Vyrus Alyen 988, Motor Futuristik Bertampang Seram

Vyrus Alyen 988, Motor Futuristik Bertampang Seram
ROMA, Motovaganza.com -- Saat-saat sekarang ini, orang mungkin alergi begitu mendengar kata virus. Tapi apa mau dikata, pabrikan custom terkemuka Italia ini memang punya nama Vyrus. Mereka baru saja melansir superbike futuristik berwajah seram mirip alien. Ia dibangun di atas kerangka magnesium yang menampung mesin 1.285 cc, L-Twin berasal dari Ducati Panigale. Meski belum mengumumkan harga resmi, kuda besi berjuluk Alyen itu ditaksir US$ 90.000 atau setara Rp 1,42 miliar. Vyrus merupakan manufaktur kecil namun eksklusif ini sudah berdiri sejak 2001. Bermarkas di Coriano, Italia, ia dikomandani Ascanio Rodorigo. Mereka dikenal dengan kemampuan menghasilkan motor dengan tampilan beda. Alyen 988 merupakan yang terkini. Bicara soal 988, tampilannya seperti kendaraan yang berasal dari luar angkasa, atau terlihat lazim di dalam film fiksi ilmiah. Secara keseluruhan, tampangnya menyiratkan kuda besi masa depan. Karakteristik di badannya banyak dengan garis tegas dilengkapi sudut-sudut tajam bak sayap pesawat. Ditambah serangkaian panel berserat karbon di sekujur tubuhnya. Wajah mencirikan makhluk asing yang ada di film Aliens. Cover setang, fairing depan hingga sepatbor dibuat serbalancip dan melebar. Aksen kendaraan modern diwujudkan melalui penggunaan bahan dari serat karbon. Part eksotis juga menempel pada motor custom ini. Macam LED Projector dua unit berbentuk kotak yang menjadi cahaya utamanya. Serta memiliki hand guard komposit dengan sinyal belok yang terintegrasi. Tangki dibuat lebih kecil dari Panigale reguler, hanya 11 liter. Produsen mungkin tidak berharap motor itu dikendarai untuk jarak jauh. Jok mengadopsi single seater berbahan kulit asli. Di bawah penampung bahan bakar terdapat aksara Alyen, sebagai indentitas. Sementara spidometer masih mengandalkan bawan Ducati.

Suspensi

Paling menarik ada di bagian kaki depan. Bukan pakai suspensi konvensional seperti moge pada umumnya, melainkan model hub-steering serta konfigurasi peredam kejut yang disebut Hydraulic Wired Steering System. Peranti ini memang sudah melekat dengan pabrikan motor asal Italia, Bimota. Cukup membantu dalam hal stabilitas dan membuat motor lebih gesit di tikungan, serta mengurangi bobot saat pengereman. Komponen ini dirancang oleh Project Leader Vyrus, Ascanio Rodorigo yang pada awalnya dikhususkan untuk Bimota Tesi 2D pada 2004. Ia juga pernah bekerja di bawah kepemimpinan Massimo Tamburini, seorang perancang sepeda motor asal Italia untuk Cagiva, Ducati, MV Agusta, dan salah satu pendiri Bimota.

Mesin Panigale

Jika bagian detail dikerjakan oleh para desainer Vyrus, bagian jantung mekanisnya diambil dari Ducati Panigale versi lama. Dapur pacu dari konfigurasi mesin L-Twin dapat menghasilkan tenaga 205 Hp di 10.500 rpm. Dikawinkan dengan gearbox 6-kecepatan. Untuk sistem gas buang dirancang sendiri oleh Vyrus, dinamakan 982 M2. Ditempatkan persis di bawah jok dan dipisah menjadi dua bagian. Masing-masing dibuat lancip hingga menyerupai bodi belakang. Sektor pengereman dipercayakan pada Brembo GP4, dan suspensi belakang model Push Rod Twin Pivot. Untuk menjaga kestabilan motor, terpasang pelek lebar berukuran 17 inci yang terbuat dari karbon Bullet dari Rotobox. Dibalut ban 120/70 untuk depan dan belakang 200/60.

Data Teknis

Kemampuan Vyrus membangun motor-motor berkemampuan luar biasa bukan yang pertama kali. Sebelumnya mereka punya 984, 985, 987 C3 4V, dan 987 C3 4VV. Semuanya menggunakan mesin di atas 1.000cc dan tenaga yang dihasilkan antara 100 hp hingga 211 hp. Berikut spesifikasi lengkap Vyrus Alyen 988: Engine type: Ducati 4 stroke 2 cylinders L shaped 90° Desmo drive
Bore: 116 mm
Stroke: 70.8 mm
Displacement: 1285 cc
Compression ratio: 11,3 : 1
Lubrication system: forced by gear pump
Cooling system: Watercooled
Power: 205 cv @ 10.500 rpm
Gearbox: 6 speed
Clutch: wet clutch
Fuel injection: Electronic Injection
Front suspension: Push Rod Twin Pivot Vyrus 
Rear suspension: Push Rod Twin Pivot Vyrus
Frame: Vyrus Magnesium double omega design combined with a self-supporting composite Body
Steering System: Vyrus Hydraulic Wired Steering System
Caster angle: 17° to 25°
Trail: 84 mm to 112 mm
Front tire: 120/70 ZR 17
Rear tire: 200/60 ZR17
Fuel tank capacity: 11 lt
Wheelbase: 1575 mm Sumber: I motor bike, Rider Drivemagz, Carthrottle Baca Juga: Vyrus Alyen 988, Motor Alien Seharga Rp 1,4 Miliar ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
  • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Zenuar Yoga . 12 Apr, 2024
  • Federal Oil dan Mobil Lubricants Gelar Program Mudik Buat Mekanik
    Federal Oil dan Mobil Lubricants Gelar Program Mudik Buat Mekanik
    Muhammad Hafid . 09 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023