Toyota, Subaru dan Mazda Jalin Kerja Sama Rancang Mesin Ramah Lingkungan

Toyota, Subaru dan Mazda

Tiga raksasa otomotif Jepang, Toyota, Mazda, dan Subaru, berkolaborasi mengembangkan mesin berteknologi ramah lingkungan. Masing-masing perusahaan akan memproduksi mesin khas yang kompatibel dengan teknologi elektrifikasi. Selain itu, mesin-mesin ini dirancang untuk menggunakan berbagai jenis bahan bakar netral karbon. Kolaborasi ini dimungkinkan karena Toyota memiliki sebagian saham Subaru dan sekitar 5% saham Mazda.

Namun, ketiga perusahaan ini akan tetap bersaing dalam memproduksi kendaraan dengan mesin unik mereka. Toyota akan mengembangkan mesin 4 silinder segaris, Subaru akan fokus pada mesin Boxer, dan Mazda akan mengembangkan kembali teknologi mesin rotary. Pendekatan multi-jalur ini diambil di tengah perlambatan pasar kendaraan listrik global, menandakan bahwa mesin pembakaran internal masih memiliki masa depan.

"Untuk memberikan berbagai pilihan kepada pelanggan kami dalam mencapai netralitas karbon, penting bagi kami untuk mengatasi tantangan pengembangan mesin yang sesuai dengan lingkungan energi masa depan. Ketiga perusahaan dengan aspirasi yang sama ini akan meningkatkan teknologi mesin melalui persaingan yang sehat," ujar Koji Sato, Presiden & CEO Toyota.

Komitmen mereka adalah menciptakan mesin pembakaran internal yang mendukung pelestarian lingkungan melalui dekarbonisasi. Mereka akan mengoptimalkan integrasi unit penggerak listrik dalam powertrain mereka dan menciptakan generasi hybrid baru. Selain itu, netralitas karbon juga dapat dicapai dengan beralih dari bahan bakar fosil ke solusi alternatif seperti e-fuel, biofuel, dan hidrogen cair, yang telah teruji dalam balapan.

subaru

"Mencapai masyarakat netral karbon adalah tantangan yang dihadapi oleh semua industri dan masyarakat Jepang secara umum. Sambil terus memperbaiki teknologi elektrifikasi, kami juga akan memperbaiki mesin yang beroperasi secara horizontal untuk menggunakan bahan bakar netral karbon di masa depan. Ke depannya, ketiga perusahaan dengan aspirasi yang sama akan terus berupaya mencapai keunggulan berkelanjutan dalam manufaktur mobil Jepang," ujar Atsushi Osaki, Presiden & CEO Subaru.

Selain fokus pada netralitas karbon, mesin baru ini juga akan tetap menyediakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Oleh karena itu, pengurangan kapasitas mesin tidak akan mengurangi performa kendaraan dan bahkan diharapkan memiliki aerodinamika yang lebih baik. Selain itu, insinyur pabrikan juga akan memastikan mesin tersebut memenuhi berbagai aturan emisi yang berlaku di banyak negara, termasuk Euro7.

Dalam kesempatan yang sama, ketiga perusahaan otomotif juga memperkenalkan produk baru mereka yang didukung oleh teknologi mesin ICE ramah lingkungan. Toyota memperkenalkan prototipe Prius dengan mesin 4-silinder 1.5-liter yang sedang dikembangkan bersama mesin 2.0-liter. Subaru menampilkan prototipe Crosstrek yang juga didukung oleh teknologi hybrid terbaru dari perusahaan. Sementara itu, Mazda memamerkan teknologi rotary-EV-nya, dengan beberapa unit rotor yang berfungsi sebagai generator listrik.

"Kami akan terus menawarkan mobil yang menarik kepada pelanggan dengan menyempurnakan mesin pembakaran internal untuk era elektrifikasi dan memperluas pilihan untuk mencapai netralitas karbon. Mengingat mesin rotari kompatibel dengan elektrifikasi dan bahan bakar netral karbon, Mazda akan terus mengembangkan teknologi ini melalui kerja sama dan kompetisi untuk memastikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan," lanjut pernyataan tersebut. (Ndo)

Baca Juga: Siklus Hidup BMW Z4 Segera Berakhir, Masa Depan Toyota Supra Tak Jelas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Mengukur Keunggulan Geely Xingyuan, City Car Listrik Lawan Ora 03 dan Aion UT
    Mengukur Keunggulan Geely Xingyuan, City Car Listrik Lawan Ora 03 dan Aion UT
    Setyo Adi . Hari ini
  • 9 Mobil Modifikasi Menarik dari GIIAS 2025, Bisa Jadi Inspirasi
    9 Mobil Modifikasi Menarik dari GIIAS 2025, Bisa Jadi Inspirasi
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Dua Mobil Elektrifikasi MG Debut di GIIAS 2025, Kapan Meluncur di Indonesia?
    Dua Mobil Elektrifikasi MG Debut di GIIAS 2025, Kapan Meluncur di Indonesia?
    Tomi Tomi . Hari ini
  • Gaikindo: Jumlah Pengunjung GIIAS 2025 Pecah Rekor, Penjualan Masih Stagnan
    Gaikindo: Jumlah Pengunjung GIIAS 2025 Pecah Rekor, Penjualan Masih Stagnan
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Toyota 'Kode' Bawa Mobil Hybrid Murah, NJKB Veloz HEV Sudah Muncul
    Toyota 'Kode' Bawa Mobil Hybrid Murah, NJKB Veloz HEV Sudah Muncul
    Anjar Leksana . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Toyota Indonesia Mau Bawa Mobil Hybrid Terjangkau, Raize atau Veloz HEV?
    Toyota Indonesia Mau Bawa Mobil Hybrid Terjangkau, Raize atau Veloz HEV?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Atto 1 Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat di Kantong?
    BYD Atto 1 Vs Mobil Bensin: Mana yang Lebih Hemat di Kantong?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • GIIAS 2025 Sukses Tarik Pengunjung, Tapi Penjualan Mobil Lesu
    GIIAS 2025 Sukses Tarik Pengunjung, Tapi Penjualan Mobil Lesu
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Skema Kredit Toyota Corolla Altis HEV GR Sport, Angsuran Mulai Rp10 Jutaan
    Skema Kredit Toyota Corolla Altis HEV GR Sport, Angsuran Mulai Rp10 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BAIC BJ30 Hybrid Catat Penjualan Baik di GIIAS 2025, Target 500 Unit di Depan Mata
    BAIC BJ30 Hybrid Catat Penjualan Baik di GIIAS 2025, Target 500 Unit di Depan Mata
    Muhammad Hafid . 04 Agu, 2025
  • Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Setyo Adi Nugroho . 04 Agu, 2025
  • Perbedaan Kelengkapan BYD Atto 1 Tipe Dynamic dan Premium
    Perbedaan Kelengkapan BYD Atto 1 Tipe Dynamic dan Premium
    Anjar Leksana . 04 Agu, 2025
  • Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
    Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
  • Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
    Setyo Adi Nugroho . 18 Jul, 2025
  • Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
    Zenuar Yoga . 17 Jul, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025