Yamaha FZ-X Meluncur di India, Versi Klasik Byson

Yamaha FZ-X

Keluar di India, FZ-X menampilkan lagi gaya motor klasik dalam jajaran motor Yamaha. Kemiripan dengan Yamaha XSR 155 tak terbendung. Namun teknisnya sangat berbeda. Malah serupa dengan Byson FI yang dijual di Indonesia. Tersedia dalam dua tipe dengan harga 1,17-1,2 lakh rupee (Rp23 juta - Rp24 jutaan).

Desainnya tidak terlalu klasik, cenderung ke arah neo retro. Ya, mirip XSR 155. Punya lampu utama bulat, cover tangki model teardrop, jok berkonsep "tuck and roll". Raiser tinggi dengan setang lebar, membuat posisi berkendara tegak. Beberapa ornamen perak dan hitam semakin memperkuat nuansa klasik. Terlihat di cangkang lampu depan, spion, pelek, engine guard dan under cowl.

Walau mengambil basis mesin dari saudaranya, model rangka yang digunakan berbeda. Yamaha FZ-FI berukuran 1.990 mm x 780 mm x 1.080 mm. FZ-X punya bodi lebih ramping karena tidak banyak komponen bodi yang menempel. Namun kalau dilihat dari jarak sumbu roda, sepertinya identik di 1.330 mm.

Baca Juga: Yamaha XSR 125 Meluncur di Eropa, Lengkapi Line-up Sport Heritage

Yamaha FZ-X

Meski mengawinkan desain klasik, penyematan fitur sudah modern. Di dalam headlamp yang bulat, sudah tersemat lampu berteknologi LED, lengkap dengan DRL. Tapi sinyal belok masih pakai model lama alias bohlam. Bentuknya sama dengan varian FZ lain. Panel instrumen tampak besar. Sudah full digital, layarnya gunakan negative display serta mendapat fitur konektivitas bluetooth. Peranti canggih itu bisa menghubungkan ponsel pintar pengendara ke motor. Dapat melihat juga kondisi motor melalui smartphone.

Jantung mekanisnya mirip dengan Yamaha Byson FI yang ada di sini. Pakai mesin satu silinder 149 cc berpendingin udara. Dirinya bisa menghasilkan tenaga sebesar 12,4 hp pada 7.250 rpm dan torsi 13,3 Nm. Tidak seperti XSR 155 yang sudah pakai pendingin cairan dan sudah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation). Transmisinya juga masih 5 percepatan. Tapi, sistem pengeremannya sudah dibekali dengan teknologi anti-lock Braking System (ABS).

Komponen di kaki-kakinya tampak identik dengan versi reguler. Depan suspensi teleskopik dan belakang monoshock. Bedanya di sektor depan diberikan peranti tambahan karet pelindung. Roda pakai pelek model cast wheels dan sudah disematkan pengereman cakram. Perbedaan tampak jelas dari kulit bundar. Ia pakai jenis dual-purpose agar menunjang tampilan retro.

Yamaha India memilih membuat motor klasik versi mereka sendiri, karena dinilai lebih cocok untuk pasar sana. Tidak ada kemungkinan masuk sini, karena Yamaha Indonesia sudah punya XSR 155. Meski begitu, FZ-X bisa menjadi contoh bagi yang ingin memodifikasi Yamaha Byson FI menjadi bergaya retro. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Yamaha Zuma 125 Model 2022 Tampil Makin Bergaya Adventure

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang