Triumph Street Triple R Dapat Update, Dijual Lebih Murah

LONDON, Motovaganza.com – Ada yang unik dari keluarnya Triumph Street Triple R edisi 2020. Model terbaru 765R, menyusul 765RS yang meluncur tahun lalu, mendapat update di beberapa bagian dan spesifikasi yang lebih baik. Yang unik, harganya justru turun dibandingkan model sebelumnya.

Penyempurnaan dilakukan di beberapa sektor. Dari sisi tampilan, body panel Street Triple dibuat lebih agresif, desain baru di bagian kepala, lampu kembarnya hadir lebih ramping.

Itu baru dari sisi desain. Perbaikan lain dilakukan pada mesin yang kini sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Perbaikan  Dengan penyempurnaan pada sistem intake dan exhaust, roadster buatan Hinckley dapat diterima di seluruh dunia. Keluaran suara dari knalpotnya juga diklaim makin jernih. Pekerjaan ulang bagian airbox juga membantu.

Kemudian ada peningkatan pada sistem pengereman. Sejatinya Triumph Street Triple R 2020 dibekali ABS dua channel sebagai standar. Namun penghenti lajunya kini memakai kaliper empat piston jenis Brembo M4.32, untuk menjepit disc brake ukuran 310 di roda depan. Sedangkan ban belakang gunakan kaliper piston tunggal.

Baca juga: Triumph Tiger 900 dan Scrambler 1200 Berlaga di Film James Bond Terbaru


Mesin


Selanjutnya jantung mekanis. Model ini menggunakan mesin 3-silinder 765 cc Street Triple anyar yang lebih responsif. Ada pemangkasan momen inersia atau inersia rotasi sekitar 7 persen. Hasilnya, torsi mencapai 77 Nm/9.400 rpm. Sebuah lembar fakta yang menunjukkan kebuasannya di putaran bawah hingga menengah. Sementara tenaga maksimal adalah 188 hp di 12.000 rpm.

Seperti pada model RS atau tipe tertinggi, transmisi 6 percepatan manualnya dilengkapi assist & slipper clutch dan quick shifter. Perangkat Triumph Shift Assist ini memungkinkan penggantian gigi ke atas dan ke bawah lebih cepat. Pemilik dapat melakukan perpindahan gigi, tanpa harus menutup throttle atau menarik tuas kopling. Kecuali saat ingin berhenti.

Juga ada mode berkendara. Terdapat tiga pengaturan yaitu Road, Rain dan Sport. Memungkinkan pengendara mengubah respon gas elektronik dan pengoperasian kontrol traksi secara instan. Cocok buat pecinta kecepatan.

Baca juga: Menarik, Ada Kontes Modifikasi Kendaraan Listrik di IIMS 2020


Sasis


Sasis yang digunakan Street Triple selalu menjadi bagian yang mengesankan. Swingarm dirancang mirip sayap burung camar. Didesain sebagai bentuk penggabungan lengan ayun yang rigid dan fleksibel. Selain meningkatkan efektivitas saat terjadi goncangan, dampak juga bisa dirasakan kala menikung motor dengan berat 168 kg ini. Lebih anteng!

Triumph 765R hadir dengan suspensi lansiran Showa tipe SF-BPF upside down yang dapat disesuaikan kompresi dan reboundnya. Sedangkan belakang menggunakan monoshock dengan tiga pengaturan: kompresi, rebound dan preload.

Terakhir, Triumph Street Triple R 2020 punya bentukan lampu utama yang menjorok ke depan. Desain yang identik dengan kepunyaan saudara tertingginya, tipe RS. Selebihnya, hanya terdapat revisi bodi bagian samping maupun belakang. Triumph mematok harga jual £ 8.900 atau setara Rp 157 jutaan. Padahal model sebelumnya dijual £ 9.300 atau terpangkas £ 400 (sekitar 7 jutaan). Menarik bukan?

Sumber: Visordown, Paultan, Ansa
Baca juga: Tampil Baru, Triumph Street Triple R Versi 2020 Dijual Lebih Murah

ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda