Merawat Mesin Turbo Berkapasitas Kecil Tidaklah Sulit

mesin turbo 1KR-VET

Tren engine downsizing lagi merebak belakangan ini. Kapasitas mesin dan silinder memang berkurang, tapi diimbuhi turbocharger. Alhasil tenaga meningkat diiringi efisiensi bahan bakar. Mungkin saja sebagian kalangan masih ragu mengenai perawatan mobil berteknologi turbo. Termasuk calon pengguna Toyota Raize 1.0T. Menurut pabrikan, walau volume bakar kecil, namun tenaga mirip dengan enjin 1.500 cc naturally aspirated. Sebenarnya perawatan mesin ini tidaklah serepot yang dipikirkan.

Asal, pengguna rutin menjalankan servis berkala sesuai rekomendasi. Untuk diketahui, Raize menggendong mesin 1KR-VET berkonfigurasi 1,0 liter turbo 3 silinder segaris. Hasil tarian piston ganjil memberi momen puntir maksimal 140 Nm. Torsi tersedia mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Lantas tenaga 98 PS pada 6.000 rpm. Nah, sebetulnya ada beberapa hal harus diperhatikan oleh pemilik. Begini urutan perawatan enjin turbo.

Pelajari Buku Manual Kendaraan

Buku manual kendaraan berisi panduan tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi sederhana. Semua penjelasan mudah dipahami. Di dalamnya, berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, instruksi instalasi, identifikasi masalah. Kemudian instruksi pengaturan, spesifikasi produk serta instruksi perawatan serta pemecahan masalah. Dengan membaca buku manual, seharusnya Anda dapat mempelajari cara merawat. Termasuk bagaimana cara memperlakukan mobil turbo yang benar.

Baca Juga: Cegah Aki Tekor, Lakukan Tindakan Ini

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Enjin pemacu berinduksi turbo membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi. Sebab rasio kompresi ketika pembakaran juga tidak rendah. Asupan bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi. Bisa membuat pembakaran tidak berlangsung sempurna. Alhasil buncahan daya tidak optimal alias membuatnya kehilangan tenaga. Kemudian, juga menyebabkan knocking atau ngelitik. Dalam jangka panjang jika diabaikan bisa merusak mesin. Kondisi ini juga bakal menghasilkan residu pada gas buang yang menempel di turbin. Jika didiamkan dapat merusak komponen turbo.

mesin toyota raize 1KR-VET

Perhatikan Kondisi Oli Mesin

Komponen turbo mendapatkan oli yang sama dengan cairan untuk melumasi komponen mesin. Mengingat kinerja turbo terbilang berat, karena sanggup berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm. Maka hukumnya wajib menggunakan pelumas sesuai kebutuhan untuk memastikan tetap bekerja dengan baik dan menjaga daya tahan enjin. Sesuai rekomendasi pabrikan, gunakanlah oli TMO. Jangn lupa, terus rutin menggantinya waktu servis berkala.

Baca Juga: Bahaya Fatal Rem Blong, Harus Paham Penyebab dan Cara Mencegahnya

Ganti Filter Udara Secara Berkala

Untuk diketahui, turbo mengisap udara dari luar untuk dimampatkan ke dalam ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara supaya memastikannya bekerja optimal menyaring kotoran. Sehingga tidak ikut terbawa. Segera ganti kalau penyaring udara terlalu kotor karena bakal menghambat aliran udara. Sebaiknya jangan dibersihkan, karena membuat elemen rusak, mengingat kuatnya dorongan turbo. Sama dengan oli mesin. Pastikan untuk selalu mengganti saringan udara sesuai ketentuan waktu servis berkala di bengkel resmi Toyota maupun Auto2000.

“Tertarik memiliki All New Raize Turbo? Segera hubungi cabang Auto2000 untuk informasi lebih detail. Selanjutnya lakukan booking pembelian supaya bisa memanfaatkan diskon PPnBM ditanggung pemerintah. Untuk perawatan, pastikan seluruh komponen yang terkait dengan turbo selalu dirawat dengan menjalankan servis berkala di bengkel Auto2000. Atau dapat memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service melalui Auto2000 Digiroom,” papar Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 dalam keterangan tertulis (30/4).

Gagasan mesin turbo mini atau downsizing sendiri adalah kubikasi kecil. Namun memiliki perangkat forced induction berupa turbocharger. Dengan induksi turbo maka tenaga instan tambahan dapat dihasilkan, bahkan jika dikalkulasi dari mesin yang kapasitasnya lebih besar (1.500 cc). Selain besaran tenaga sama. Enjin mungil ini juga diharapkan memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit, dibandingkan mobil non-turbo bertenaga selevel. Namun soal konsumsi bahan bakar kembali lagi pada gaya mengemudi si pengendara. (Alx/Odi)

Baca Juga: Hati-hati Mobil Kelebihan Muatan, Cek Dulu Daya Angkutnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Debut Suzuki Vision e-Sky Concept di Japan Mobility Show 2025, Calon City Car EV
    Debut Suzuki Vision e-Sky Concept di Japan Mobility Show 2025, Calon City Car EV
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda CR-V Debut Versi e:FCEV di Japan Mobility Show 2025, Ngacir Pakai Hidrogen
    Honda CR-V Debut Versi e:FCEV di Japan Mobility Show 2025, Ngacir Pakai Hidrogen
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Sesuai Jadwal, GAC Indonesia Mulai Kirim Aion UT ke Konsumen
    Sesuai Jadwal, GAC Indonesia Mulai Kirim Aion UT ke Konsumen
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Mitsubishi Destinator Ultimate Premium Mejeng di The 7th Indonesia Autovaganza 2025
    Mitsubishi Destinator Ultimate Premium Mejeng di The 7th Indonesia Autovaganza 2025
    Tomi Tomi . 26 Okt, 2025
  • Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
    Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
    Editorial . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Toyota Membuka Babak Baru Lewat Corolla Concept
    Toyota Membuka Babak Baru Lewat Corolla Concept
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Suzuki Gunakan Kembali Baterai EV Bekas untuk Lampu Jalan Tenaga Surya
    Suzuki Gunakan Kembali Baterai EV Bekas untuk Lampu Jalan Tenaga Surya
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Honda CR-V e:FCEV Curi Perhatian di Japan Mobility Show 2025
    Honda CR-V e:FCEV Curi Perhatian di Japan Mobility Show 2025
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Panggilan Buat Warga Tangsel dan Sekitarnya, Suzuki Fronx Hadir di Bintaro Xchange!
    Panggilan Buat Warga Tangsel dan Sekitarnya, Suzuki Fronx Hadir di Bintaro Xchange!
    OTO . Hari ini
  • GAC Indonesia Tepati Janji, Pengiriman Perdana AION UT Dimulai Oktober 2025
    GAC Indonesia Tepati Janji, Pengiriman Perdana AION UT Dimulai Oktober 2025
    Anjar Leksana . 30 Okt, 2025
  • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ardiantomi . Hari ini
  • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    OTO . Hari ini
  • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Ardiantomi . 30 Okt, 2025
  • Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
  • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
  • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
  • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    Anjar Leksana . 15 Okt, 2025