Cerita Sukses Pabrikan Mobil, Usaha Tak Mengkhianati Hasil

Mitsubishi Model A

Tidak semua berawal dari kesuksesan seperti yang terlihat saat ini. Contohnya, team principal Mercedes-AMG di balapan F1, Toto Wolf, hidupnya pernah susah. Ia pernah jualan lilin, membagikan flyer di pinggir jalanan Austria sebelum sukses dengan kekayaan lebih dari 300 juta poundsterling. Hal sama juga berlaku buat pabrik mobil.

Tidak semua langsung ‘nyebur’ bikin mobil. Ada yang mulai dari bikin payung, pembuat alat pemintal, kulkas bahkan tukang bikin busa. Tapi semua punya benang merah: Kejelian, kesempatan dan kegigihan membuat mereka sukses di usaha otomotif. Kita mulai dari sang pembuat payung dulu.

 

Peugeot

Armand Peugeot Armand Peugeot

Tidak cuma payung, berdiri 26 September 1810 Peugeot memiliki usaha pembuatan barang yang berbahan mentah metal. Ada alat gilingan kopi, gergaji dan yang paling terkenal, sepeda. Kemudian era otomotif dimulai. Berbekal pengetahuan soal besi, Armand Peugeot, sang pendiri mengintip peluang di bidang baru itu setelah berbincang dengan Gottlieb Daimler. Mobil pertama mereka bertenaga uap dengan tiga roda. Muncul pertama di acara World Fair tahun 1889 di Paris. Kini, Peugeot adalah produsen otomotif tertua kedua di dunia yang masih beroperasi. Dan, perusahaan otomotif tertua di dunia dengan usia 211 tahun.

 

Toyota

Sakichi Toyoda Sakichi Toyoda

Sebelum dikenal sebagai pembuat mobil harian yang reliable seperti sekarang, Toyota tidak punya latar belakang otomotif. Sakichi Toyoda mendirikan perusahaan ini untuk membuat mesin tenun. Bukan yang biasa, tapi mesin tenun otomatis yang bisa mendeteksi kalau ada proses yang salah. Kreasi Sakichi ini kemudian mendunia. Baru sembilan tahun kemudian, Kiichiro Toyoda, anaknya, membuat divisi otomotif. Modalnya didapat setelah mereka menjual paten mesin tenun kepada Platt Brothers dari Inggris. Mobil pertamanya adalah sedan Toyota AA. Sukses dengan mobil itu membuat Toyota fokus di dunia otomotif dan jadi raksasa seperti sekarang.

Baca Juga: Dari Film Sampai Mobil Perang, Inilah 4 Land Rover Paling Unik

 

Geely

Geely Lotus Lotus Evija

Raksasa otomotif Cina ini juga bukan main usahanya. Geely Automobile Holdings Ltd adalah bagian dari Zhejiang Geely Holding Group Co., Ltd. Didirikan oleh Li Shufu tahun 1986, awalnya ia hanya membuat kulkas. Modalnya pun pinjam dari saudara sendiri. Sukses berkat harga jualnya yang murah. Ia lantas mulai merambah otomotif. Dimulai dari roda dua tahun 1990an. Mobil pertama hadir dalam bentuk prototype. Namanya tidak jelas. Begitu juga bentuknya. Basisnya adalah Hongqi, produk FAW berdasarkan lisensi dari Audi 100. Kemudian oleh Shufu, diubah bentuk jadi mirip Mercedes-Benz E-Class generasi W210. Meski cuma jadi prototipe dan banyak dianggap miring, tapi dari situlah Shufu bisa mengarahkan bisnisnya jadi raksasa seperti sekarang. Ingat, Volvo, Lotus, Proton, Smart Automobile, Benelli hingga London Electric Vehicle Company (LEVC) dimiliki oleh Geely.

 

Mazda

Mazda Go Mazda Go

Didirikan oleh Jujiro Matsuda dengan nama Toyo Kogyo tahun 1920 di Hiroshima, Jepang. Perusahaan ini membuat gabus. Ya, gabus. Karena gigih, ia merambah industri lain seperti peralatan pengeboran, lampu hingga permesinan dan sempat juga membuat senapan saat perang dunia kedua. Lalu tahun 1931, Matsuda mencoba peruntungan dengan membuat kendaraan angkut ringan tiga roda bernama Mazda Go. Sukses, nama perusahaan pun berganti dan kini jadi salah satu produsen mobil premium Jepang dengan desain dan kemampuan yang hebat.

 

Mitsubishi

Yataro Iwasaki Yataro Iwasaki

Percaya atau tidak, Mitsubishi awalnya didirikan tahun 1870 sebagai perusahaan perkapalan oleh Yataro Iwasaki. Mereka mengakomodir ekspor dari Jepang ke negara-negara barat. Namanya pun bukan Mitsubishi tapi Tsukumo Shokai. Usahanya dari hulu sampai ke hilir. Untuk mengakomodir keperluan batubara sebagai bahan bakar kapal, ia mendirikan usaha tambang. Tidak lama, kapal yang ia miliki perlu perbaikan. Pria kumis tebal ini mendekati pemerintah untuk membeli galangan milik negara. Sukses, memenuhi keperluan besi untuk material kapal, ia bikin perusahaan bijih besi. Tidak lupa, perusahaan asuransi untuk jaminan muatannya. Lama-lama berkembang jadi pembuat pesawat dan mobil. Mitsubishi Model A, kendaraan roda empat untuk penumpang pertama kali diperkenalkan tahun 1917. Inilah mobil penumpang pertama yang dibuat oleh pabrikan Jepang.

 

Lamborghini

Ferruccio-Lamborghini-1 Ferruccio Lamborghini

Yang suka mobil kencang pasti paham. Mobil Lamborghini adalah proyek sakit hati Ferruccio Lamborghini terhadap Enzo Ferrari. Yang belum tahu, Ferruccio Lamborghini adalah pembuat traktor yang sukses. Kesuksesannya mendorong keinginan untuk membeli Ferrari 250 GTO. Karena paham teknis, ia merasa ada yang salah dengan kopling mobil sport itu. Ia lantas menemui El Comandante, Enzo Ferrari untuk memberikan masukan. Hasilnya, ia diusir oleh Ferrari dan disuruh, “Sudahlah. Kamu bikin traktor saja.” Nah, sejak itu lahirlah mobil-mobil berperforma yang indah dilihat dengan titel Lamborghini. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Mobil Legendaris yang Terlahir dari Pabrikan Mainstream

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang