First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya

BYD Dolphin

BYD Dolphin menjadi rival bagi Neta V, Citroen EC3 dan bisa jadi harganya menempel Wuling BinguoEV. Tak lama setelah perkenalan, BYD Motor Indonesia mengajak media nasional mencobanya di jalan umum. Sebelum merasakan rasa berkendaranya, kami bahas dulu tampilan luar, dalam dan fiturnya.

Dolphin memiliki tubuh paling besar di kelasnya. Panjangnya mencapai 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm dan jarak sumbu roda 2.700 mm. Sedangkan ground clearance 130 mm. Bagian samping dan buritan masih enak dipandang. Kalau raut muka, mungkin perlu dirombak sedikit (facelift). Sebab tampilan depan sangat bersahaja. Padahal banyak potensi terkandung di dalam mobil.

Insinyur BYD sepertinya serius memikirkan tatanan dalam Dolphin. Contoh, meter cluster digital. Posisinya melekat dengan setir. Jadi Anda tetap bisa mengakses informasi dengan nyaman walau letak lingkar kemudi berubah. Terus rotating touch screen 12,8 inci juga terbilang inovatif. Ia menjadi pusat kendali. Material jok gunakan kulit sintetis selembut mobil-mobil premium. Lalu fixed panoramic glass roof bikin nuansa kentara mewah.

BYD Dolphin

Tapi atap yang sepenuhnya terbuat dari kaca ini agaknya perlu lapis kaca film lebih gelap. Pokoknya sesuatu yang tidak menyerap cahaya. Sebab Indonesia merupakan negara tropis. Saat mobil terparkir siang hari. Kemudian masuk kabin. Rasanya superpanas. Butuh waktu buat mendinginkan ruangan.

Ia merupakan mobil dengan ADAS terlengkap di kelasnya. BYD Dolphin tipe manapun sudah dibekali perangkat gabungan (fitur keamanan aktif). Jelas menjadi nilai jual yang tidak dipunyai rival. Kalau kita bedah, isinya meliputi:

  • Intelligent Cruise Control
  • Automatic Emergency Braking System
  • Lane Departure Warning
  • Lane Keeping Support
  • Predictive Collision Warning
  • Rear Collision Warning
  • Blind Spot Detection
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Rear Cross Traffic Brake
  • Lane Departure Prevention
  • Emergency Lane Keeping Assist
  • Lane Change Collision Warning

BYD Dolphin

Unit yang dipakai ialah Dolphin Premium Extended Range. Jarak pengujian sekitar 125 km. Mulai bergerak dari diler BYD Arista Tebet, menuju Sentul (Bogor). Kemudian lanjut ke Alam Sutra, mampir BYD Arista BSD dan kembali ke Jakarta.

Tenaga motor listrik paling besar di kelasnya. Impresi awal kinerja motor listrik sebagai penggerak, terasa responsif. Bikin tersenyum dan ingin menyelami lebih lanjut. Di balik kap depan, tertanam Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Daya dihasilkan sebesar 150 kW atau 204 PS, lalu torsi instan 310 Nm terasa kuat. Klaim akselerasi 0-100 km/jam cukup 7 detik saja.

Terbilang impresif untuk sebuah hatchback EV sekelas Dolphin. Penyaluran tenaga (controller bekerja) sangat mulus ketika berselancar di jalan tol. Tidak mengagetkan pengemudi. Asyik diajak melesat di dalam maupun di luar kota. Untuk mode Eco, Nomal, Sport bisa diatur di konsol tengah. Lalu tersedia gaya mengemudi Snow dengan tombol pengaktifan terpisah.

BYD Dolphin

Pertama mencoba mode Eco. Tenaga sudah terasa sejak putaran bawah. Paling enak digunakan saat jalanan ibu kota sedang macet. Anda tidak banyak butuh energi untuk menggerakkan mobil. Sedangkan Normal, semakin nyaman dipakai buat lari di jalan bebas hambatan alias tol. Beralih ke Sport, layar MID berubah menjadi merah. Pergerakan semakin beringas. Enteng sekali buat menyalip kendaraan di depan. Harus tetap hati-hati saat gunakannya.

Terkadang saking asyik berkendara terasa senyap sekaligus nyaman. Tahu-tahu kecepatan mobil sudah di atas 100 km/jam. Karena memang BYD Dolphin seenak itu, bahkan melebihi ekspektasi. Tidak disangka mobil buatan Cina di level ini begitu menggembirakan. Apalagi dengan material yang betul-betul diperhitungkan. Jujur saja di segmen ini, kayaknya ia menjadi mobil listrik paling memuaskan. Sekaligus terkuat di antara EV lain.

Apakah BYD Dolphin memang senyaman itu? Dalam pengetesan mengitari Jabodetabek, menurut OTO.com, ia memiliki handling terbaik di antara rival. Jempolan! Komposisi redamannya pas. Buat melindas speed bump atau gundukan empuk. Diajak melesat pun tidak limbung, serasa naik mobil Eropa.

BYD Dolphin

Racikan suspensi BYD Dolphin menggunakan McPherson Strut di depan. Sedangkan penyokong roda belakang dipercayakan pakai sistem Multi-Link. Pengendalian terasa lumayan untuk berbelok ke kanan maupun ke kiri. Di balik kemudi, Anda bisa mengatur posisi lewat empat arah (rack and pinion telescopic). Kemudian penggunaan Electronic Power Steering bikin putaran jadi super-enteng. Sayangnya, saat berkendara di atas 100 km/jam masih tetap ringan. Hal ini harusnya bisa dikalibrasi ulang agar setir terasa berat ketika tancap gas. Namun bukan hal mendesak, karena toh ia didesain sebagai mobil perkotaan. Bukan untuk kebut-kebutan.

Keren, selain handling menyenangkan dan performa unggul. Ia juga mengantongi segudang kelengkapan yang bikin Anda semakin aman berkendara, juga kian praktis. Untuk melancong ke luar kota paling asik gunakan Intelligent Cruise Control. Tekan tombol ICC di di kiri setir dan Anda bisa atur jarak serta kecepatan berkendara. Tapi yang agak aneh, ialah fitur Lane Keeping Support.

Misal mobil berada di lajur paling kanan. Kemudian pengemudi ingin berpindah ke bagian tengah. Walaupun sudah mengaktifkan lampu sein ke kiri. Tapi sistem kemudi masih agak membelot yang kadang bikin kaget. Harusnya tidak seperti itu. Entah kenapa. Bisa jadi pembacaan marka jalan kurang tepat. Sehingga butuh disesuaikan lagi dengan kondisi di Indonesia.

BYD Dolphin menggunakan baterai teknologi LFP blade battery. Diklaim lebih aman, kuat, dibanding jenis lain. Tipe tertinggi Premium Extended Range memiliki kapasitas 60,48 kWh dengan daya jelajah hingga 490 km (NEDC). Jelas menjadi modal berharga buat bersaing di pasar EV nasional. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Test Drive BYD Atto 3

Jelajahi BYD Dolphin

  • Tampak Depan Bawah BYD Dolphin
  • Tampak Grille Dolphin
  • Fog lamp depan Dolphin
  • Lampu depan Dolphin
  • lampu belakang Dolphin
  • BYD Dolphin Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Dolphin
  • Pelek Dolphin
  • Tampak belakang Dolphin
  • BYD
BYD Dolphin
Rp 425 Juta Cicilan : Rp 9,7 Juta

Model Mobil BYD

Mobil BYD
  • BYD Atto 3
    BYD Atto 3
  • BYD Atto 4
    BYD Atto 4
  • BYD D9
    BYD D9
  • BYD Dolphin
    BYD Dolphin
  • BYD Seal
    BYD Seal
Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil BYD Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil BYD Dolphin dari Carvaganza

  • FIRST DRIVE: Eksplorasi Potensi BYD Dolphin Jadi City Car Listrik Murah
    FIRST DRIVE: Eksplorasi Potensi BYD Dolphin Jadi City Car Listrik Murah
    Anjar Leksana . 30 Jan, 2024
  • Karena 5 Hal Ini BYD Dolphin Sulit Ditandingi BinguoEV dan Neta V
    Karena 5 Hal Ini BYD Dolphin Sulit Ditandingi BinguoEV dan Neta V
    Anjar Leksana . 24 Jan, 2024
  • BYD Dolphin Siap Jadi Saingan BinguoEV dan Neta V, Cocoknya Harga Berapa?
    BYD Dolphin Siap Jadi Saingan BinguoEV dan Neta V, Cocoknya Harga Berapa?
    Alvando Noya . 18 Jan, 2024

Artikel Mobil BYD Dolphin dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Skema Kredit BYD Dolphin Premium dengan DP 25 Persen
    Skema Kredit BYD Dolphin Premium dengan DP 25 Persen
    Anjar Leksana . 21 Feb, 2024
  • Tertarik Beli Mobil Listrik BYD, Kenali Dulu Berbagai Garansinya
    Tertarik Beli Mobil Listrik BYD, Kenali Dulu Berbagai Garansinya
    Anjar Leksana . 19 Feb, 2024
  • 5 Kelengkapan BYD Dolphin yang Tidak Dimiliki Rival Sekelasnya
    5 Kelengkapan BYD Dolphin yang Tidak Dimiliki Rival Sekelasnya
    Anjar Leksana . 24 Jan, 2024
  • Berkenalan dengan Mobil Listrik BYD Dolphin yang Segera Dijual di Indonesia
    Berkenalan dengan Mobil Listrik BYD Dolphin yang Segera Dijual di Indonesia
    Alvando Noya . 19 Jan, 2024
  • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • Komparasi Spek Teknis Wuling Cloud Ev dan BYD Dolphin
    Komparasi Spek Teknis Wuling Cloud Ev dan BYD Dolphin
    Setyo Adi Nugroho . 19 Feb, 2024
  • First Drive BYD Dolphin: Sensasi Berkendara Beda dari Lawan!
    First Drive BYD Dolphin: Sensasi Berkendara Beda dari Lawan!
    Anjar Leksana . 29 Jan, 2024