Aprilia RS660 Trofeo, Edisi Terbatas Khusus Balap Sirkuit

Aprilia kembali melanjutkan misi melengkapi generasi baru dalam dunia balap. Kalau pada 2019 mereka meluncurkan RS250 SP, sekarang giliran RS660 Trofeo. Diproduksi terbatas dan hanya boleh digunakan untuk balap. Ia ditawarkan melalui program Aprilia Factory Works.


Sesuai dengan namanya, RS660 Trofeo fokus balapan di trek. Dilengkapi body kit berbahan fiberglass dari depan hingga belakang. Tarikan garis tajam serta lekukan aerodinamisnya tetap sama dengan versi standar. Bedanya tentu saja tidak dilengkapi standar keselamatan jalan raya. Tanpa spion, headlight dan stoplamp serta sepatbor belakang. Dengan menanggalkan komponen itu tentu membuat ia menjadi lebih ringan.


Spesifikasinya lebih gahar ketimbang RS660 biasa. Bila dilihat dari data teknis versi reguler, ia menggendong enjin 659 cc, DOHC, 2 silinder segaris berpendingin cairan dan telah memenuhi standar Euro 5. Diklaim bisa mengeluarkan tenaga hingga 100 hp. Sedang bobot keringnya cuma 169 kg.


Aprilia RS 660 Trofeo


Bedanya RS660 Trofeo telah dituning oleh para insinyur Aprilia yang terlibat langsung dalam proyek MotoGP dan WorldSBK. Utamanya bagian ECU dan sedikit ubahan di filter udara. Direktur Balap Aprilia, Romano Albesiano mengklaim motornya mampu menghasilkan waktu putaran tak terlalu jauh dari catatan pembalap SuperSport saat ini. Sebuah ide yang pasti menarik bagi pembalap pemula.


Efek dari penyesuaian buat kebutuhan balap, mesin Trofeo bisa mengembuskan tenaga sebesar 105 Hp. Bobot kering terpangkas menjadi 337 pon (153 kg). Bila disesuaikan dalam kondisi bahan bakar penuh dan terisi pelumas, maka totalnya menjadi 370 pon (167 kg).


Aprilia RS 660 Trofeo


Di sisi elektronik tentu saja sangat berbeda dengan versi jalan raya. Pertama, tidak ada kunci kontak dan fungsi ABS. Khusus untuk model Trofeo, ECU utama diprogram ulang dan strategi elektronik dikembangkan oleh Aprilia Racing. Ini berarti item seperti wheelie control, engine braking control, dan traction control khusus untuk penggunaan balap dan dapat disesuaikan oleh pengendara ke level yang berbeda. Ada quickshifter, tapi hanya upshift. Untuk memantau kinerja serta penggunaannya, panel instrumen TFT masih dipertahankan.


Aprilia mempertahankan rangka aluminium ringan, membuatnya menjadi pesaing terberat di superbike kelas menengah. Ia bebas dari peraturan emisi dan kebisingan, Trofeo juga sudah mengenakan suku cadang yang memiliki homologasi balap.


Aprilia RS 660 Trofeo


Supaya sesuai dengan kebutuhan di lintasan balap, dirinya dibekali dengan komponen premium. Termasuk knalpot full system dari SC Project, shock belakang Ohlins dan fork cartridge kit dari Andreani. Area kemudi mengandalkan setang clip-on serta rearset yang dapat disesuaikan. Pengeraman masih mengandalkan kaliper rem lansiran Brambo.


Tetap kenakan pelek aluminium tempa yang ringan dibalut ban radial Pirelli Supercorsa SC1 V3. D dengan ukuran depan 120/70-17 dan belakang 180/60-17. Penggunaan kulit bundar itu agar memiliki daya cengkeram yang baik saat dipakai balap. Biaya untuk memboyong satu unit RS660 Trofeo yakni sebesar €14.700 MSRP atau berkisar Rp254 jutaan. Tentu harga ini lebih terjangkau ketimbang membangun RS660 biasa untuk dijadikan balap. (Bgx/Odi)


Sumber: Aspalt and Rubber, Cycleworld

Artikel yang direkomendasikan untuk anda