TEST RIDE: Vespa GTS Super 150, Smooth But Not a Criminal

BOGOR, 9 Juli 2019 – Begitu nama Vespa disebut, ingatan saya selalu melayang puluhan tahun lalu. Inilah merek motor pertama saya belajar mengendarai sepeda motor. Saya ingat betul paman saya memiliki Vespa LX dengan warna hijau yang ia pakai sehari-hari. Nah, akhir pekan kemarin, PT Piaggio Indonesia mengundang Motovaganza mengikuti ‘Media Experience Vespa GTS Super 150’. Kami riding dari Kemang Jakarta melewati Bogor menuju Cisarua, dengan jarak tempuh sekitar 77,4 kilometer. “Kegiatan riding ini memberikan kesempatan kepada rekan-rekan media untuk merasakan sensasi kenyamanan dan keunggulan dari keluarga Vespa “big body”, yaitu Vespa GTS Super 150. Enjoy the whole day,” kata Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia saat melepas riding kami. Saat pembagian motor, saya mendapat waran yang asik Yellow Sole (kuning). Ini merupakan satu dari 4 warna yang tersedia yang bisa dipilih konsumen yaitu Black Volcano (hitam), Red Passione (merah), dan White Innocenza (putih).

Desain

Serangkain perubahan dilakukan Vespa pada Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini,” kata Robby Gozal, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia. Untuk penyegaran dari sisi desain, terlihat pada bagian lampu utama berbentuk bulat yang kini sudah menggunakan teknologi LED yang menggantikan bohlam di varian sebelumnya. Begitu juga dengan lampu belakangnya yang dilengkapi DRL melingkar yang juga LED pada lampu remnya. Penyegaran gaya pada motor ini juga terlihat pada desain front tie atau dasi depan yang baru, chromed horn cover, dan chromeplated crest terbaru pada mudguard depan. Kemudian penyegaran detil estetika lainnya seperti spion chrome desain baru dan motif honeycomb terbaru yang terletak di kedua sisi shield. Vespa GTS Super 150 i-get ABS terbaru juga menghadirkan desain LCD dashboard dan dua pelek 12 inci berwarna black glossy. Cakep. Baca juga: Vespa GTS Super 150 i-get ABS Diluncurkan, Begini Besaran Harganya Baca juga: REVIEW: Vespa GTS Super 150 i-get ABS, Big Scooter di Tubuh Mungil Baca juga: 3.000 Vespa Meriahkan Vespa World Days di Hungaria, Tahun 2020 di Bali Lho!

Riding Position

Skuter premium ini mendapatkan desain jok juga baru. Terlihat lebih elegan dengan lekukan yang mengikuti bentuk paha dan kaki. Desain jok baru membuat pantat tak cepat capek dan panas meski harus menempuh perjalanan jauh. Untuk menambah kenyamanan berkendara, New Vespa GTS Super 150 i-get ABS juga memiliki banyak fitur terbaru seperti USB port, bike finder, Electric Remote Opening System on Saddle dan start-stop engine. Skuter ini dilengkapi dengan sebuah instrument panel yang telah diperbarui dan mampu memberikan informasi berkendara yang lebih detail,  

Performa

Start-stop engine membuat Vespa GTS Super 150 ini sangat gampang dihidupkan, tinggal tekan rem dan pencet tombol, mesin akan menyala. Suaranya cukup halus. Nah, sekarang waktunya memulai perjalanan. Rute awal yang kami tempuh dari Kemang, Pasar Minggu, Margonda, Jalan Raya Bogor, menuju Bogor. Jalanan sudah mulai ramai dengan motor dan mobil. “Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini menggunakan mesin yang baru,” kata Yudi Riswanto Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia. Berbeda dengan Vespa GTS 150 edisi sebelumnya, GTS edisi terbaru ini menggendong mesin i-Get 4-langkah, silinder tunggal, SOHC, dengan kepala silinder diisi 4 klep dengan kem tunggal, spesifikasi mesin yang mirip dengan Piaggio Medley 150. Saya merasakan performa mesin baru berkapasitas 155.1 cc ini sangat mumpuni. Tinggal betot gas, Anda tak pernah kehilangan tenaga.

Handling

Disebutkan jika mesin ini memiliki maximum power 10,8 kW @ 8.250 rpm dan maximum torque 13,5 Nm @ 6.750 rpm. Rasanya menyenangkan memainkan tuas gas. Tenaga sejak awal terasa smoth dan berisi. Jika dipintir lebih dalam, motor akan dengan cepat melesat. Mesin ini dilengkapi sistem pendinginan Liquid Cooled dan teknologi mesin i-get (Italian Green Experience Technology) yang memberikan kekuatan lebih dengan konsumsi bahan bakar efisien. Sedangkan transmisi sudah mengadaptasi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission). Di beberapa titik kami bertemu dengan kemacetan. Vespa GTS Super 150 memiliki dimensi panjang 1950 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 800 mm, terasa besar bagi kami ketika menunggangi GTS150 i-get ini. Namun dengan wheelbase 1350 mm, motor ini lumayan lincah diajak manuver ketika nyelip-nyelip di antara kendaraan lain. Saat memasuki Bogor saya mencoba membetot motor ini agak cepat. Ternyata speedometer menunjukkan angka 80-100 km/jam cukup cepat. Oh ya, sistem keamanan motor ini juga mumpuni. Vespa GTS Super 150 ini dilengkapi sistem pengeraman dilengkapi ABS kanal ganda, rem depan cakram 220 mm, dan cakram juga dengan ukuran 220 mm untuk bagian belakang. Sistem pengereman berteknologi ABS ini membuat saya percaya diri melakukan pengeraman keras. Hentakan pedal rem terasa tidak terlalu menghentak, sehingga pengendara tidak merasa kaget saat sistem ABS bekerja. Dengan berbagai pembaharuan dan fitur yang dimilikinya, tak rugi jika merogoh kocek Rp 58 juta on the road Jakarta. Selain gaya dan nyaman dibawa jalan-jalan, Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini juga ciamik ketika diajak touring. RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Sunra Tawarkan Motor Listrik Harga Terjangkau di PEVS 2025
    Sunra Tawarkan Motor Listrik Harga Terjangkau di PEVS 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Banyak Pabrikan Motor Listrik Cina Ramaikan Pameran PEVS 2025
    Banyak Pabrikan Motor Listrik Cina Ramaikan Pameran PEVS 2025
    Anjar Leksana . 29 Apr, 2025
  • Satu Dekade Mengaspal, Yamaha Nmax Tetap Jadi Skutik Premium Favorit di Indonesia
    Satu Dekade Mengaspal, Yamaha Nmax Tetap Jadi Skutik Premium Favorit di Indonesia
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • CBR Series Dominasi ARRC Buriram 2025: Astra Honda Borong Podium
    CBR Series Dominasi ARRC Buriram 2025: Astra Honda Borong Podium
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Cetak Sejarah, Marc Marquez Gagal Bersinar
    MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Cetak Sejarah, Marc Marquez Gagal Bersinar
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025