Toyota, Subaru dan Mazda Jalin Kerja Sama Rancang Mesin Ramah Lingkungan

Toyota, Subaru dan Mazda

Tiga raksasa otomotif Jepang, Toyota, Mazda, dan Subaru, berkolaborasi mengembangkan mesin berteknologi ramah lingkungan. Masing-masing perusahaan akan memproduksi mesin khas yang kompatibel dengan teknologi elektrifikasi. Selain itu, mesin-mesin ini dirancang untuk menggunakan berbagai jenis bahan bakar netral karbon. Kolaborasi ini dimungkinkan karena Toyota memiliki sebagian saham Subaru dan sekitar 5% saham Mazda.

Namun, ketiga perusahaan ini akan tetap bersaing dalam memproduksi kendaraan dengan mesin unik mereka. Toyota akan mengembangkan mesin 4 silinder segaris, Subaru akan fokus pada mesin Boxer, dan Mazda akan mengembangkan kembali teknologi mesin rotary. Pendekatan multi-jalur ini diambil di tengah perlambatan pasar kendaraan listrik global, menandakan bahwa mesin pembakaran internal masih memiliki masa depan.

"Untuk memberikan berbagai pilihan kepada pelanggan kami dalam mencapai netralitas karbon, penting bagi kami untuk mengatasi tantangan pengembangan mesin yang sesuai dengan lingkungan energi masa depan. Ketiga perusahaan dengan aspirasi yang sama ini akan meningkatkan teknologi mesin melalui persaingan yang sehat," ujar Koji Sato, Presiden & CEO Toyota.

Komitmen mereka adalah menciptakan mesin pembakaran internal yang mendukung pelestarian lingkungan melalui dekarbonisasi. Mereka akan mengoptimalkan integrasi unit penggerak listrik dalam powertrain mereka dan menciptakan generasi hybrid baru. Selain itu, netralitas karbon juga dapat dicapai dengan beralih dari bahan bakar fosil ke solusi alternatif seperti e-fuel, biofuel, dan hidrogen cair, yang telah teruji dalam balapan.

subaru

"Mencapai masyarakat netral karbon adalah tantangan yang dihadapi oleh semua industri dan masyarakat Jepang secara umum. Sambil terus memperbaiki teknologi elektrifikasi, kami juga akan memperbaiki mesin yang beroperasi secara horizontal untuk menggunakan bahan bakar netral karbon di masa depan. Ke depannya, ketiga perusahaan dengan aspirasi yang sama akan terus berupaya mencapai keunggulan berkelanjutan dalam manufaktur mobil Jepang," ujar Atsushi Osaki, Presiden & CEO Subaru.

Selain fokus pada netralitas karbon, mesin baru ini juga akan tetap menyediakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Oleh karena itu, pengurangan kapasitas mesin tidak akan mengurangi performa kendaraan dan bahkan diharapkan memiliki aerodinamika yang lebih baik. Selain itu, insinyur pabrikan juga akan memastikan mesin tersebut memenuhi berbagai aturan emisi yang berlaku di banyak negara, termasuk Euro7.

Dalam kesempatan yang sama, ketiga perusahaan otomotif juga memperkenalkan produk baru mereka yang didukung oleh teknologi mesin ICE ramah lingkungan. Toyota memperkenalkan prototipe Prius dengan mesin 4-silinder 1.5-liter yang sedang dikembangkan bersama mesin 2.0-liter. Subaru menampilkan prototipe Crosstrek yang juga didukung oleh teknologi hybrid terbaru dari perusahaan. Sementara itu, Mazda memamerkan teknologi rotary-EV-nya, dengan beberapa unit rotor yang berfungsi sebagai generator listrik.

"Kami akan terus menawarkan mobil yang menarik kepada pelanggan dengan menyempurnakan mesin pembakaran internal untuk era elektrifikasi dan memperluas pilihan untuk mencapai netralitas karbon. Mengingat mesin rotari kompatibel dengan elektrifikasi dan bahan bakar netral karbon, Mazda akan terus mengembangkan teknologi ini melalui kerja sama dan kompetisi untuk memastikan dapat memberikan kontribusi yang signifikan," lanjut pernyataan tersebut. (Ndo)

Baca Juga: Siklus Hidup BMW Z4 Segera Berakhir, Masa Depan Toyota Supra Tak Jelas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Line Up Debut di JMS 2025 Bukti Honda Tidak Mundur di Persaingan EV
    Line Up Debut di JMS 2025 Bukti Honda Tidak Mundur di Persaingan EV
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Lebih Dekat dengan Bus Isuzu Erga EV di Jepang, Bisa Jalan Tanpa Sopir
    Lebih Dekat dengan Bus Isuzu Erga EV di Jepang, Bisa Jalan Tanpa Sopir
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Tahun Depan, Changan Bakal Bawa Mobil REEV ke Indonesia Lewat Deepal S05
    Tahun Depan, Changan Bakal Bawa Mobil REEV ke Indonesia Lewat Deepal S05
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bos Besar Honda Komentari Soal Pasar Hybrid dan Gempuran Cina di Pasar EV
    Bos Besar Honda Komentari Soal Pasar Hybrid dan Gempuran Cina di Pasar EV
    Bangkit Jaya . 02 Nov, 2025
  • Visualisasi Toyota Corolla Concept di Japan Mobility Show 2025: Arah Baru Sedan Masa Depan
    Visualisasi Toyota Corolla Concept di Japan Mobility Show 2025: Arah Baru Sedan Masa Depan
    Anindiyo Pradhono . 02 Nov, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bikin Heboh, Harga Jaecoo J5 EV Tidak Sampai Rp300 Juta!
    Bikin Heboh, Harga Jaecoo J5 EV Tidak Sampai Rp300 Juta!
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Dari EV hingga FCEV, Toyota Menolak Jalan Tunggal Menuju Dekarbonisasi
    Dari EV hingga FCEV, Toyota Menolak Jalan Tunggal Menuju Dekarbonisasi
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Nissan Pertimbangkan X-Trail e-Power Versi Murah untuk Indonesia
    Nissan Pertimbangkan X-Trail e-Power Versi Murah untuk Indonesia
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Suzuki Perkenalkan Fronx Flex Fuel di JMS 2025
    Suzuki Perkenalkan Fronx Flex Fuel di JMS 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda Pastikan Tak Ada Perlambatan EV, Arena JMS 2025 Jadi Buktinya
    Honda Pastikan Tak Ada Perlambatan EV, Arena JMS 2025 Jadi Buktinya
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2025
  • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ardiantomi . 31 Okt, 2025
  • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    OTO . 31 Okt, 2025
  • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Ardiantomi . 30 Okt, 2025
  • Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
  • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
  • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
  • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    Anjar Leksana . 15 Okt, 2025