Yamaha Tricity 2022 Mendapat Perubahan Rangka dan Mesin

Yamaha Tricity 2022

 

KEY TAKEAWAYS

  • Yamaha Tricity di Eropa mendapat revisi penting

    Rangka dan mesin baru, membuatnya kian bertenaga dan stabil
  • Tricity pernah dijual di Indonesia 2016 silam

    Harganya Rp66 juta dan diimpor utuh dari Thailand
  • Yamaha melakukan revisi cukup besar kepada skutik tiga roda Tricity. Bukan cuma mengubah tampilan atau opsi warna baru, juga dibekali dengan mesin dan rangka anyar. Dua varian mesin 125 cc dan 155 cc mendapatkannya. Dan baru dipasarkan untuk 4 negara dulu: Swiss, Italia, Prancis, dan Austria.

    Mesin anyar 125 cc dan 155 memakai teknologi terbaru berupa forged piston, desain kepala silinder baru, sampai pengaplikasian intake valve yang memiliki dimensi lebih besar. Sehingga kompresi mesin juga meningkat. Standarisasi emisi mesin juga lebih baik karena sudah mengantongi sertifikat Euro 5. Output pun meningkat. Tricity 125 cc menjadi 9 daya kuda dan torsi 11,2 Nm. Sementara opsi mesin 155 cc memiliki tenaga 11,1 daya kuda dan torsi puncak 14 Nm.

    Sama seperti skutik garapan Yamaha lainnya, Tricity juga disuntik beberapa peranti teknologi mesin. Misalnya mengaplikasikan Variable Valve Actuation (VVA), Starter Generator Control Unit (SGCU), dan teknologi Blue Core yang diklaim membuat mesin berperforma, irit bahan bakar, dan juga lebih senyap.

    Yamaha Tricity 2022

    Di sektor rancang bangun, Yamaha Tricity disebut lebih panjang sekitar 60 mm dari model sebelumnya. Sementara komponen peredam belakang (suspensi) memiliki travel yang lebih panjang sampai 90 mm. Tujuan mengubah jarak suspensi untuk mendapatkan pengendalian lebih baik, keseimbangan yang mumpuni, dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

    Masih menyinggung soal kenyamanan, bagian footrest atau dek pijakan kaki juga dibuat lebih besar sehingga pengendara bisa mengatur posisi sesuai dengan keinginannya. Fitur yang paling baru adalah penyematan teknologi konektivitas lewat aplikasi MyRide, di situ menampilkan berbagai informasi penting dari kendaraan lewat layar gawai. Menariknya, segala detail informasi juga ditampilkan lewat panel meter LCD barunya itu.

    Baca Juga: Yamaha Fluo 125, Nama Lain FreeGo di Brasil

     

    Selebihnya soal kelengkapan fitur, motor ini juga dibekali Smart Key (keyless), lampu depan LED, Start Stop System, dermaga pengisian gawai tipe USB, dan brake lock (rem parkir) untuk versi mesin 155 cc.

    Mengacu laman resmi Yamaha Eropa, Yamaha Tricity 125 cc dilepas ke pasar dengan banderol 4.299 Euro atau setara Rp65,9 juta (kurs 1 Euro: Rp15.337). Sementara untuk Tricity 155 cc diniagakan dengan harga 4.999 Euro atau setara Rp76,6 juta. Masing-masing tersedia dalam 3 pilihan kelir yaitu Petrol Blue, Matte Grey, dan Sand Grey.

    Yamaha Tricity 2022

     

     

    Pernah Dijual di Indonesia

    Bila ingat, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah menjual skutik 3 roda itu dengan banderol Rp66 juta. Unitnya berstatus CBU (Completely Built Up) alias diimpor utuh dari Thailand. Tapi tak selang lama napas hidupnya dihentikan karena alasan kuota impor.

    Di Indonesia keberadaan sepeda motor beroda tiga memang belum banyak, ada beberapa merek yang coba berjudi untuk berjualan misalnya Piaggio dengan model MP3 atau Peugeot dengan jagoannya Metropolis. Tapi rasanya antusias dari konsumen belum tinggi, mungkin saja ini jadi salah satu alasan YIMM belum ingin mendatangkan Tricity lagi. (Kit/Odi)

     

    Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Yamaha E01, NMax Versi Listrik yang Bisa Dinikmati Gratis!

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang