Rifat Sungkar memperbaiki posisi di AXCR 2022 SS4. Etape dimulai dari Khu Mueang, sebelah timur bandara Buriram, Thailand. Jalur utamanya adalah jalan tanah datar di tengah perkebunan karet nan luas. Seluruh peserta berangkat sesuai urutan hasil SS3 yang digelar satu hari sebelumnya. Dari tim Mitsubishi Ralliart, Rifat Sungkar (Indonesia) di Triton bernomor #118 start di posisi ke-4. Lalu Chayapon Yotha (Thailand) di mobil #105 start di posisi ke-7.
Asal tahu, SS4 terdiri dari dua putaran sepanjang 70 km. Sebagian besar arena balapan terdiri dari jalan tanah datar, berlumpur, kerikil dan aspal. Permukaan tanah berlumpur di beberapa tempat terjadi akibat hujan lebat pada malam sebelumnya. Sehingga menimbulkan genangan air sedalam lebih dari 50 cm. Tahapan ini menuntut pembalap maupun mobil reli tetap fleksibel dalam menghadapi berbagai kondisi jalan.
Chayapon di mobil #105, masih mempertahankan posisi terdepan. Secara keseluruhan ia melaju stabil di SS3 pada hari sebelumnya. Performanya menunjukkan ketenangan dan strategi tepat supaya menghindari genangan air besar dan mencegah kerusakan mobil. Dia finis ke-6 di SS4 dengan catatan 2:00:17. Jarak waktu untuk finisher keseluruhan posisi ke-2, mobil #102 Toyota Hilux Revo, adalah 7 menit 46 detik. Kemudian finisher keseluruhan posisi ke-3, mobil #116 Toyota Fortuner, 9 menit 54 detik.
Rifat terus meningkatkan peringkat keseluruhannya. Ia fokus mengemudi hati-hati agar tidak merusak mobil. Ketika tiba waktunya, dia menunjukkan gaya mengemudi agresif dan finis ke-5 di SS4 dengan catatan waktu resmi 1:59:43. Artinya naik satu posisi ke-4. Terdapat selisih waktu 3 menit 49 detik dari rival #116 posisi ke-3 di klasemen sementara.
"Chayapon mempertahankan keunggulan keseluruhannya. Kemudian Rifat menaikkan peringkat. Sehingga kami dapat melewati pertengah reli dalam performa baik. Kondisi jalan berubah dari waktu ke waktu di etape. Namun kekuatan Triton, dari all-wheel control technology and off-road drivability telah memberi kami hasil yang baik. Rifat telah menunjukkan performa bagus. Jadi saya harap dia akan terus memberikan yang terbaik untuk mencapai garis finis," papar Hiroshi Masuoka, Mitsubishi Ralliart Director.
LEG4 atau SS5 mulanya dijadwalkan 90 km plus etape di dekat perbatasan dengan Kamboja. Namun jalurnya diubah pada menit terakhir dan digelar sejauh 80 km dari titik awal SS3. Sementara ini pemimpin klasemen, Chayapon, memiliki keunggulan waktu lebih dari 7 menit dan harus rampung secara hati-hati. Di sisi lain, lawan lain #108 hanya tertinggal 2 detik dari Rifat. Sehingga sang rival diperkirakan bakal berusaha keras untuk menyalipnya di etape hari ini.
Baca Juga: Terinspirasi Balap Reli, Mitsubishi Mirage Edisi Ralliart Dijual Rp200 Jutaan
Babak terakhir Asia Cross Country Rally 2022 berlangsung di Siem Reap, Kamboja. Lokasi di Angkor Wat. Special Stage (SS6) cuma sejauh 48 km. Namun kondisi medan jauh lebih sulit dari lima lokasi lain. Semuanya telah rampung. Chayapon Yotha (Thailand) dari tim Mitsubishi Ralliart mempertahankan keunggulan catatan waktu sejak awal, 8 menit di atas para pesaingnya. Ia jadi kampiun dan Rifat Sungkar berada di urutan kelima secara total.
Di SS6 final lebih menuntut kecermatan dan keakuratan mengemudi. Jalan berupa tanah becek dengan lubang besar dan bekas roda yang dalam. Medan berlumpur, sulit untuk melepaskan kubangan. Beberapa lawat tidak dapat melarikan diri dari jerat lumpur dan gagal rampung dalam batas waktu 2 jam. Namun kunci kesuksesan tim Mitsubishi Ralliart adalah navigasi tepat dari co-driver, konsentrasi pengemudi dan kemampuan handling Triton.
“Ini adalah upaya pertama kami untuk kembali ke dunia motorsport, membawa nama Ralliart. Dan ini adalah reli yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors. Kami rasa, sangat baik bagi kami untuk finis di peringkat atas, saya sangat senang. Tim telah meraih kemenangan secara keseluruhan. Mekanik dan teknisi membawa Triton dalam kondisi sempurna setiap hari. Pembalap serta rekan menampilkan performa terbaik. Kemenangan ini adalah hasil kerja tim dan akumulasi pengetahuan Mitsubishi Motors selama bertahun-tahun. Tim Mitsubishi Ralliart akan mempertimbangkan kemungkinan untuk kembali lagi tahun depan. Kemudian mempersiapkan struktur tim kami dan mobil reli. Kami ingin berterima kasih kepada semua penggemar dan sponsor kami atas kerja kerasnya,” ucap Hiroshi Matsuoka, Director Team Mitsubishi Ralliart.
Lewat ketepatan dan konsistensi mengemudinya. Chayapon dengan nomor lambung #105 memimpin secara keseluruhan kedua babak. Ia melaju dengan tenang sambil fokus untuk tidak melakukan kesalahan atau merusak mobil. Sehingga menyelesaikan SS6 di posisi ke-5. Dengan total waktu 8:22:42, ia meraih kemenangan keseluruhan di Asia Cross Country Rally 2022. Sekaligus menumbangkan dominasi Isuzu Suphan yang kerap jadi jawara.
Posisi kelima bagi Rifat Sungkar (Indonesia) adalah torehan tersendiri. Maklum, baginya kejuaraan ini merupakan perdana, untuk reli lintas negara di level Asia. Sebab ia sebagian besar berpartisipasi dalam sprint reli (Kejurnas Rally). Meskipun kurang pengalaman, namun termasuk yang tercepat di setiap tahapan. Dan sanggup mengatasi permasalahan ban serta suspensi di babak pertama.
“Saya menikmati reli lintas negara untuk pertama kalinya. Dan saya lega, dapat menyelesaikan semua tahapan dengan aman. Pengalaman ini memungkinkan saya menemukan masalah yang perlu saya perbaiki ke depan. Baik dalam hal keterampilan mengemudi maupun dan mobil reli. Sekali lagi, saya merasa Triton adalah mobil yang benar-benar tangguh, kuat dan andal. Sungguh menakjubkan, dapat berjuang melewati segala rintangan dengan mobil yang sangat mendekati standar pabrikan," terang Rifat Sungkar. (Alx/Odi)
Baca Juga: Hanya 3 Ban dan 3 Suspensi Rusak, Rifat Sungkar Tuntaskan SS2 Leg 1 AXCR 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.