Tiga Produk DFSK yang Bisa Dibikin Jadi Ambulans

DFSK super cab

Melihat peluang tingginya permintaan kendaraan medis, DFSK Indonesia kepincut untuk ikut bermain. Pihak pabrikan pun kerja sama dengan PT Ambulance Pintar Indonesia (API) untuk meramu ulang peranti kabin maupun eksterior sesuai keperluan. Setidaknya mereka menawarkan tiga model ambulans: Gelora, Glory 580 serta Super Cab.

“DFSK melihat pasar kendaraan ambulans ini cukup besar. Khususnya setelah pandemi terjadi di Indonesia. Bahkan ketika dipelajari lebih lanjut oleh tim internal kami. Ternyata permintaan kendaraan ambulans ini beraneka ragam. Bahkan bisa dipenuhi oleh lini kendaraan yang ditawarkan oleh perusahaan kami,” ungkap Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, dalam diskusi santai bareng DFSK (16/11).

Gelora Ambulans

DFSK Gelora ambulans

Berdasar klaim pabrikan. Seluruh perlengkapan dan kebutuhan sebuah kendaraan ambulans bisa dipenuhi DFSK Gelora. Nilai yang ditonjolkan ialah dimensi lapang. Panjang mobil mencapai 4.500 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 2.000 mm. Sedangkan untuk model blind van, panjang kabin mencapai 2,63 meter (luas 4,8 meter kubik). Mobil sangat memungkinkan tatkala dirombak menjadi ruang medis ambulans pembawa pasien.

Adapun spesifikasi yang ditawarkan, mencakup ubahan di semua sektor. Untuk tampilan luar, ambulans bisa dilengkapi dengan LED light bar oval, sirene, spotlight, logo dan tulisan standar Ambulance. Sedangkan kelengkapan kabin, terdapat opsi landasan stretcher, lampu operasi, tabung oksigen, kotak P3K, gantungan infus. Serta berbagai kebutuhan lain yang jadi standar kendaraan medis.

Jantung mekanis terpasang diklaim memiliki enaga yang andal, kuat nan responsif. Tertancap mesin berkode DK 1.500 cc DVVT. Semburan tenaga mencapai 110 PS di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm, diraih sejak 3.200 rpm sampai 4.000 rpm. Daya ini kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 5-percepatan manual.

Baca Juga: Kebutuhan Tinggi, DFSK Rilis Gelora Versi Ambulans

Glory 580 Ambulans

DFSK Glory 580

Tak hanya armada biasa. Untuk fleet market, DFSK menawari VIP ambulans lewat Glory 580 CVT. Ia dilengkapi dengan LED light bar oval, sirene, spotlight, logo dan penunjuk armada kesehatan standar. Sedangkan bagian interior, terdapat pilihan landasan stretcher, lampu pperasi, tabung oksigen, kotak P3K. Kemudian gantungan infus dan berbagai kebutuhan lain lazimnya kendaraan ambulans.

“Kami melihat dalam kondisi sekarang ini ada kebutuhan kendaraan ambulans VIP dengan desain yang lebih elegan, mewah dan berkelas. Oleh karena itu, DFSK mencoba berinovasi dengan menawarkan kendaraan ambulans berbasis DFSK Glory 580. Ini bisa menjadi pilihan konsumen yang membutuhkan kendaraan ambulans eksklusif," ucap Major Qin, Deputy Marketing Director PT Sokonindo Automobile.

Unit ditunjang ruang kabin lega serta ground clearance kendaraan mencapai 200 mm. Dikatakan sanggup melewati berbagai lanskap jalanan di Indonesia. Di balik kap, bersemayam mesin 1.500 cc turbocharged bertenaga 150 PS. Kemudian besaran torsi maksimal 220 Nm. Fitur keselamatan juga tergolong cukup. Mulai dari empat airbags untuk penumpang depan, rem Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), hingga kamera parkir.

Baca Juga: Deretan Mobil Ini Bisa Beralih Fungsi Jadi Ambulans

Super Cab Ambulans

DFSK SUper Cab Ambulans

Yang jadi model ambulans lain yakni DFSK berbasis Super Cab. Namun ditukangi kembali oleh PT API. Kini unit memiliki panjang kabin 2,3 meter, lebar 1,75 meter tinggi 1,55 meter. Sedang panjang keseluruhan 3,5 meter. Varian tersuguh berasal dari Super Cab 1.3T Diesel dan 1.5L Gasoline. Konsumen fleet dapat memilih penggunaan mesin diesel 1.300 cc turbocharged bertenaga 75 PS dan torsi 190 Nm. Sementara mekanikal pacu bensin 1.500 cc membuncah daya 102 PS plus momen puntir maksimal 140 Nm.

Menurut DFSK, armada sangat cocok untuk dipakai di jalan perkotaan. Ia menggunakan sasis Nine-Horizontal dan Two-Longitudinal beams. Konstruksi ini, klaim pabrikan, sudah teruji memberikan stabilitas dan kekuatan lebih baik. Cocok guna menempuh berbagai medan dengan beban tinggi. Mereka tidak bisa sembarang menunjuk karoseri karena sudah diverifikasi dari tim internal. Sehingga ubahan bodi tidak mengganggu garansi. (Alx/Odi)

Baca Juga: DFSK Gelora Mulai Dijual, Paling Murah Rp 169 Juta

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil DFSK Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil DFSK dari Carvaganza

  • IIMS 2024: DFSK Tawarkan Program Kredit Spesial Untuk Seres E1
    IIMS 2024: DFSK Tawarkan Program Kredit Spesial Untuk Seres E1
    Muhammad Hafid . 20 Feb, 2024
  • Beli Mobil Listrik DFSK, Ada Promo Spesial Selama Januari 2024
    Beli Mobil Listrik DFSK, Ada Promo Spesial Selama Januari 2024
    Anjar Leksana . 23 Jan, 2024
  • Sedan Sport Listrik Dongfeng eπ Siap Debut Bulan Ini, 0-100 KM/Jam Bisa 3 Detik
    Sedan Sport Listrik Dongfeng eπ Siap Debut Bulan Ini, 0-100 KM/Jam Bisa 3 Detik
    Muhammad Hafid . 09 Jan, 2024
  • DFSK Sudah Mulai Produksi Seres E1 di Indonesia
    DFSK Sudah Mulai Produksi Seres E1 di Indonesia
    Setyo Adi . 18 Des, 2023
  • DFSK & Seres Pamer Kendaraan Elektrifikasi di GIIAS Bandung 2023
    DFSK & Seres Pamer Kendaraan Elektrifikasi di GIIAS Bandung 2023
    Muhammad Hafid . 23 Nov, 2023

Artikel Mobil DFSK dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Tertarik Beli DFSK Gelora E, Simak Skema Kreditnya di IIMS 2024
    Tertarik Beli DFSK Gelora E, Simak Skema Kreditnya di IIMS 2024
    Muhammad Hafid . 24 Feb, 2024
  • Seres Siapkan Program Kepemilikan E1 Khusus di IIMS 2024
    Seres Siapkan Program Kepemilikan E1 Khusus di IIMS 2024
    Muhammad Hafid . 20 Feb, 2024
  • DFSK Imingi-imingi Pembelian Mobil Listrik dengan Voucher PLN Jutaan Rupiah
    DFSK Imingi-imingi Pembelian Mobil Listrik dengan Voucher PLN Jutaan Rupiah
    Anjar Leksana . 22 Jan, 2024
  • DFSK Imingi-imingi Pembelian Mobil Listrik dengan Voucher PLN Jutaan Rupiah
    DFSK Imingi-imingi Pembelian Mobil Listrik dengan Voucher PLN Jutaan Rupiah
    Anjar Leksana . 22 Jan, 2024
  • Mobil Listrik Mogok Tak Boleh Sembarangan Diderek, Ini Alasannya
    Mobil Listrik Mogok Tak Boleh Sembarangan Diderek, Ini Alasannya
    Anjar Leksana . 11 Jan, 2024
  • Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
    Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
    Setyo Adi Nugroho . 30 Agu, 2023
  • 4 Hal yang Membuat DFSK Glory 560 Layak Jadi Alternatif Pilihan
    4 Hal yang Membuat DFSK Glory 560 Layak Jadi Alternatif Pilihan
    Raju Febrian . 26 Mar, 2021
  • Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto
    Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto
    Ahmad Karim . 15 Agu, 2020
  • Adu Canggih DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz
    Adu Canggih DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz
    Muhammad Hafid . 24 Jul, 2020
  • Belum Siap Pinang Mobil Cina? Ini Pilihan SUV 7-Seater Bekas Seharga DFSK Glory 560
    Belum Siap Pinang Mobil Cina? Ini Pilihan SUV 7-Seater Bekas Seharga DFSK Glory 560
    Helmi Alfriandi . 09 Jun, 2019
  • Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 2): Rayuan Mekanikal Pacu 1.5L Turbo, Seberapa Cuan?
    Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 2): Rayuan Mekanikal Pacu 1.5L Turbo, Seberapa Cuan?
    Anjar Leksana . 18 Sep, 2020
  • Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 1): Menimbang Gimik Taburan Fitur Pelengkap
    Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 1): Menimbang Gimik Taburan Fitur Pelengkap
    Anjar Leksana . 17 Sep, 2020
  • Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-2)
    Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-2)
    Rizki Satria . 25 Sep, 2019
  • Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-1)
    Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-1)
    Rizki Satria . 25 Sep, 2019
  • First Drive DFSK Glory 560: SUV Termurah Se-Indonesia
    First Drive DFSK Glory 560: SUV Termurah Se-Indonesia
    Ardiantomi . 04 Mei, 2019