Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV: Kuat di Tanjakan Kawah Kamojang dan Tetap Efisien

Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV

Pilihan medium SUV semakin beragam di Indonesia, baik dari varian hybrid maupun konvensional ICE. Hyundai turut meramaikan segmen ini dengan menghadirkan All New Santa Fe. Setelah meluncur dan mendapat respons baik dari masyarakat, mereka mengadakan media drive dari Bandung menuju Kawah Kamojang, Garut, Jawa Barat. Jalur yang dilalui sangat cocok untuk menguji kemampuan mobil ini.

Selama perjalanan antarkota, kami diajak untuk menguji kapabilitas Santa Fe di jalur menantang, baik jarak jauh maupun situasi kemacetan di dalam kota. Kami lebih sering mencoba varian hybrid turbo, sehingga bisa membagikan banyak keseruan bersama mobil ini.

Performa Enjin dan Konsumsi BBM

Hyundai Santa Fe Hybrid

Sesi test drive dimulai dari Stasiun Padalarang, Bandung. Seluruh unit telah diisi bahan bakar penuh. Di tol Purbaleunyi hingga keluar Cileunyi, dengan mode berkendara Eco, All New Santa Fe Calligraphy HEV mencatat konsumsi BBM 17,2 km/liter berdasarkan MID. Kecepatan maksimal sekitar 100 km/jam, sesuai pergerakan rombongan (konvoi). Konsumsi ini bisa lebih irit jika gaya berkendara lebih santai.

Setelah keluar tol, kami melalui jalan berliku dan naik turun dari Garut menuju Kawah Kamojang. Berkat mesin Smartstream G1.6T-GDi HEV yang menggabungkan mesin bensin 1,6 liter dan sistem turbo hybrid, mobil ini menanjak dengan sangat enteng tanpa raungan mesin. Hybrid power control unit (HPCU) mampu mengatur kapan mesin aktif atau hanya dorongan motor listrik saja (EV mode), dan perpindahan sistem hybrid berjalan sangat mulus.

Kombinasi motor dan mesin memberikan tenaga maksimal hingga 235 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak 367 Nm sejak 1.000 rpm hingga 4.000 rpm. Ini lebih kuat dari mesin diesel sekelasnya. Santa Fe dilengkapi teknologi injeksi bahan bakar bertekanan tinggi dan Continuously Variable Valve Duration (CVVD) untuk sensasi berkendara optimal. Penyaluran tenaga menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan untuk tipe hybrid.

Saat menaiki wilayah perbukitan dan berhenti di GCK Kamojang, konsumsi bensin menjadi 13,6 km/liter. Ini jelas lebih baik dibandingkan Santa Fe varian bensin 2.5L N.A yang hanya mencatat sekitar 7 km/liter.

Handling dan Suspensi

Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV

All New Hyundai Santa Fe HEV menggunakan suspensi depan McPherson Strut dan torsion beam sebagai penyangga roda belakang. Pelek besar berukuran 20 inci dengan profil ban 255/45 mm memberikan pengalaman berkendara yang sangat mulus di jalan bebas hambatan, berkat dukungan sasis monocoque yang memberikan distribusi bobot optimal. Stabilitas terjaga meskipun berbadan bongsor, dengan minim gejala body roll. Karakter suspensi bukan tipe empuk, melainkan rigid, sehingga terasa kaku saat melindas jalan tak rata. Pengembalian pegas cepat dan putaran lingkar kemudi sangat pas, meskipun saat melesat kencang tetap presisi.

Perangkat Pendukung Berkendara

Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV

All New Santa Fe hybrid ditunjang teknologi canggih seperti Hybrid Powertrain dan Auto Regenerative Braking. Sistem ini otomatis mengontrol kekuatan regenerative braking dengan mempertimbangkan jarak kendaraan di depan, kecepatan, dan gradien jalan. Kami sangat menikmati perjalanan ke Kawah Kamojang, yang merupakan kawah gunung berapi aktif di ketinggian 1.730 mdpl.

Fitur Downhill Brake Control (DBC) sangat membantu selama perjalanan naik turun menuju Kawah Kamojang. Aktifkan melalui tombol di konsol tengah, perangkat ini dirancang untuk membantu pengemudi menjaga kecepatan kendaraan secara aman saat menuruni jalan curam. DBC otomatis mengontrol pengereman untuk mempertahankan kecepatan stabil tanpa perlu intervensi pengemudi.

Melancong lintas kota bersama All New Santa Fe semakin nyaman berkat mode berkendara yang tersedia. Ada Eco, Sport, dan My Drive di varian hybrid serta tambahan mode Normal di varian Internal Combustion Engine (ICE). Karakter keluaran tenaga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan. Hyundai ingin membuktikan bahwa SUV ini tidak hanya unggul sebagai solusi mobilitas perkotaan, tetapi juga andal saat digunakan di jalur-jalur terjal sekalipun.

Fitur Keselamatan

Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV

Hyundai Santa Fe HEV dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan yang memberikan ketenangan dalam setiap situasi berkendara. Fitur Electronic Stability Control (ESC) meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Downhill Brake Control (DBC), dan Vehicle Stability Management (VSM). ESC membantu menjaga rem dan laju ban kendaraan tetap presisi dan mencegah oversteer atau understeer, termasuk di jalan licin.

Fitur Hyundai Smartsense sebagai ADAS meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Surround View Monitor (SVM) membantu mengawasi situasi di sekitar kendaraan, mencegah benturan tak diinginkan. Forward Collision-Avoidance Assist - Car/Pedestrian/Cyclist Detection (FCA - CAR/PED/CYC) membaca kondisi jalanan di depan dan mengerem otomatis bila terdeteksi kendaraan, pejalan kaki, atau pengemudi sepeda yang berhenti mendadak. Fitur ini sangat berguna saat perjalanan dari Bandung menuju Garut.

Di jalan tol Purbaleunyi, fitur seperti Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot View Monitor (BVM) dapat diandalkan untuk mengecek area blind spot saat ganti lajur. Lane Keeping Assist (LKA) membantu mobil tetap di dalam marka jalan sesuai jalur.

Ruang Ergonomis

Interior Santa Fe

Setelah seharian berkendara, para peserta test drive berkesempatan menyulap Santa Fe menjadi campervan nyaman. Mobil ini dilengkapi hidden-type C-pillar assist handle untuk akses perlengkapan camping di roof rack. Melalui dual glass sunroof, pengguna bisa menikmati keindahan alam Kawah Kamojang sambil bersantai di kursi captain seat berlapis nappa leather premium. Jok baris pertama dilengkapi fitur seat heating/ventilation terbaru yang bisa menghangatkan atau mendinginkan tubuh sesuai kondisi cuaca.

Jok depan juga dilengkapi first row relaxation comfort seat untuk kenyamanan ekstra dengan berbagai pengaturan posisi. Interior yang lapang memungkinkan penggunaan ruang bagasi besar dengan kapasitas minimal 628 liter (VDA) di varian HEV dan 642 liter (VDA) di tipe ICE, cukup untuk menyimpan berbagai perlengkapan selama perjalanan. Jika membutuhkan ruang lebih luas, kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat hingga mencapai 1.949 liter (VDA) di model hybrid dan 1.963 liter (VDA) untuk tipe bensin, memungkinkan Anda bersantai di belakang mobil dengan nyaman sambil menikmati suasana alam yang asri.

Desain Eksterior

Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV

All New Santa Fe memiliki desain eksterior berani yang membuatnya tampil solid dari berbagai sudut pandang. Bagian depan kendaraan menonjolkan kesan kuat dengan headlamp LED berbentuk huruf H yang ikonik dan bonet mesin tinggi. Aksen fender tegas di bagian samping berpadu sempurna dengan alloy wheels 20 inci yang stylish.

Bagian belakang Santa Fe mudah dikenali berkat tailgate besar yang seamless. Saat pintu belakang terbuka, ruang ideal untuk duduk dan bersantai saat perjalanan jarak jauh. Lampu ekor berbentuk huruf H selaras dengan lampu depan, menciptakan pencahayaan khas. Aerodinamika kendaraan diperhatikan dengan dual active air flaps pada bumper depan yang membuka dan menutup otomatis sesuai kondisi berkendara untuk pendinginan mesin lebih maksimal. Bentuk kaca spion, pelek, dan spoiler belakang dioptimalkan untuk aliran udara yang lancar tanpa menghambat laju kendaraan.

Kesimpulan

Hyundai Santa Fe Hybrid

Jika harus memilih, All New Santa Fe Prime (1.6T-GDi HEV) dengan harga Rp786.300.000 lebih baik dibandingkan tipe Calligraphy (2.5 GDi) seharga Rp784.500.000, karena jantung pacu hybrid lebih bertenaga dan sangat irit dibandingkan mesin bensin 2,5 liter naturally aspirated. Respons mekanikal pacu sangat berbeda.

Namun jika memiliki dana lebih, Santa Fe Calligraphy (1.6T-GDi HEV) layak dipertimbangkan untuk garasi rumah. Penawaran harga dan kapabilitas terhitung berimbang. Selama pengujian, varian atas layak mendapatkan 4,5 dari lima bintang. Meskipun desain buritan SUV ini tidak disukai semua orang, seiring waktu bisa diterima juga. (Alx)

 Baca Juga: 
 
Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Bisa Bikin Kaum Petrolhead Kepincut

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2025 Dibuka September, Pameran B2B Terbesar di ASEAN
    Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2025 Dibuka September, Pameran B2B Terbesar di ASEAN
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka Hari Ini, Tandai 1 Dekade Penyelenggaraan
    GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka Hari Ini, Tandai 1 Dekade Penyelenggaraan
    Tomi Tomi . Hari ini
  • 700 KM Tes Efisiensi Line Up Andalan Honda e:HEV; Step WGN, CR-V dan HR-V
    700 KM Tes Efisiensi Line Up Andalan Honda e:HEV; Step WGN, CR-V dan HR-V
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Toyota Eco Youth Ke-13 Diikuti 338 sekolah dengan 1.125 Proposal
    Toyota Eco Youth Ke-13 Diikuti 338 sekolah dengan 1.125 Proposal
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Setelah 18 Tahun, Unit Terakhir Nissan GT-R R35 Tandai Akhir Produksi
    Setelah 18 Tahun, Unit Terakhir Nissan GT-R R35 Tandai Akhir Produksi
    Setyo Adi . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pameran Industri Terbesar Asia Tenggara IEE Series 2025 Siap Digelar
    Pameran Industri Terbesar Asia Tenggara IEE Series 2025 Siap Digelar
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Suzuki Perkenalkan Fronx dan New Carry di GIIAS Surabaya 2025
    Suzuki Perkenalkan Fronx dan New Carry di GIIAS Surabaya 2025
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mazda Tampil di GIIAS Surabaya 2025, CX-3 Kuro dan CX-60 Sport Jadi Andalan
    Mazda Tampil di GIIAS Surabaya 2025, CX-3 Kuro dan CX-60 Sport Jadi Andalan
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GIIAS Surabaya 2025: Suzuki Luncurkan New Carry dengan Warna Baru Prime Graphite Grey
    GIIAS Surabaya 2025: Suzuki Luncurkan New Carry dengan Warna Baru Prime Graphite Grey
    Ardiantomi . Hari ini
  • GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka, Tujuh Merek Baru Meriahkan Satu Dekade Pameran Otomotif di Kota Pahlawan
    GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka, Tujuh Merek Baru Meriahkan Satu Dekade Pameran Otomotif di Kota Pahlawan
    Ardiantomi . Hari ini
  • Manfaatkan Masa Insentif EV, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru
    Manfaatkan Masa Insentif EV, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
  • Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
    Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2025
  • Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
    Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
    Zenuar Yoga . 15 Agu, 2025
  • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
  • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
    Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
    Anjar Leksana . Hari ini
  • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025