Adu Kemampuan Mobil Listrik Esemka Bima EV vs DFSK Gelora E

Bima vs Gelora

 

KEY TAKEAWAYS

  • Keduanya sama-sama menyadur dari mobil asal Tiongkok

    Namun karena Bima EV masih status CBU, harganya jauh lebih mahal dari Gelora E
  • Booth Esemka di IIMS 2023 kerap didatangi pengunjung yang penasaran dengan Bima EV. Kehadirannya di industri otomotif Tanah Air sekaligus menjadi penantang DFSK Gelora E. Keduanya merupakan barang serumpun, asal Negeri Tiongkok. Brand lokal ini mengakui hasil rebagde dari Shineray X30LEV. Menukil spesifikasi dan kelengkapan agak mirip. Mari simak kelengkapan masing-masing unit.

     

    Harga

    DFSK Gelora E BV sekarang dilepas Rp350 juta dan tipe MB Rp399 juta. Sedangkan Esemka Bima EV Cargo Van dilego Rp530 juta dan Passenger Van Rp540 juta. Selisihnya bisa ratusan juga sendiri karena produk Dongfeng sudah dirakit lokal. Kalau betul punya komitmen di sini, seharusnya Esemka bisa melakukan hal serupa agar banderol kompetitif.

    esemka bima EV

    Dimensi

    Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Sedangkan ukuran DFSK Gelora E 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT), serta wheelbase sedikit lebih panjang, 3.050 mm. Berat tota; tipe BV 2.600 kg. Dilihat dari dimensi, keduanya agak mirip. Gelora E sedikit lebih besar.

    Baca Juga: Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

     

    Posisi Motor dan Baterai

    Ini yang jadi perhatian lebih. Kalau dilihat, posisi baterai dan permanent magnet synchronous motor kedua mobil Cina ini mirip. Letak dinamo penggerak menempel di gardan belakang. Kabel-kabel juga terbuka. Demi keamanan, seharusnya Esemka bisa merapikan bagian ini agar tak menonjol di bagian bawah. Demikian pula produk DFSK. Namun, Gelora E agak naik. Pelek kaleng keduanya sama berukuran 14 inci.

    Tapi profil ban Gelora E lebih tebal yakni 185/80 mm, punya ground clearance 200 mm. Sedangkan Esemka Bima EV memiliki ban lebih tipis 175/65 mm. Jadi, posisinya lebih rendah, rentan nyangkut. Lalu tipe suspensi keduanya pakai MacPherson Strut dan Leaf Spring di belakang. Per daun milik Gelora E lima tumpuk, sedangkan Bima EV enam lapis.

    DFSK Gelora E

    Performa

    Bima EV memakai baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm.

    Gelora E menggunakan teknologi Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWH. Daya jelajah diklaim sampai 300 km (WLTP). Lewat fast charging, pengisian daya 20-80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Keluaran tenaga mencapai 60 kWh atau 80 PS. Sedangkan torsi puncak tembus 200 Nm. Dari sisi tenaga kalah, namun momen puntir lebih tinggi.

     

    Fitur & Simpulan

    Fitur keamanan kedua model hampir sama. Bagian pengereman ada Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Electric Power System. Yang membedakan, Bima EV memiliki meter cluster digital, serta Hill Start Assist Control supaya tak menggelundung. Bentuk lingkar kemudi, dasbor dan kenop transmisi sama (D,N,R). Kalau memang butuh kendaraan niaga elektrik. Ditimbang dari harga, DFSK Gelora E jauh lebih memikat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: DFSK Gelora E Sudah CKD, Jauh Lebih Murah dari Esemka Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Chery Arta Bekasi Resmi Dibuka, Jadi Dealer Terbesar di Jabodetabek
      Chery Arta Bekasi Resmi Dibuka, Jadi Dealer Terbesar di Jabodetabek
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Mobil Listrik MG Banyak Peminat Selama PEVS 2025, SPK Naik 25 Persen
      Mobil Listrik MG Banyak Peminat Selama PEVS 2025, SPK Naik 25 Persen
      Alvando Noya . Hari ini
    • Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
      Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
      Wahyu Hariantono . 11 Mei, 2025
    • AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
      AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
      Alvando Noya . 10 Mei, 2025
    • Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
      Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
      Setyo Adi . 10 Mei, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Honda HR-V Hybrid Siap Meluncur, Ini Spesifikasinya
      Honda HR-V Hybrid Siap Meluncur, Ini Spesifikasinya
      Alvando Noya . Hari ini
    • Chery Tambah Diler Baru di Bekasi Barat, Mau Jualan Lebih Kencang
      Chery Tambah Diler Baru di Bekasi Barat, Mau Jualan Lebih Kencang
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Plug-in Hybrid Teraman, Jaecoo J7 SHS Raih Bintang Lima Euro NCAP
      Plug-in Hybrid Teraman, Jaecoo J7 SHS Raih Bintang Lima Euro NCAP
      Alvando Noya . Hari ini
    • Porsche Classic Art Week 2025 Memadukan Seni dan Keindahan Mobil Klasik
      Porsche Classic Art Week 2025 Memadukan Seni dan Keindahan Mobil Klasik
      Wahyu Hariantono . 11 Mei, 2025
    • AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
      AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
      Alvando Noya . 09 Mei, 2025
    • 10 Keunggulan Vinfast VF 6, Crosover Baru dari Vietnam
      10 Keunggulan Vinfast VF 6, Crosover Baru dari Vietnam
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
      Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
      Anjar Leksana . 09 Mei, 2025
    • Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
      Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
      Muhammad Hafid . 09 Mei, 2025
    • Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
      Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
      Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
    • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
      Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
    • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
    • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
    • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
    • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Alvando Noya . 13 Mar, 2025
    • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
    • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025