Alasan Roda Mobil Punya Jumlah Baut Berbeda

ban hankook

Kalau Anda perhatikan roda mobil, coba hitung ada berapa baut yang menopang. Perhatikan lagi jumlah di mobil yang beda model, bisa saja jumlahnya berbeda. Ternyata sebabnya tak sesederhana untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan semata. Para insinyur punya perhitungan matang untuk menentukan komponen ini.

Namanya adalah pola baut (bolt pattern) dan deskripsinya dalam jumlah baut terpasang beserta diameter lingkar posisi baut (Pitch Circle Diameter - PCD). Misal, PCD 4 x 100 mm, artinya ada empat baut yang diposisikan dengan diameter 100 mm. Jumlah bautnya sendiri, biasanya ditentukan pabrikan lantaran ukuran/bobot kendaraan, juga performanya.

Ukuran itu pada dasarnya dirancang menyesuaikan bobot kendaraan demi keamanan dan keselamatan berkendara. Agar distribusi bobot terbagi merata saat roda memutar, maka disesuaikanlah jumlah dan jaraknya. Performa kendaraan pun akan memberikan beban berbeda saat bergerak, sehingga seringkali ditemukan ukuran PCD berbeda di mobil yang sama namun paket performa lebih tinggi.

Baca Juga: Kualitas Ban Michelin Dijamin Tetap Terjaga Meski Tanpa Bungkus Plastik

falkentyre.com

Mobil-mobil mini atau teramat kecil seperti Smart ForTwo, Renault Kwid, hanya menggunakan 3 baut di tiap rodanya dengan diameter 112,5 (Smart ForTwo), jadi disebut PCD 3 x 112,5 mm. Beda lagi dengan Smart ForFour yang punya tenaga berlebih, ia pakai 4 x 114,3 mm. Model-model kendaraan city car hingga MPV di Indonesia, dengan mesin 1,2 liter - 1,5 liter, rata-rata memakai PCD 4 x 100 mm.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil berjenis MPV bermesin 1,3-1,5 liter dengan tugas mengangkut 7 penumpang disiapkan dengan roda berspesifikasi PCD 4 x 114,3 mm. Meski sekelas, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga malahan pakai baut 5 dengan diameter PCD serupa.

Jika Anda memilih untuk mengganti pelek, pastikan ukuran PCD sama seperti sebelumnya. Jika tidak, tentu pelek tak bisa dipasang. Walau demikian, ada saja modifikator yang berani mengganti atau mengubah PCD pada mobilnya mengikuti dengan pelek baru.

Kenapa Mobil F1 Cuma 1 Baut?

Jika teorinya atas dasar bobot dan performa, lantas mengapa mobil F1 hanya menggunakan satu baut pada tiap roda? Bukan berarti tak berlaku, namun mobil balap F1 memang dirancang bukan dengan keselamatan dan keamanan berkendara di atas segalanya. Bagi olahraga ini, waktu cepat adalah prioritas utama.

Semakin banyak baut yang dipakai, maka bertambah pula waktu yang dibutuhkan untuk mengganti roda ketika dibutuhkan. Karena itu diciptakanlah metode penggunaan satu baut agar penggantian roda bisa cepat. Bayangkan, pada era modern hanya butuh waktu tak lebih dari 2 detik untuk mengganti keempat roda F1. (Van/Odi)

Sumber: Speedywheel

Baca Juga: Kelangkaan Chip Semikonduktor Menyebabkan Produksi Mobil Terganggu

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
    Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
    AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
    Alvando Noya . 10 Mei, 2025
  • Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
    Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
    Setyo Adi . 10 Mei, 2025
  • Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
    Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
    Tomi Tomi . 10 Mei, 2025
  • Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
    Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
    Setyo Adi . 09 Mei, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
    AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
    Alvando Noya . 09 Mei, 2025
  • MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
    MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
    Alvando Noya . 09 Mei, 2025
  • BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
    BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
    Alvando Noya . 08 Mei, 2025
  • Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
    Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
  • BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
    BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
    Alvando Noya . 08 Mei, 2025
  • Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
    Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
    Anjar Leksana . 09 Mei, 2025
  • Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
    Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
    Muhammad Hafid . 09 Mei, 2025
  • Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
    Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
  • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
  • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Alvando Noya . 07 Mei, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025