Merawat Mesin Turbo Berkapasitas Kecil Tidaklah Sulit

mesin turbo 1KR-VET

Tren engine downsizing lagi merebak belakangan ini. Kapasitas mesin dan silinder memang berkurang, tapi diimbuhi turbocharger. Alhasil tenaga meningkat diiringi efisiensi bahan bakar. Mungkin saja sebagian kalangan masih ragu mengenai perawatan mobil berteknologi turbo. Termasuk calon pengguna Toyota Raize 1.0T. Menurut pabrikan, walau volume bakar kecil, namun tenaga mirip dengan enjin 1.500 cc naturally aspirated. Sebenarnya perawatan mesin ini tidaklah serepot yang dipikirkan.

Asal, pengguna rutin menjalankan servis berkala sesuai rekomendasi. Untuk diketahui, Raize menggendong mesin 1KR-VET berkonfigurasi 1,0 liter turbo 3 silinder segaris. Hasil tarian piston ganjil memberi momen puntir maksimal 140 Nm. Torsi tersedia mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Lantas tenaga 98 PS pada 6.000 rpm. Nah, sebetulnya ada beberapa hal harus diperhatikan oleh pemilik. Begini urutan perawatan enjin turbo.

Pelajari Buku Manual Kendaraan

Buku manual kendaraan berisi panduan tertulis dan gambar dalam bentuk ilustrasi sederhana. Semua penjelasan mudah dipahami. Di dalamnya, berisi informasi penting seperti garansi, keselamatan kendaraan, instruksi instalasi, identifikasi masalah. Kemudian instruksi pengaturan, spesifikasi produk serta instruksi perawatan serta pemecahan masalah. Dengan membaca buku manual, seharusnya Anda dapat mempelajari cara merawat. Termasuk bagaimana cara memperlakukan mobil turbo yang benar.

Baca Juga: Cegah Aki Tekor, Lakukan Tindakan Ini

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Enjin pemacu berinduksi turbo membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi. Sebab rasio kompresi ketika pembakaran juga tidak rendah. Asupan bahan bakar yang tidak tepat, seperti nilai oktan di bawah rekomendasi. Bisa membuat pembakaran tidak berlangsung sempurna. Alhasil buncahan daya tidak optimal alias membuatnya kehilangan tenaga. Kemudian, juga menyebabkan knocking atau ngelitik. Dalam jangka panjang jika diabaikan bisa merusak mesin. Kondisi ini juga bakal menghasilkan residu pada gas buang yang menempel di turbin. Jika didiamkan dapat merusak komponen turbo.

mesin toyota raize 1KR-VET

Perhatikan Kondisi Oli Mesin

Komponen turbo mendapatkan oli yang sama dengan cairan untuk melumasi komponen mesin. Mengingat kinerja turbo terbilang berat, karena sanggup berputar hingga 25.000 – 30.000 rpm. Maka hukumnya wajib menggunakan pelumas sesuai kebutuhan untuk memastikan tetap bekerja dengan baik dan menjaga daya tahan enjin. Sesuai rekomendasi pabrikan, gunakanlah oli TMO. Jangn lupa, terus rutin menggantinya waktu servis berkala.

Baca Juga: Bahaya Fatal Rem Blong, Harus Paham Penyebab dan Cara Mencegahnya

Ganti Filter Udara Secara Berkala

Untuk diketahui, turbo mengisap udara dari luar untuk dimampatkan ke dalam ruang bakar mesin. Selalu perhatikan kondisi filter udara supaya memastikannya bekerja optimal menyaring kotoran. Sehingga tidak ikut terbawa. Segera ganti kalau penyaring udara terlalu kotor karena bakal menghambat aliran udara. Sebaiknya jangan dibersihkan, karena membuat elemen rusak, mengingat kuatnya dorongan turbo. Sama dengan oli mesin. Pastikan untuk selalu mengganti saringan udara sesuai ketentuan waktu servis berkala di bengkel resmi Toyota maupun Auto2000.

“Tertarik memiliki All New Raize Turbo? Segera hubungi cabang Auto2000 untuk informasi lebih detail. Selanjutnya lakukan booking pembelian supaya bisa memanfaatkan diskon PPnBM ditanggung pemerintah. Untuk perawatan, pastikan seluruh komponen yang terkait dengan turbo selalu dirawat dengan menjalankan servis berkala di bengkel Auto2000. Atau dapat memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service melalui Auto2000 Digiroom,” papar Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 dalam keterangan tertulis (30/4).

Gagasan mesin turbo mini atau downsizing sendiri adalah kubikasi kecil. Namun memiliki perangkat forced induction berupa turbocharger. Dengan induksi turbo maka tenaga instan tambahan dapat dihasilkan, bahkan jika dikalkulasi dari mesin yang kapasitasnya lebih besar (1.500 cc). Selain besaran tenaga sama. Enjin mungil ini juga diharapkan memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit, dibandingkan mobil non-turbo bertenaga selevel. Namun soal konsumsi bahan bakar kembali lagi pada gaya mengemudi si pengendara. (Alx/Odi)

Baca Juga: Hati-hati Mobil Kelebihan Muatan, Cek Dulu Daya Angkutnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Halte Transjakarta Pasar Senen Berubah Nama, Pakai Branding Toyota Rangga
    Halte Transjakarta Pasar Senen Berubah Nama, Pakai Branding Toyota Rangga
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • PEVS 2025: BYD dan Denza Hadirkan Inovasi dan Pencapaian di Pasar EV
    PEVS 2025: BYD dan Denza Hadirkan Inovasi dan Pencapaian di Pasar EV
    Setyo Adi . 30 Apr, 2025
  • PEVS 2025: MG Pajang Line Up EV Lengkap Rayakan Hari Bumi
    PEVS 2025: MG Pajang Line Up EV Lengkap Rayakan Hari Bumi
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • New BAIC X55 II Kini Punya Dua Varian, Ini Perbedaannya
    New BAIC X55 II Kini Punya Dua Varian, Ini Perbedaannya
    Alvando Noya . 30 Apr, 2025
  • Huawei Bikin Inovasi Charger 1,5 Megawatt, Isi Penuh Baterai Truk Listrik Cuma 15 Menit
    Huawei Bikin Inovasi Charger 1,5 Megawatt, Isi Penuh Baterai Truk Listrik Cuma 15 Menit
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Halte Transjakarta Pasar Senen Kini Resmi Bernama Halte Senen Toyota Rangga
    Halte Transjakarta Pasar Senen Kini Resmi Bernama Halte Senen Toyota Rangga
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • Daihatsu Donasikan Gran Max untuk Balai Pengujian Kementerian Perhubungan
    Daihatsu Donasikan Gran Max untuk Balai Pengujian Kementerian Perhubungan
    Anjar Leksana . 30 Apr, 2025
  • MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • Formula E Jakarta 2025: Tiket Sudah Tersedia, Harga Mulai Rp300 Ribu
    Formula E Jakarta 2025: Tiket Sudah Tersedia, Harga Mulai Rp300 Ribu
    Alvando Noya . 30 Apr, 2025
  • BAIC BJ30 HEV Siap Meluncur di GIIAS 2025, Hadirkan Dua Varian Sekaligus
    BAIC BJ30 HEV Siap Meluncur di GIIAS 2025, Hadirkan Dua Varian Sekaligus
    Alvando Noya . 30 Apr, 2025
  • Geely Impresi Galaxy Starship 7 EM-1: SUV Hybrid dengan Jarak Tempuh 1.430 Km!
    Geely Impresi Galaxy Starship 7 EM-1: SUV Hybrid dengan Jarak Tempuh 1.430 Km!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Apr, 2025
  • Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
    Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
    Anjar Leksana . 30 Apr, 2025
  • Mitsubishi Pajero Sport 2025: SUV Tangguh dengan Desain Modern dan Kaya Fitur
    Mitsubishi Pajero Sport 2025: SUV Tangguh dengan Desain Modern dan Kaya Fitur
    Ardiantomi . 29 Apr, 2025
  • Bahas Fitur Keamanan Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense, Apa Saja?
    Bahas Fitur Keamanan Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense, Apa Saja?
    Ardiantomi . 29 Apr, 2025
  • Geely dan Era AI Otomotif, Masa Depan Mobilitas Cerdas
    Geely dan Era AI Otomotif, Masa Depan Mobilitas Cerdas
    Setyo Adi Nugroho . 28 Apr, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025