Wuling Motors Kenalkan Almaz RS, Dibekali Sistem Kemudi Otomatis

Wuling Almaz RS dikenalkan meski belum ada peluncuran resmi. Tambahan huruf RS pada imbuhan penamaan digadang sebagai flagship model dari Wuling. Semua formulasi baru yang tertanam, sengaja dirancang agar makin kuat berkompetisi di pasar otomotif Indonesia. 


Satu keistimewaan yang tak dimiliki SUV lain, dapat berjalan sendiri bak mobil otonom. Semua itu berkat kecanggihan teknologi terbaru, WISE (Wuling Interconnected Smart Ecosystem). Dalam sistem itu termasuk Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Inilah yang paling berperan memungkinkan mobil bisa berjalan otomatis. Paketannya terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA). Kemudian diimbuhi Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), sampai dengan Intelligent Cruise Assistance (ICA).


Cara aktivasi ACC sangat mudah. Tekan tombol cruise control di bagian kiri setir. Atur batas kecepatan berkendara sesuai kebutuhan. Saat mobil meluncur 30 km/jam, fitur itu sudah bisa dinyalakan berikut LKA. Saat ada kendaraan di depan, Almaz RS langsung bisa mendeteksi objek dan dapat mengikuti pergerakan kecepatan maupun pengereman. Setir juga bisa koreksi mengikuti garis marka.


wuling almaz RS


Hebatnya, ia juga memiliki fitur Internet of Vehicle (IoV). Seperti Vehicle Remote Control, Bluetooth Key, Vehicle Positioning, dan Geo-fencing Security. Semua dapat dioperasikan melalui smartphone. Ada juga beberapa fungsi IoV tersedia melalui Head Unit mulai dari Online Navigation, Online Music, serta Internet Messaging App.


“SUV terbaru Almaz RS telah dilengkapi dengan terobosan terkini WISE. Ini sebagai perwujudan komitmen Wuling dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Serta menyajikan kemudahan dalam berkendara. Melalui Almaz RS, kami berharap konsumen dapat terus melaju menuju kehidupan yang lebih baik. Sejalan dengan Drive For A Better Life,” ujar Yin Yi, Brand and Marketing Director Wuling Indonesia (18/3).


Logo RS tertempel tepat di bagian grille depan plus lencana merah putih seperti bendera Indonesia. “Untuk saat ini desain Wuling Almaz RS hanya untuk market Indonesia. Jadi tak ada di negara lain, bahkan di Tiongkok sendiri. Dibanding produk di India pun berbeda. Lalu perbedaan dari model reguler, varian tertinggi ini lebih canggih berkat WISE. Nah, kalau teknologi ini mungkin bisa tersedia di model lain di mancanegara,” ucap Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.


Wuling WISE


Perbedaan Desain


Jika Anda melihat wujud terbaru Almaz RS, bentuknya jauh memesona plus sporty dari model reguler. Pola lekukan maupun garis di sekujur tubuh semakin runcing. Roman depan diberi sentuhan lebih tegas, demi menyiratkan kesan tangguh sekaligus penuh otot. Tampak pula lampu siang hari (DRL) LED tetap dipasang di deret atas bersama dengan sein.


Wuling Almaz RS menanggalkan garis-garis kromium di wajah. Bedanya dengan reguler, dual grille dihilangkan lalu ganti menggunakan model kisi-kisi tunggal berbilah horizontal. Semua dibalut dalam lapisan serbahitam. Komposisi rumah fog lamp jua mengikuti tatanan raut muka. Pakai garis kelir merah menyudut plus akentuasi kelir kontras. Lalu lip spoiler depan berlapis warna gelap. Tapi sayang, ada dual lubang knalpot palsu yang sedikit mengurangi estetika desain. Lilhat saja, pipa knalpot menonjol ke belakang. Paling tidak, sembunyikanlah posisinya agar lebih rapi.


Kemudian corak pelek baru terlihat makin apik. Diameter menggunakan ukuran 17 inci (Anda juga bisa upgrade ke 18 inci) dengan tambahan ongkos sekitar Rp2 jutaan di diler. Jadi sangat serasi dengan pola warna dual tone alias atap gelap. Lanjut ke bagian samping, side skirt semakin tebal menggunakan lapisan plastik hitam doff, menyatu hingga di seluruh fender. Jadi kesan macho makin mencuat. Sedangkan di buritan, reflektor lampu dibuat terpisah dan diberi sentuhan ornamen silver di bawahnya. Rumah lampu juga berganti pakai garis LED tajam. Sayang, ada sepasang lubang knalpot silever palsu. Padahal pipa asli bertengger di sebelah kiri. Secara estetika, tatanan itu sangat mengganggu.


interior wuling almaz RS


Beralih ke bagian interior. Almaz RS dibekali desain mirip model biasa. Tapi ada fitur modern berupa wireless charging pad, built in air ionizer. Kemudian pembaruan ada di tampilan head unit. Serta beberapa tombol tambahan pada lingkar kemudi yang membantu untuk mengaktifkan berbagai fitur tanpa menggangu fokus berkendara.


Perihal fitur pendukung lainnya. Almaz RS diakomodasi oleh panoramic sunroof, start-stop button, 360° Camera, Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Vehicle Holding (AVH). Lalu tedapat tambahan berupa Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA). Terakhir, ada Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS).


“Untuk saat ini, kami telah membuka prebook Almaz RS melalui Wuling Online Smart Showroom hingga 28 Maret 2021. Pelanggan yang melakukan pemesanan berkesempatan mendapatkan Smart Gift DJI Drone. Serta Superior Free Maintenance 5 tahun atau 100.000 km. Namun berlaku bagi 3.000 pembeli pertama, dengan syarat dan ketentuan berlaku,” pungkas Yin Yi.


harga wuling almaz


Harga resmi belum diumumkan. Namun sejumlah diler di kawasan Jakarta (@dealerwuling.jakarta) menawarkan estimasi banderol. Bahkan dengan sofistikasi tinggi, angkanya tak sampai Rp 400 jutaan. (Alx/Odi)



  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX (5 seats) - Rp369,8 juta

  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX + (5 seats) -  Rp377,8 juta

  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX (7 seats) - Rp379,8 juta

  • Wuling Almaz RS 1.5 T EX + (7 seats) - Rp387,8 juta

  • Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 17 inci - Rp397,8 juta

  • Wuling Almaz RS 1.5 T Pro Ring 18 inci - Rp399,8 juta


Baca Juga: Detail Perubahan dan Varian Wuling Confero S 2021, Ada Fitur yang Hilang

Artikel yang direkomendasikan untuk anda