All-New Honda Civic Sedan 2022 Tampil Makin Dewasa dan Humanis

Amerika Serikat menjadi pasar tempat debut perdana All-new Honda Civic Sedan. Dari wujud prototype yang dipertunjukkan November tahun lalu, terlihat jelas versi produksi dengan tak banyak penyesuaian di desain. Tapi yang lebih penting, memamerkan filosofi baru, sekaligus peningkatan sasis, powertrain dan ragam teknologi lain. Semua itu dalam usaha menjaga predikat sedan terlaris di Amerika selama 48 tahun terakhir.


Mengubah tampilan Civic generasi baru pasti tidak mudah. Lihat saja model sekarang dijual di Indonesia. Masih terlihat mudah dan belum termakan usia. Namun bahasa desain terus berubah seiring visi dan misi perusahaan. Dari sini bisa kita lihat banyaknya kesamaan antarlini terbaru. Khususnya Accord, lumayan banyak kemiripan sehingga terlihat jelas sebagai adik sang full-size sedan.


Tidak seperti Civic generasi 10 yang tampak sibuk diisi banyak tarikan garis. Honda berusaha mengisi tubuh all-new Civic sedan dengan lekukan-lekukan lebih minimalis. Menyederhanakan lenggokan tegas, tercipta karakter dewasa dan matang. Mengambil filosofi dasar Civic era 70an yang sukses dengan sebutan: Man Maximum/Machine Minimum.


Honda Civic sedan 2022


Jadinya seperti Accord. Profil tipis dan streamline, mencirikan simplisitas yang justru meningkatkan kadar kemewahan. Mirip seperti dilakukan Mazda lewat Kodo desainnya. Meski unsur sporty berkurang karena alur garis makin sederhana, malah terlihat premium.


Ada beberapa hal dilakukan untuk mewujudkan itu. Pertama memundurkan pilar windshield sebanyak 5 cm. Alhasil kap mesin memanjang seperti proporsi sedan klasik. Garis bodi tegas tetap ada namun disisakan satu. Sepintas mirip detail City Hatchback RS. Lalu sudut-sudut tajam tidak dibiarkan beraturan melainkan saling terkoneksi dari depan hingga belakang. Sehingga tercipta aliran desain yang mudah diterima indra penglihatan siapa saja.


Kesan pipih juga didapat dari trek roda lebih lebar. Ini pun untuk menyiasati headlamp dan fender melebar agar konsep streamline tidak hilang. Profil mengalir pun tak terputus sampai pilar C saja. Kesan fastback masih ada mirip juga seperti Accord. Tapi siluet sedan murni tetap kental bila dilihat frontal dari samping.


Aura minimalis turut menjangkiti kabin. Cukup mengambil satu pola garis besar, lalu diisi berbagai ornamen. Panel digital 10,2 inci terpampang di depan mata pengemudi, sementara monitor layar sentuh 7-inci sebagai sarana hiburan. Tidak tergolong besar, tapi sebuah kemajuan dibanding model terdahulu. Kalau penyuka layar besar bakal tersedia opsi monitor 9 inci. Tentunya sudah dilengkapi Apple CarPlay, Android Auto dan wireless charging.


Paling mengherankan, fungsi tombol pengaturan AC kembali lagi ke model kenop putar. Begitu pula pengaturan volume di head unit. Entah apa alasan dibalik itu, mungkin tak akan mudah diterima konsumen yang tergila-gila nuansa high-tech.


all-new honda civic sedan


Desain baru nan simpel serta tipis bukan hanya sekadar mengejar estetika. Ada maksud tersembunyi yang baru bisa dirasakan saat berada di balik kemudi. Garis bahu rendah dimaksudkan agar visibilitas membaik ke penjuru mobil. Kaca depan lebih mundur berpengaruh pada ukuran dasbor lebih pendek. Efeknya mengurangi refleksi kaca. Bodi memanjang dan lebar pun berimbas kabin lapang untuk semua penumpang.


Honda sengaja merancang All-new Civic makin kaku. Caranya memakai material besi dan alumunium yang ditingkatkan rigiditasnya hingga 8 persen. Demi mencapai pengendaraan lebih menggugah dan makin aman. Trek roda melebar 2,5 cm, begitu pula wheelbase melar 3,5 cm, pasti mempengaruhi kestabilan dan kehalusan.


Beralih ke mesin, tidak ditemui sesuatu yang serbabaru. Pasar Amerika sana tetap ditenagai unit 4-silinder 2,0-liter naturally aspirated dengan tenaga 158 hp dan torsi 187 Nm. Versi turbo seperti di Indonesia juga ada dengan kapasitas sama 1,5-liter menghasilkan 180 hp dan torsi 240 Nm. Ada kenaikan 6 hp dan 20 Nm dari model terdahulu. Sementara girboks CVT pendamping kedua mesin dituning agar karakter perpindahan gigi mirip transmisi dengan gear konvensional. Alias lebih ada sensasi hentakan maupun engine brake.


honda civic sedan interior


Faktor keselamatan pun nomor wahid. Struktur dirancang untuk memenuhi prasyarat tes tabrak masa akan datang. Honda juga mengenalkan airbag pertama yang didesain mengurangi cedera otak dengan kemampuan mengontrol gerakan kepala ketika terjadi kecelakaan. Sebuah kantong udara berbentuk donat mengembang di samping untuk melindungi kepala.


Selebihnya tersemat Honda Sensing yang aktif sebagai indra perasa terjadinya risiko kecelakaan. Ada peningkatan berupa kombinasi kamera dengan sudut gambar lebar yang berpadu software baru. Sistem itu mampu mendeteksi pejalan kaki, pesepeda dan kendaraan lain.


All-new Honda Civic Sedan keluar dari lantai pabrik Honda di Alliston, Ontario, Kanada. Penjualannya baru mulai pertengahan tahun ini, diikuti versi hatchback sebulan kemudian. Mengingat Honda Civic sekarang adalah model global. Seperti inilah generasi baru Civic sedan yang bakal beredar di Tanah Air kelak. (Odi)

Jelajahi Honda Civic

Tampak Depan Bawah Honda Civic
Honda Civic Rp 536,5 Juta Cicilan Mulai : Rp 12,24 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda