Test Yamaha M1 2020: Rossi Tak Puas, Vinales Acuh Tak Acuh

Brno, 6 Agustus 2019 - Valentino Rossi menguji Yamaha M1 2020 pada sesi tes di Brno. Kabar ini tentu terdengar merdu bagi para penggemar Rossi karena berbekal motor baru, Rossi tentu diharapkan kembali mampu berkompetisi dengan para pesaingnya. Tetapi apa benar demikian? Benarkah prototipe Yamaha M1 2020 telah berhasil memenuhi keinginan The Doctor dan Vinales?

Tampak menggunakan fairing serat karbon, terlihat sekali Yamaha telah sangat siap menghadapi musim kompetisi 2020. Berbekal waktu pengembangan yang dihabiskan dengan sangat baik, Yamaha sangat senang melihat Maverick Vinales sangat kompetitif, dan Rossi membukukan posisi keenam dalam sesi uji coba.

Direktur Tim Massimo Meregalli menjelaskan lebih banyak tentang area yang telah dicoba untuk ditingkatkan pada Yamaha M1 2020. Khususnya pada persoalan tenaga dan mesin. Dua hal yang paling sering dikritik oleh para pembalap Yamaha.

Selain itu, mereka juga menjajal mesin berbeda dan pengaturan sasis yang juga berbeda. Namun, Yamaha menegaskan, hal ini barulah permulaan dan sudah sangat baik. Selanjutnya prototipe 2020 kembali akan diuji di Misano.

“Secara keseluruhan, umpan balik pengendara telah positif, sehingga kami dapat puas dengan kemajuannya, meskipun itu hanya langkah pertama. Pada akhirnya, semua Yamaha berada di 6 teratas dan waktunya sama, menunjukkan kita secara kolektif menuju ke arah yang benar. Kami akan memeriksa semua data yang kami kumpulkan di sini, baik selama tes hari ini dan akhir pekan GP terakhir. Insinyur Yamaha akan menyiapkan langkah selanjutnya untuk maju sesuai, " jelas Massimo Meregalli.

Rossi dan Vinales juga menjajal ban baru yang disuplai oleh Michelin. Namun, berbeda dengan Rossi, Vinales lebih memilih untuk berkonsentrasi pada motor 2019 tunggangannya, ketimbang model prototipe.

Lalu, bagaimana pendapat Maverick Vinales tentang pengembangan motornya? Pembalap berkebangsaan Spanyol ini menyebut hanya ingin fokus pada balapan di Austria.

Sementara Rossi menyebut, ada sedikit harapan, tetapi dia membutuhkan lebih dari itu. "Kami butuh kuda pacu,” kelakarnya, setelah menjajal motor baru Yamaha di Brno. “Saya tidak berharap banyak dari uji coba pertama. Ini bukanlah hari disaat kami membuat perbedaan, tetapi mesin baru ini hanya sedikit lebih kuat dari mesin lama,” ujarnya.

“Seperti yang saya sampaikan. Saya tidak merasakan perbedaan signifikan pada sektor tenaga, dan tentu kami butuh lebih. Bagimana pun juga, kami akan mendapatkan hal baru ketika sesi pengujian di Misano akhir bulan ini, dan sesi pengujian di Valencia pada bulan November,” jelasnya lebih lanjut.

 

 

 

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda