Yamaha FZ-X Segera Mengaspal di India, Naked Bike Retro Mirip XSR 155

Yamaha FZ-X

Pernah diberitakan Yamaha mengajukan merek dagang bernama FZ-X. Tadinya mengindikasikan motor adventure kapasitas 250 cc. Ternyata salah, ia merupakan naked bike retro dengan mesin 150 cc. Ya, mirip Yamaha XSR 155 jadinya. Informasi terbaru, model ini siap meluncur 18 Juni di India.

Yamaha ternyata sudah cukup lama menguji FZ-X. Namun baru diketahui publik saat foto spy shot tersebar. Makin kuat lagi kala unit itu melakukan sesi pengambilan video untuk kebutuhan TVC (Television Commercial) atau iklan. Di situlah terungkap kalau wujudnya merupakan naked bike bergenre klasik dengan sentuhan modern.

FZ-X boleh jadi varian baru dari keluarga FZ. Bila tipe lain merujuk pada model naked bike sport, yang baru lebih ke arah neo retro. Kalau di Indonesia, mirip dengan XSR 155. Punya lampu utama bulat, cover tangki model teardrop, jok model menyatu. Dari foto yang beredar, memakai raiser tinggi dengan setang lebar, membuat posisi berkendara tegak.

Dari dokumen yang bocor, mengungkapkan bahwa memakai mesin satu silinder 149 cc yang bersumber dari jajaran FZ-FI. Bila di Indonesia, basis mesinnya sama seperti Yamaha Byson FI. Jika iya, berarti bisa menghasilkan tenaga sebesar 12,4 hp pada 7.250 rpm dan torsi 13,3 Nm. Tidak seperti XSR 155 yang sudah pakai pendingin cairan dan sudah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Walau mengambil basis mesin dari saudaranya, model rangka yang digunakan berbeda. Otomatis dimensi pun berubah. Yamaha FZ-FI berukuran 1.990 mm x 780 mm x 1.080 mm. Diharapkan si FZ-X punya bodi lebih ramping karena tidak banyak komponen bodi yang menempel. Namun kalau dilihat dari jarak sumbu roda, sepertinya identik di 1.330 mm.

Baca Juga: Berganti Generasi, Apa Bedanya Yamaha YZF-R6 dan YZF-R7?

Yamaha FZ-X

Walau mengadopsi unsur klasik, beberapa sektor sudah mendapat sentuhan modern. Di dalam headlamp yang bulat, sudah tersemat lampu berteknologi LED, lengkap dengan DRL. Sinyal belok masih pakai model lama alias bohlam. Bentuknya pun mirip dengan varian FZ lain. Panel instrumen tampak besar. Banyak yang berharap sudah full-digital serta mendapat fitur konektivitas seperti saudaranya.

Komponen di kaki-kaki tampak identik dengan versi reguler. Depan suspensi teleskopik dan belakang monoshock. Bedanya di sektor depan diberikan peranti tambahan karet pelindung. Rodanya pakai pelek model cast wheels dan sudah disematkan pengereman cakram. Perbedaan tampak jelas dari kulit bundar. Ia pakai jenis dual purpose agar menunjang tampilan retro.

Sesuai bocoran dari beberapa media di India, FZ-X siap diluncurkan pada 18 Juni. Undangan peluncuran virtual dalam bentuk poster juga menguatkan dugaan si neo retro. Di situ tertulis pula tagline ‘Ride Free’ yang merujuk kebebasan berkendara. Dari semua kosmetik yang dijabarkan sebelumnya, tentu ini merujuk pada varian baru FZ.

Yamaha FZ-X diperkirakan punya harga lebih mahal Rs 5.000 hingga Rs 10.000 (Rp1 jutaan sampai Rp2 jutaan) dari FZS-Fi saat ini yang dijual Rs 1,08 lakh (Rp21 jutaan). (Bgx/Odi)

Sumber: Autocar India, Financial Express, iamabiker

Baca Juga: Yamaha Zuma 125 Model 2022 Tampil Makin Bergaya Adventure

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang