Yamaha MT-15, Review dan Spesifikasi Lengkap

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Setelah hadir di Thailand pada bulan Oktober 2018 lalu, Yamaha MT-15 kini hadir di Indonesia. Meski kehadirannya tanpa seremoni, Yamaha Indonesia sudah menampilkan naked bike ini di laman resmi mereka. Kehadiran MT-15 baru ini melengkapi line up MT family yang sebelumnya telah lebih dulu diisi oleh MT-10, MT-09, MT-07, MT-03 serta MT-25. Yamaha MT-15 hadir dibarengi dengan pengembangan baik dari segi desain, fitur, maupun performa mesin. Kita akan coba bahas satu persatu. Tampilan Sangar Karakter keluarga MT series tampak kental di motor ini. Tampilan depan khususnya wajah terlihat sangar, agresif, dan berotot dengan kehadiran dua position light LED menyerupai mata. Lampu utama MT-15 sudah mengadopsi teknologi Projector LED yang mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus. Instrumen speedometer full digital diambil dari saudaranya R15. Dengan tone warna negative serta shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu kepada pengemudi kapan harus melakukan perpindahan gigi guna meraih performa berkendara yang optimal. Handle bar lebar yang menunjang posisi duduk lebih tegak serta kehadiran big bike switch untuk sistem pengoperasian motor (cut off/ on dan starter engine), sukses menciptakan kesan moge look yang kental pada MT-15. Sementara Bagian belakang mendapat sentuhan lebih padat dengan model jok menyatu dan lebih panjang sehingga menciptakan ruang posisi duduk yang lebih luas serta nyaman baik bagi pengendara maupun penumpang. Lampu belakang juga sudah mebggunaan LED. Kelincahan Meskipun memiliki tubuh yang terbilang besar, namun MT-15 diklaim tetap memiliki manuver lincah yang menjadi keunggulannya. Hal ini didukung berkat kehadiran suspensi up-side down (USD) yang meningkatkan handling serta kenyamanan dalam berkendara. Pengaplikasian alumunium swing arm yang kokoh dengan bobot ringan serta ban tubeless bertapak lebar turut menghasilkan rasa berkendara yang lebih stabil. Selain itu penggunaan rangka Delta Box yang ikonik pada motor yang terbukti kuat serta kokoh, membuat rasa berkendara MT-15 juga menjadi semakin rigid. Mesin Mumpuni MT-15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 14,2 kW/ 10.000rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm/ 8.500rpm. Dapur pacu MT-15 juga sudah dilengkapi liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabil serta Variable Valve Actuation (VVA) yang menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin. kelebihan lain yang ditanamkan pada mesin MT-15 adalah fitur assist yang membuat kopling menjadi ringan serta slipper clutch yang memperhalus proses perpindahan gigi sehingga meningkatkan akselerasi berkendara menjadi lebih cepat. Pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder & forged piston membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan. MT-15 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Matte Grey, Matte Blue serta Metallic Black dan dipasarkan seharga Rp 34.950.000 OTR Jakarta. Spesifikasi Lengkap Yamaha MT-15 MESIN Tipe mesin: Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA Jumlah silinder: Silinder tunggal Diameter x Langkah: 58,0 x 58,7 mm Perbandingan kompresi: 11,6 : 1 Daya maksimum: 14.2 kW/ 10000 rpm Torsi maksimum: 14.7 Nm/ 8500 rpm Sistem starter: Elektrik starter Sistem pelumasan: Basah Kapasitas oli mesin: Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L Sistem bahan bakar: Fuel Injection Volume Silinder: 155 cc Tipe Kopling: Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch Tipe Transmisi: Manual Pola Pengoperasian Transmisi: 1-N-2-3-4-5-6 DIMENSI P x L x T: 1965 X 800 X 1065 mm Jarak sumbu roda: 1335 mm Jarak terendah ke tanah: 155 mm Tinggi tempat duduk: 810 mm Berat Isi: 133 kg Kapasitas tangki bensin: 10.4 Liter RANGKA Tipe rangka: Deltabox Suspensi Depan: Telescopic Form ( Inverted ) Suspensi Belakang: Link Monoshock Ban Depan: 110/70-17M/C (54S) Ban Belakang: 140/70-17M/C (66S) Rem Depan: Disc Brake Rem Belakang: Disc Brake KELISTRIKAN Sistem pengapian: CDI/Transistor Battery: YTZ4V Tipe Busi: MR8E9 RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Para Bintang MotoGP Tiba di Lombok Jelang Grand Prix Mandalika 2025
    Para Bintang MotoGP Tiba di Lombok Jelang Grand Prix Mandalika 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Marc Marquez Siap Tampil di Mandalika, Ingin Hapus Rekor Buruk Tanpa Finish
    Marc Marquez Siap Tampil di Mandalika, Ingin Hapus Rekor Buruk Tanpa Finish
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Castrol Luncurkan Oli Khusus Moge, Ini 5 Keunggulannya
    Castrol Luncurkan Oli Khusus Moge, Ini 5 Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Balapan di Rumah Kedua, Tim Valentino Rossi Hadirkan Livery Khusus Jelang GP Mandalika
    Balapan di Rumah Kedua, Tim Valentino Rossi Hadirkan Livery Khusus Jelang GP Mandalika
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Eagle Zhao Dinobatkan sebagai Person of The Year dari CEC 2025
    Eagle Zhao Dinobatkan sebagai Person of The Year dari CEC 2025
    Wahyu Hariantono . 30 Sep, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025