV Kompak Terkini, GWM Ora 03 dan GAC Aion UT
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
    • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
    • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
      Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025