Toyota Coms Lolos Uji Tipe, Mungkinkah Dijual?

Toyota Coms

Toyota Astra Motor (TAM) memang belum punya produk kendaraan listrik murni (EV). Namun dalam paparan daftar kendaraan setrum yang lolos uji tipe Kementerian Perhubungan, sudah ada model terdaftar. Tertera ZAD-TAK30 (4x2) AT, alias Toyota Coms. Kalau sudah lulus uji, menandakan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan di Indonesia. Besar kemungkinan siap dijual untuk pasar Indonesia.

Sebetulnya kemunculan Coms sempat diisyaratkan oleh salah satu petinggi TAM, tatkala merilis mobil hybrid. “Dengan kedatangan Prius PHEV ini, kami berharap dinamika pasar kendaraan elektrifikasi semakin tinggi. Sehingga tujuan untuk akselerasi kendaraan elektrik bisa tercapai. Ke depannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami tentu bakal terus melengkapi segmen mobil di Indonesia dengan berbagai line-up. Termasuk Battery Electric Vehicle (BEV),” terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, beberapa waktu lalu.

Walau ekosistem pasar mobil listrik murni belum terbentuk. Setidaknya jika kelak TAM merilis Coms, maka senada dengan canangan pemerintah soal mobilitas niremisi. Ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan. Belum lagi beleid dari Bank Indonesia yang mencoba merangsang konsumen berupa iming-iming uang muka 0 persen bagi mobil BEV.

Baca Juga: Toyota Camry XV50 Bekas, Sedan Pejabat Seharga Toyota Vios

Toyota Coms

Spesifikasi

Coms sementara ini diproduksi menggunakan jenis baterai timbal asam konvensional, bukan lithium ion. Penyimpan daya ini dipakai untuk mengaliri tenaga dari motor penggerak tunggal. Daya terpancar sekitar 6,8 PS kemudian dorongan torsi puncak 40 Nm dari spesifikasi global. Energi kinetik disalurkan ke roda belakang via direct drive.

Kemungkinan kinerja itu bisa berubah berdasar kebutuhan pasar dan kemampuan dinamo gerak. Lalu formulasi itu digunakan untuk menjelajah perkotaan sekitar 50 km. Waktu pengisian diturunkan menjadi sekitar enam jam hingga penuh. Generasi sebelumnya butuh delapan jam, lebih lama. Motor listrik mampu mendorong Coms dengan kecepatan sekitar 60 km/jam. Kapasitas muatan bagasi diperkirakan lebih dari 30 kg. Unit tersedia dalam dua varian, P.COM sebagai mobil pribadi dan B.COM untuk teman bisnis.

Di Jepang Toyota Coms banyak digunakan sebagai kendaraan pengantar minuman dan barang. Atau armada logistik dalam bisnis dengan aplikasi jarak pendek. Apa cocok untuk pasar sini? Melihat tren di sana, kendaraan sangat pas bila dipakai atau jadi mitra Gojek serta Grab.

Bertubuh supermungil, Coms lahir dari racikan tangan dingin Toyota Auto Body. Rancang bangun seutuhnya dilakukan di pusat riset dan pengembangan di Jepang. Bentuk sekilas mirip i-Road namun punya banyak diferensiasi. Ia hanya berkonfigurasi single seater. Sebagai kendaraan listrik kompak, mobil dirancang untuk mobilitas perkotaan. Dari kali pertama dikenalkan pada 2000 di Tokyo Motor Show. Sekarang, profil tubuh banyak berubah.

Mobil memakai empat roda, alih-alih i-Road dengan tiga ban. Jadi seperti mobil normal untuk dikendarai.Sorot mata Toyota Coms bulat, pakai teknologi LED dengan lampu sein kuning terpisah. Kemudian sepasang fog lamp tertanam tepat di bawahnya. Ia terlihat tak memiliki grille depan, namun digantikan oleh sebuah panel sebagai lokasi pengisian baterai. Penggunaan pelek ada yang pakai model kaleng dan berpalang dual tone 12 inci. Lalu di buritan seolah memiliki patahan mirip bak pikap tapi lebih kecil. Ini memungkinkan kendaraan membawa boks tertentu. Jadi, usai lolos uji tipe kendaraan bermotor, tinggal nantikan saja kapan Toyota mengenalkan produk anyar ini. (Alx/Odi)

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik yang Mau Masuk Pasar Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • Toyota Recall SUV Mewah, Kopling Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 Berpotensi Macet
    Toyota Recall SUV Mewah, Kopling Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 Berpotensi Macet
    Setyo Adi . 25 Mar, 2024
  • Toyota Janji Hadirkan Lebih Banyak Pilihan Model Elektrifikasi di Indonesia
    Toyota Janji Hadirkan Lebih Banyak Pilihan Model Elektrifikasi di Indonesia
    Setyo Adi . 21 Mar, 2024
  • Mau Upgrade Gaya Toyota Agya? Ada Paket Menarik dari GR Garage Auto2000
    Mau Upgrade Gaya Toyota Agya? Ada Paket Menarik dari GR Garage Auto2000
    Muhammad Hafid . 15 Mar, 2024
  • Kenal Lebih Dalam Toyota Innova Zenix Hybrid, Perhatikan Ini Saat Service
    Kenal Lebih Dalam Toyota Innova Zenix Hybrid, Perhatikan Ini Saat Service
    Setyo Adi . 12 Mar, 2024
  • Toyota Pamer Seluruh Line Up Komersial di GIICOMVEC 2024
    Toyota Pamer Seluruh Line Up Komersial di GIICOMVEC 2024
    Alvando Noya . 07 Mar, 2024

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Skema Cicilan Syariah Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid 2024 dengan DP 25 Persen
    Skema Cicilan Syariah Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid 2024 dengan DP 25 Persen
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2024
  • Simulasi Kredit Syariah Toyota Avanza dan Veloz Terbaru
    Simulasi Kredit Syariah Toyota Avanza dan Veloz Terbaru
    Anjar Leksana . 23 Mar, 2024
  • GR Garage Tawarkan Paket Modifikasi untuk Toyota Agya G
    GR Garage Tawarkan Paket Modifikasi untuk Toyota Agya G
    Muhammad Hafid . 16 Mar, 2024
  • Tidak Suka Diesel Tapi Ingin Toyota Fortuner, Varian Ini Jawabannya
    Tidak Suka Diesel Tapi Ingin Toyota Fortuner, Varian Ini Jawabannya
    Anindiyo Pradhono . 15 Mar, 2024
  • Kijang Innova Zenix HEV Dominasi Pemesanan Toyota di IIMS 2024
    Kijang Innova Zenix HEV Dominasi Pemesanan Toyota di IIMS 2024
    Anjar Leksana . 28 Feb, 2024
  • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
  • Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 09 Jun, 2023
  • Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2023
  • Komparasi New Honda Brio RS Lawan All New Toyota Agya GR Sport, Mana Lebih Menarik?
    Komparasi New Honda Brio RS Lawan All New Toyota Agya GR Sport, Mana Lebih Menarik?
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2023
  • Dana Setara All New Toyota Agya GR Sport, Ini Pilihan Mobkas Paling Menarik
    Dana Setara All New Toyota Agya GR Sport, Ini Pilihan Mobkas Paling Menarik
    Setyo Adi Nugroho . 10 Apr, 2023
  • First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
    First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
    Anjar Leksana . 26 Des, 2022
  • First Drive Toyota All New Vios: Transformasi dan Fitur Bikin Naik Kelas
    First Drive Toyota All New Vios: Transformasi dan Fitur Bikin Naik Kelas
    Muhammad Hafid . 18 Nov, 2022
  • First Drive Toyota bZ4X: Layak Punya Banderol Rp1 Miliar?
    First Drive Toyota bZ4X: Layak Punya Banderol Rp1 Miliar?
    Setyo Adi Nugroho . 10 Nov, 2022
  • Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS
    Lebaran Drive: Silaturahmi Ke Rumah Saudara Naik Toyota Veloz Q CVT TSS
    Zenuar Yoga . 10 Mei, 2022
  • Test Drive Toyota Fortuner GR Sport: Mesin 2,8 Liter Jelas Mendongkrak Performa
    Test Drive Toyota Fortuner GR Sport: Mesin 2,8 Liter Jelas Mendongkrak Performa
    Alvando Noya . 25 Apr, 2022