Menyelami Toyota Gazoo Racing, ketika DNA Balap Dijadikan Pedoman Membuat Mobil Mengasyikkan

Toyota Gazoo Racing

Toyota Gazoo Racing (TGR) mengemban tugas dalam meracik mobil balap. Arena yang diterjunkan masuk taraf global, prestasi didapat pun sudah banyak. Visi ini sangat mungkin terlaksana lantaran TGR membawa kendaraan produksi massal untuk berlaga di berbagai ajang balap. Baik domestik, regional, hingga penjuru dunia. Kalau di Indonesia, Toyota Astra Motor melego GR Supra dan GR Yaris.

Jadi versi kendaraan sport tak hanya untuk balapan semata. Gazoo Racing pun sanggup meramu mobil versi massal dalam membangkitkan antusiasme penggunanya. Dikatakan tetap nyaman di jalan namun asyik berselancar tatkala bercengkerama di sirkuit. GR Supra merupakan produk yang dikembangkan oleh TGR dari nol. Pengalaman di dunia balap, terutama di sirkuit legendaris Nürburgring, dijadikan acuan pengembangan. Hasilnya adalah sebuah kendaraan calon legenda baru, untuk memompa adrenalin. Mari berkenalan dengan pengembangan lain yang tak kalah menarik.

Limited Edition GRMN

Yaris GRMN

GRMN merupakan kependekan dari Gazoo Racing Master of Nurburgring. Seperti diketahui, Toyota memiliki ikatan sangat kuat dengan sirkuit di Jerman ini. Bahkan partisipasi balap pertama mereka di Eropa ada di situ. Perusahan banyak makan asam garam selama puluhan tahun berlomba di Nurburgring. Ini memberikan inspirasi pada TGR dalam membuat model limited edition dari versi jalan raya. Kemudian diberi imbuhan label GRMN. Tentu formulasi tubuh punya karakter balap kuat.

Sebelum datang sebagai versi jalan raya, Toyota 86 sempat mengenyam ketatnya persaingan ajang balap ketahanan Nürburgring 24 jam. Kala itu, pabrikan melihatnya sebagai wahana uji coba mobil berbekal citarasa sport tinggi. Pertama datang pada 2011, ia mencapai puncak kejayaan pada 2012 dan 2014 ketika berhasil merebut gelar juara pertama kelas GT-3.

Mobil yang juara pada 2014 diklaim mencapai kinerja paling seimbang dalam hal performa, menikung dan berhenti. Bahkan seolah begitu memahami karakter sirkuit. Pengalaman panjang berlaga di Nürburgring 24 jam membuat 86 semakin kencang dan lincah saat dipacu. Sekaligus memberi rasa tenang dan percaya diri. Dari sini muncul keinginan untuk membangun veri GRMN dengan mengandalkan produk yang sudah terbukti cakap di sirkuit. Juga mampu beradaptasi di segala kondisi jalan biasa. TGR belajar untuk menciptakan kembali rasa sama pada mobil balap ke dalam varian produksi massal. Buah tangan dingin TRG berupa 86 GRMN yang diproduksi terbatas hanya 100 unit. Dan langsung ludes terjual pada 2017.

Lantas satu tahun setelah Toyota kembali ke ajang reli dunia 2017. Barulah Yaris GRMN datang membawa DNA mobil reli ke dalam mobil jalan raya. Sama dengan 86. TGR mengembangkan Yaris GRMN di sirkuit Nurburgring. Targetnya: membawa seoptimal mungkin perilaku kendaraan reli ke dalam mobil harian versi terbatas. Mereka memiliki sebuah garasi sejarak 4 km dari sirkuit ini. Lokasi banyak dipakai para spesialis dan pembalap pabrikan untuk memberikan sentuhan balap pada Yaris GRMN.

Hasilnya adalah sebuah hothatch yang bisa menari dengan lincah ala mobil reli. Punya performa tinggi dan begitu menyatu dengan pengemudi. Tentu dengan tampilan eksterior tak kalah menarik. Hatchback tiga pintu ini mempunyai desain atraktif. Sama halnya dengan 86 GRMN, mobil ini juga langsung habis saat dipasarkan.

Bagi Toyota, GRMN bagaikan training center bagi TGR untuk menimba ilmu dan pengalaman lebih dalam mengenai produk jalan raya dengan citarasa sport. Seiring waktu, model dengan label GRMN tidak lagi diproduksi. Lantas TGR fokus mengembangkan Pure GR serta flagship dari model yang ada saat ini berlabel GR SPORT.

Baca Juga: 5 Tuner Kelas Kakap Non-Pabrikan Pemuas Hasrat Terpendam

Perbedaan GRMN dan Pure GR

oyota-supra-front-angle-low-view-616413

Ada sejumlah perbedaan pendekatan yang dilakukan oleh TGR dalam melahirkan produk GRMN dan Pure GR. GRMN mengambil basis mobil jalan raya yang sudah ada untuk dimodifikasi sebagai model racing edisi terbatas. Namun tetap mengambil olahan performa di trek balap Nurburgring sebagai acuan pengembangan. Mobil ini lebih mengacu untuk mobilitas harian dengan nuansa balap kental. Tapi lebih menghibur dari model aslinya. Baik dari segi tampilan maupun performa.

Kalau Pure GR, benar-benar sebuah mobil sport yang diciptakan dari nol oleh TGR. Target utamanya, memberikan performa menghibur ketika sang pemilik berada di balik kemudi. Sejauh ini ada dua pendekatan dilakukan. Pertama seperti GR Supra yang mewarisi DNA sportscar Supra sejak generasi pertama untuk membuat performance car baru. Mereka menjadikan pengalaman engineer serta keandalan mobil balap Toyota di arena ketahanan kelas production car sebagai pedoman.

Pendekatan kedua, dengan meminjam sasis model jalan raya untuk dibuat sebuah Pure GR. Sejumlah komponen didesain dan diciptakan sendiri oleh TGR untuk menghasilkan kinerja terbaik ala mobil balap. Lagi-lagi, berdasarkan pengalaman panjang guna mendapatkan racikan model paling memuaskan keinginan pemuja kecepatan. Seperti GR Yaris yang memanfaatkan database mobil reli Yaris WRC sebagai pedoman pembuatannya. Baik GR Supra maupun GR Yaris harus merasakan ujian di sirkuit Nurburgring sebelum masuk ke jalur produksi.

Nah, setiap mobil harian hasil rekayasa TGR mendapatkan kode GR (GAZOO Racing) dalam penamaan. Ini bertujuan sebagai penegas atmosfer racing yang diembuskan, seperti Toyota GR Yaris yang meluncur di Eropa dan Jepang. Pemesanan di Indonesia hanya dibatasi 126 unit saja. Itu pun langsung diserbu peminat. Terlepas dari itu. Secara garis besar, nomenklaturnya dibagi dalam dua segmen.

Yaitu Pure GR. Di sini TGR mendedikasikan seluruh waktu, sumber daya manusia, pengetahuan. Serta teknologi yang dikuasai untuk membangun sebuah mobil idaman dari kertas kosong. Tentu dengan tetap berpegang pada keahlian yang dilatih dari trek balap. Dan fokus dalam meraih performa hingga di limit tertinggi. TGR benar-benar berupaya menciptakan kendaraan berorientasi pada kepuasan saat berada di balik lingkar kemudi. Termasuk menjadi magnet menarik perhatian di jalan.

GR Yaris 2021

Untuk diketahui, GR Supra merupakan produk global pertama yang menggunakan status ini. Supra adalah bagian dari sejarah mobil sport Toyota. Sejak pertama dikenalkan pada 1978, ia sudah menarik perhatian car enthusiast berkat tampilan sporty dan performa kuat. Bahkan, Akio Toyoda mengasah keterampilannya sebagai master driver dalam mengemudi pakai Supra. Tidak heran jika TGR mencurahkan seluruh keahlian di dunia balap untuk melahirkan produk Pure GR global pertama ini.

Ia merupakan sportscar coupe yang bertujuan memberikan racing excitement saat berkendara. Terdapat tiga kunci utama saat pengembangan Supra. Yakni lebar trek ban, jarak sumbu roda, dan center of gravity. Ketiga elemen ini bertujuan untuk memberikan sensasi balap melalui handling kian mendebarkan. Terutama saat cornering (bermanuver tajam) karena mobil terasa begitu lekat dengan aspal.

Capaian Pure GR lainnya adalah GR Yaris. Kendaraan ini menjadi model pertama yang mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) untuk mobil kompak. Dan hasilnya menampilkan desain bodi ringan, rigid, dengan pusat gravitasi rendah. TGR membangun GR Yaris dari awal untuk mencapai desain dengan kekakuan tinggi. Keseimbangan yang begitu pas, serta mengoptimalkan geometri suspensi depan maupun belakang.

Formulasi Pure GR lain belum usai. Masih ada GR Super Sport Concept. Meski masih berupa prototipe, turunan langsung dari Toyota TS050 HYBRID ini sudah sempat mengitari sirkuit Le Mans Prancis saat gelaran Le Mans 24 Hour. Artinya, GR Super Sport Concept segera masuk jalur produksi. Kemungkinan bakal menggunakan nama GR 010.

GR Sport

Toyota C-HR GR Sport

Versi ini merupakan flagship dari model yang sudah ada. Beberapa sentuhan khas TGR diberikan untuk membedakannya dari versi biasa. Tak hanya bikin tampil lebih sporty nan dinamis, namun jua terkesan eksklusif plus menarik perhatian di jalan. Ambil contoh, pemberian aksen warna hitam serta merah sebagai trademark TGR. Lalu panel bodi dibuat spesial sesuai dengan citarasa racing look ala pabrikan.

Opsi GR Sport merupakan flagship model Toyota untuk pasar domestik Jepang pada mulanya. Tapi sekarang penamaan ini berlaku untuk global. Seperti Copen GR Sport, C-HR GR S Sport, Prius PHV GR Sport, Aqua GR Sport, Prius α GR Sport, Noah GR Sport dan Voxy GR Sport. Kalau di Indonesia kebagian Raize GR Sport dengan aksesori lebih sporty. Sementara di Eropa, tersedia Yaris GR Sport, Corolla Hatchback GR Sport dan Corolla Touring GR Sport. Sedangkan dari kawasan Amerika Latin terdapat Hilux GR Sport. Ia tampil gagah nan sporty berbekal striping bodi ciri khas TGR.

Racikan di Yaris GR Sport tidak seganas GR Yaris. Unit hanya mengandalkan mesin 1.500 cc hybrid bertenaga 100 PS. Untuk membuatnya tampil lebih sporty dan meningkatkan pengendalian. Model ini menggunakan kit suspensi Sachs. Sontak bikin tampilan lebih rendah 11 mm dari model standar. Yaris GR Sport juga memakai pelek eksklusif. Hanya untuk dia, ukurannya 17 inci dengan atap hitam, spoiler belakang, grille honeycomb hitam, lampu depan dan belakang smoke. Lalu decals merah di bibir grille besar.

Dan yang terakhir, Corolla GR Sport. Ia mewujudkan semangat TGR untuk menyajikan tampilan dinamis dan keandalan berkendara dalam paket penuh performa. Pengaruh TGR ditonjolkan dalam elemen gaya khas Corolla. Termasuk grille depan baru dengan lapisan krom gelap, lower skirts, side sills, serta diffuser belakang. Corolla Hatchback GR Sport dilengkapi pelek alloy 18 inci stylish, kaca privasi belakang, fog lamp depan, lampu depan LED. Kemudian warna Ash Grey Bi-tone menarik. Pilihan mesinnya berupa pemacu bensin 1.800 cc hybrid dan 2.000 cc. Itulah jenis kendaraan besutan Gazo Racing. Kalau penempatan nama GR di depan, berarti mengacu pada performance car. Sedangkan setelah nama mobil (contoh Raize GR Sport), lebih sebagai hiasan dan aksesori kendaraan. (Alx/Odi)

Baca Juga: Si Rumah Keong Pendongkrak Tenaga, Begini Cara Kerjanya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza

  • FIRST DRIVE: Mengangkut Beban 1,2 Ton Pakai Toyota Hilux Rangga
    FIRST DRIVE: Mengangkut Beban 1,2 Ton Pakai Toyota Hilux Rangga
    Setyo Adi . Hari ini
  • GIIAS 2024: Belum Ada Harga, Toyota Sudah Buka Pemesanan Hilux Rangga
    GIIAS 2024: Belum Ada Harga, Toyota Sudah Buka Pemesanan Hilux Rangga
    Anjar Leksana . 25 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Toyota 1Connect Maksimalkan Konektivitas Infotainment Penumpang Selama Perjalanan
    GIIAS 2024: Toyota 1Connect Maksimalkan Konektivitas Infotainment Penumpang Selama Perjalanan
    Alvando Noya . 24 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Lewat T-Opt, Toyota Tawarkan Pilihan Spare Parts Terjangkau Standar Pabrikan
    GIIAS 2024: Lewat T-Opt, Toyota Tawarkan Pilihan Spare Parts Terjangkau Standar Pabrikan
    Muhammad Hafid . 22 Jul, 2024
  • GIIAS 2024: Toyota GR Yaris Upgrade Performa Luar Dalam, Dapat Transmisi AT
    GIIAS 2024: Toyota GR Yaris Upgrade Performa Luar Dalam, Dapat Transmisi AT
    Wahyu Hariantono . 18 Jul, 2024

Artikel Mobil Toyota dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Toyota Buka Pre-Booking Hilux Rangga di GIIAS 2024
    Toyota Buka Pre-Booking Hilux Rangga di GIIAS 2024
    Anjar Leksana . 20 Jul, 2024
  • New Toyota GR Yaris Kedapatan Opsi Transmisi Otomatis
    New Toyota GR Yaris Kedapatan Opsi Transmisi Otomatis
    Wahyu Hariantono . 18 Jul, 2024
  • Toyota Prius Generasi Terbaru Diluncurkan, Harga Tak Sampai Rp700 Juta
    Toyota Prius Generasi Terbaru Diluncurkan, Harga Tak Sampai Rp700 Juta
    Wahyu Hariantono . 17 Jul, 2024
  • Simak Spesifikasi All New Toyota Prius yang Siap Mejeng di GIIAS 2024
    Simak Spesifikasi All New Toyota Prius yang Siap Mejeng di GIIAS 2024
    Alvando Noya . 10 Jul, 2024
  • Toyota Indonesia Tambah Fasilitas Pengisian Baterai EV di Pusat Perbelanjaan
    Toyota Indonesia Tambah Fasilitas Pengisian Baterai EV di Pusat Perbelanjaan
    Anjar Leksana . 09 Jul, 2024
  • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
  • Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
  • Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 09 Jun, 2023
  • First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT:  Calon Bintang Kendaraan Niaga
    First Drive Toyota Hilux Rangga Standard MT: Calon Bintang Kendaraan Niaga
    Setyo Adi Nugroho . 25 Jul, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
    First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
    Anjar Leksana . 26 Des, 2022
  • First Drive Toyota All New Vios: Transformasi dan Fitur Bikin Naik Kelas
    First Drive Toyota All New Vios: Transformasi dan Fitur Bikin Naik Kelas
    Muhammad Hafid . 18 Nov, 2022
  • First Drive Toyota bZ4X: Layak Punya Banderol Rp1 Miliar?
    First Drive Toyota bZ4X: Layak Punya Banderol Rp1 Miliar?
    Setyo Adi Nugroho . 10 Nov, 2022