Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Kemewahan dalam Paket Lebih Ekonomis

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Hyundai tetap menawarkan dua pilihan mesin untuk Santa Fe generasi terbaru. Paling menyita perhatian tentu saja powertrain hybrid yang menggantikan enjin diesel. Mesin gasoline naturally aspirated tetap ada sebagai alternatif yang lebih murah dan simpel. Varian yang sepertinya bakal tak terlalu dilirik, terbukti dari sekitar 1.400 unit terpesan sejak peluncuran, paling banyak dipilih adalah varian hybrid.

Sangat wajar, karena pengganti mesin diesel yang memiliki torsi galak dan efisien dapat digantikan oleh kombinasi apik antara mesin bensin 1,6-liter turbo dengan motor listrik. Performanya sama sekali tak kalah dari diesel. Malah lebih kuat, hening, dan bebas getaran serta sangat efisien.

Mesin Gasoline: Alternatif yang Layak

Mesin Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Bagaimana dengan gasoline? Masih layak dipilih, terutama melihat harga yang jauh lebih murah. Value menjadi menarik jika memilih trim yang sama. Tetap mendapatkan banyak benefit kenyamanan serta kemewahan, jika itu yang diutamakan konsumen.

Untuk itu, simak ulasan kami soal All-new Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy yang dibanderol Rp784,5 juta, lebih murah Rp85,1 juta.

Menyibak Perbedaan Fisik

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Membedakan Hyundai Santa Fe hybrid dari non-hybrid memang tidak mudah hanya dari tampilan luar. Untuk memastikannya, Anda perlu melihat emblem hybrid pada pintu bagasi atau memperhatikan detail roda. Santa Fe 2.5 GDi menggunakan pelek 21 inci dengan ban 245/45, sementara varian hybrid menggunakan pelek 20 inci dengan ban lebih lebar, 255/45. Desain eksterior lainnya tetap serupa.

Di dalam kabin, interior Santa Fe hybrid dan non-hybrid hampir identik. Cobalah periksa panel instrumen atau nyalakan mesinnya untuk memastikan. Kedua varian ini dilengkapi fitur-fitur mewah sebagai bagian dari trim Calligraphy. Balutan Nappa leather memberikan nuansa premium, sementara konfigurasi 6-seater dengan captain seat di tengah menawarkan kenyamanan terbaik.

Hyundai Santa Fe Calligraphy menawarkan berbagai fitur canggih yang membuat pengalaman berkendara lebih nyaman dan menyenangkan, termasuk pengaturan kursi elektrik, heated dan ventilated seat di kursi depan, heated seat di belakang, audio Bose, wireless charger, Bluelink, serta koneksi Android Auto dan Apple CarPlay.

Trim Calligraphy dilengkapi teknologi keselamatan Hyundai SmartSense yang lengkap, memastikan keamanan dan ketenangan saat berkendara. Fitur-fitur tersebut meliputi Surround View Monitor (SVM), Forward Collision-Avoidance Assist - Car/Pedestrian/Cyclist Detection (FCA - CAR/PED/CYC), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot View Monitor (BVM), Lane Following Assist (LFA), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go, Parking Collision-avoidance Assist (PCA), High Beam Assist (HBA) dan Parking Distance Warning (PDW).

Defisit Daya?

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi

Membedakan Hyundai Santa Fe hybrid dan non-hybrid bisa dilihat dari sektor penggerak. Di balik kap mesin Santa Fe 2.5 GDi terdapat unit Smartstream G2.5 GDi 4-silinder 2.497 cc naturally aspirated yang menghasilkan tenaga 194 PS di 6.100 rpm dan torsi maksimum 246 Nm di 4.000 rpm. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan varian hybrid yang memiliki output 235 PS dan torsi 367 Nm, berkat kombinasi mesin 1,6-liter turbo dan motor listrik.

Transmisi turut dibedakan. Sama-sama menggunakan transmisi otomatis torque converter, namun jumlah giginya berbeda. Santa Fe 2.5 GDi memiliki transmisi 8-percepatan, sedangkan hybrid menggunakan transmisi 6-percepatan. Jumlah gear yang lebih banyak membuat rentang rasio menjadi rapat untuk menjaga putaran mesin berada di powerband ideal.

Namun nyatanya, perbedaan akselerasi antara kedua varian tidak terlalu signifikan. Hyundai mengklaim Santa Fe 2.5 GDi dapat mencapai 0-100 km/jam dalam 11,5 detik, sementara 1.6T-GDi HEV (hybrid) lebih cepat, hanya dalam 9,5 detik. Model ICE unggul dalam kecepatan puncak mencapai 198 km/jam, sedangkan varian hybrid maksimal di 190 km/jam.

Mesin hybrid memiliki torsi besar dari motor listrik sejak putaran rendah, memberikan tarikan yang terasa dari awal hingga menengah ke atas. Sedangkan mesin N/A biasanya bekerja di kisaran putaran tengah hingga atas. Itulah mengapa varian 2.5 GDi lebih bersusah payah menghadapi tanjakan, terutama dengan bodinya yang besar.

Konsumsi bahan bakar juga berpengaruh. Ketika menjelajah stabil di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, konsumsi bahan bakar tercatat 14,6 km/liter. Di kemacetan dalam kota turun ke sekitar 11 km/liter, dan di rute penuh tanjakan hanya sekitar 7-8 km/liter. Ini masih sangat wajar untuk mesin pembakaran konvensional, bahkan bisa seirit mesin-mesin dengan kapasitas lebih kecil. Teknologi direct injection dan transmisi otomatis 8-percepatan turut memberi dampak positif.

Rasa dari Balik Kemudi

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy

Rasa mengemudi Santa Fe nyaris identik dengan hybrid, meski ada sedikit perbedaan yang mungkin memberi dampak, selain performa mesin. Varian 2.5 GDi trim Calligraphy memakai pelek 21-inci dengan ukuran ban 245/45, membuat suspensi terasa kaku meski tidak sampai terlampau kasar.

Karakter suspensi Santa Fe terbaru memang dibuat lebih keras. Ada efek positif dan negatif. Pengendalian menjadi gesit dan cukup akurat untuk sebuah SUV, lincah untuk bermanuver sampai-sampai tidak terasa seperti mengemudikan mobil besar. Namun harus terkompensasi dengan bantingan yang kurang lembut, meski redamannya tetap padat dan tidak memantul-mantul.

Selain itu, mengendarai Santa Fe terasa mudah dan rileks. Mencari posisi mengemudi yang pas mudah dengan pengaturan elektrik dan mode memori untuk pengemudi berbeda. Letak pengaturan ergonomis dan daya pandang leluasa ke segala arah. Bentuk bodi yang mengotak memudahkan mencari patokan tiap ujung mobil, ditambah fitur Blind Spot View Monitor untuk memantau titik buta mata.

Inferensi

Hyundai Santa Fe 2.5 GDi

Trim Calligraphy menawarkan kenyamanan terbaik bagi penumpang di baris kedua. Jok captain seat adalah kuncinya, menegaskan ini adalah mobil untuk disopiri. Pengaturannya serbaelektrik, bahkan ada tombol untuk mengatur kursi penumpang depan demi area kaki yang lebih lega.

Jika tidak perlu membawa banyak penumpang, kursi baris ketiga bisa dilipat rapi rata dengan lantai, ditambah partisi yang menjadikannya area kargo ekstralapang. SUV ini memiliki akomodasi dan kepraktisan layaknya MPV.

Perbandingan performa dan efisiensi bukan masalah besar, terutama bagi pemilik yang mencari kenyamanan sebagai penumpang. Atau bagi yang tidak membutuhkan teknologi terlalu rumit, varian ini pantas dilirik untuk mendapatkan esensi kenyamanan, meskipun lebih boros. (Odi)

Baca Juga: 

Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV: Kuat di Tanjakan Kawah Kamojang dan Tetap Efisien

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Daihatsu Berikan Penghargaan Khusus Kepada Pengguna Setia di DKS Bitung
    Daihatsu Berikan Penghargaan Khusus Kepada Pengguna Setia di DKS Bitung
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Otoproject Bawa Cicido ke Indonesia, Aksesoris Ergonomis Premium untuk Kenyamanan Berkendara
    Otoproject Bawa Cicido ke Indonesia, Aksesoris Ergonomis Premium untuk Kenyamanan Berkendara
    Muhammad Hafid . 14 Des, 2025
  • Honda Racing Kuasai Mandalika, Sabet Lima Gelar dan Rayakan 40 Tahun Balap Nasional
    Honda Racing Kuasai Mandalika, Sabet Lima Gelar dan Rayakan 40 Tahun Balap Nasional
    Setyo Adi . 14 Des, 2025
  • Mau Lengkapi Fitur BYD Atto 1, Ada Opsi Paket dari Otoproject
    Mau Lengkapi Fitur BYD Atto 1, Ada Opsi Paket dari Otoproject
    Muhammad Hafid . 13 Des, 2025
  • Porsche 911 GT3 90 F. A. Hadir, Edisi Eksklusif Rayakan 90 Tahun F. A. Porsche
    Porsche 911 GT3 90 F. A. Hadir, Edisi Eksklusif Rayakan 90 Tahun F. A. Porsche
    Wahyu Hariantono . 13 Des, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daihatsu Gelar Kumpul Sahabat di Bitung, Apresiasi Konsumen Setia dan Dukung UMKM Lokal
    Daihatsu Gelar Kumpul Sahabat di Bitung, Apresiasi Konsumen Setia dan Dukung UMKM Lokal
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Hyundai Stargazer Bekas Tahun Muda Sekarang Harganya Makin Murah
    Hyundai Stargazer Bekas Tahun Muda Sekarang Harganya Makin Murah
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Honda Raih Lima Gelar Juara di Mandalika, Manis 40 Tahun Kiprah Balap di Indonesia
    Honda Raih Lima Gelar Juara di Mandalika, Manis 40 Tahun Kiprah Balap di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Otoproject Rilis Aksesori Khusus untuk BYD Atto 1
    Otoproject Rilis Aksesori Khusus untuk BYD Atto 1
    Muhammad Hafid . 13 Des, 2025
  • BYD Pastikan Pabrik Subang Rampung Tahun Ini dan Produksi Dimulai Kuartal I 2026
    BYD Pastikan Pabrik Subang Rampung Tahun Ini dan Produksi Dimulai Kuartal I 2026
    Muhammad Hafid . 12 Des, 2025
  • Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
    Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Setyo Adi Nugroho . 12 Des, 2025
  • Pilihan Low MPV Akhir 2025, Tambah Toyota Veloz Hybrid
    Pilihan Low MPV Akhir 2025, Tambah Toyota Veloz Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 09 Des, 2025
  • Daftar Harga Model LCGC Terkini, Tetap Menarik Meski Alami Penurunan Pasar
    Daftar Harga Model LCGC Terkini, Tetap Menarik Meski Alami Penurunan Pasar
    Setyo Adi Nugroho . 08 Des, 2025
  • Wuling Darion EV: MPV Listrik Keluarga dengan Tawaran Paling Menggoda
    Wuling Darion EV: MPV Listrik Keluarga dengan Tawaran Paling Menggoda
    Ardiantomi . 06 Des, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025