Bugatti Bolide, Hypercar Track Oriented Calon Pencetak Rekor Kecepatan Baru

Bugatti Bolide

Bukan Bugatti namanya kalau ikut berlomba ciptakan mobil hemat. Fokusnya masih urusan kecepatan, berambisi menembus rekor yang semakin sinting. Sebut saja, Sport, Pur Sport, Vision Gran Turismo, Centodieci, Divo, Super Sport 300+, dan La Voiture Noire – yang menjadi platform Bugatti Chiron. Semuanya menciptakan batasan baru yang harus ditemus penerusnya.

Lalu muncullah sosok hypercar terbaru Bugatti. Sempat misterius saat menjalani tes di Paul Ricard, Prancis, kini diungkap resmi ke publik. Namanya Bugatti Bolide. Merupakan sebuah wujud studi eksperimen untuk membangun sebuah mobil dengan mesin W16 andalan Bugatti sebagai pusatnya. Setidaknya untuk saat ini cuma menjadi bahan studi. Jadi, Bugatti bukan memikirkan mesin apa untuk dipakai pada mobil, tapi justru semaksimal apa chassis bisa dikembangkan mengikuti performa mesin.

Diutarakan oleh Stephan Winkelmann selaku CEO Bugatti, mobil ini pada dasarnya hanyalah “empat roda, mesin, gearbox, setir dan, satu-satunya kemewahan, dua kursi”. Potensi dari mesin W16 8,0 liter quad-turbo ingin dieksploitasi semaksimal mungkin, dengan arah pengembangan jauh berbeda dari Chiron dan Veyron. Performa di atas trek menjadi fokus dari pengembangan Bolide.

Yang jelas terlihat, Bolide secara visual memiliki sedikit struktur body namun untuk menghasilkan downforce maksimal. Tentunya untuk mengakomodasi luapan output mesin yang sama-sama menghasilkan angka 1.850 hp pada 7.000 rpm dan torsi di angka yang sama 1.850 Nm pada 2.000 rpm. Dengan bobot kosong 1.240 kg atau sama dengan rata-rata mobil kompak Eropa. Hitung-hitungan sederhananya, angka power-to-weight ratio dari Bolide nyaris menyamai mobil balap Formula 1. Berapa? 0.67 kg/hp saja.

Baca Juga: Ada di Indonesia, Ini 10 Mobil Paling Aerodinamis di Dunia

Ringannya Bolide berkat pemanfaatan material titanium pada konstruksi arsitekturnya, baik chassis maupun komponen pemersatunya seperti baut dan lain-lain. Bahkan terdapat titanium alloy yang dicetak 3D untuk komponen fungsional tertentu. Selain itu, tentunya carbon fiber menjadi pembungkus utama chassis yang divisualkan melalui monokok dan body ekstrem dan agresif. Klaimnya, Bolide adalah konsep kendaraan paling ekstrem, tanpa kompromi, terkencang dan teringan dalam sejarah Bugatti.

Intake atau grille berbentuk tapal kuda di depan menjadi ciri khas Bugatti dari tampilan luar. Selebihnya, Bolide nyaris tidak menyisakan kemiripan dari Chiron atau Divo, sebagai line up terkini Bugatti. Rangkaian desain dan pahatan body eksterior dibuat sedemikian rupa untuk hasilkan aerodinamika terbaik. Sepintas, tampang Bolide bisa disetarakan dengan mobil balap prototipe Le Mans. Lubang udara besar di depan terintegrasi mengalirkan udara ke bagian samping, sampai dengan ke belakang.

Sentuhan ala mobil balap ditunjukkan oleh spoiler depan besar, air scoop di atap yang terhubung sirip hiu, lalu sayap besar adjustable di buritan. Jangan lewatkan juga diffuser besar yang disertai empat knalpot di titik pusat lampu belakang berbentuk garis X. Masih ada juga lampu mundur kecil di area diffuser, yang mirip dimiliki mobil F1.

Baca juga: Ini 7 Sedan dengan Max Speed di Atas 320 Km/Jam

Mengintip bagian dalamnya, cenderung minimalis dengan tujuan Bugatti ingin menghasilkan bobot seminim mungkin. Mayoritas panel interior mengadopsi bahan carbon fiber, dengan sentuhan Alcantara pada door trim, dashboard, dan setir ala mobil balap. Dua kursi berdesain ala mobil balap juga, carbon fiber, dengan beberapa bantalan untuk (setidaknya) menjaga kenyamanan, di samping proteksi oleh seatbelt enam titik. Layar LED persegi di balik setir menjadi pusat informasi pengemudi, denagn sejumlah tombol kendali di setir dan tengah dashboard.

Secara teori, Bugatti mengklaim Bolide bisa menembus 500 kpj. Dengan output yang dihasilkan mesin, Bolide diklaim dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam 2,17 detik saja, lalu 0-200 kpj dalam 4,36 detik, dan 0-300 kpj dalam 7,37 detik. Sementara terbang rendah sampai 400 kpj sekelabat 12,08 detik dan bahkan menembus 500 kpj cuma 20,16 detik. Sinting!

Lewat karya terekstremnya ini, Bugatti langsung mengincar memecahkan rekor lap time di sejumlah sirkuit dunia. Dua yang sudah dinyatakan menjadi incaran adalah Nuburgring Nordschleife dan Le Mans. Bahkan Bugatti sudah melakukan simulasi, dengan hasil lap time masing-masing 3:07,1 menit untuk Le Mans dan 5:23,1 menit untuk Nurburgring. Tentunya akan menarik untuk dinantikan bagaimana hasilnya. Begitu juga mengenai Bugatti akan membuat Bolide lebih banyak atau tidak.

Bisa jadi, hal ini lantaran Bugatti gregetan soal rekor kecepatan 2020 yang dibuat Bugatti Chiron Super Sport 300+. Mobil ini menggunakan quadruple-turbocharged, 8.0-liter W16 yang juga digunakan pada Veyron dan Veyron Super Sport. Dengan tenaga 1,600 horsepower dan torsi 1,180 Nm membuat Chiron mampu melesat 0-100 km/jam dalam 2,3 detik. Sedangkan rekor kecepatan mobil seharga US$ 3.9 juta adalah 304 mph atau 389 kph.

Setahun kemudian, rekor Bugatti dipecahkan Koenigsegg Jesko Absolut. Ia adalah keluaran Swedia. Tenaganya 1,600 hp dan torsi 1,106 lb-ft hasil dari mesin twin-turbocharged 5.0-liter V8. Mobil seharga US$ 2.8 juta. Mampu melesat 330 mph atau 531 kph. Dicapai di Ehra-Lessien proving grounds di utara Jerman, milik perusahaan induk Bugatti, Volkswagen. (Why/Odi)

Sumber: Bugatti, Carscoops

Baca Juga: Prototipe Mini John Cooper Works GPE Sedang Diuji, Hot Hatch Hardcore Bertenaga Listrik

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Harga BMW i5 Resmi Diumumkan, Bisa Dimiliki Dengan Rp2,177 Miliar
    Harga BMW i5 Resmi Diumumkan, Bisa Dimiliki Dengan Rp2,177 Miliar
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • BEIJING AUTO SHOW 2024: BYD Pamer Yangwang U7, Sedan EV Paling Aerodinamis
    BEIJING AUTO SHOW 2024: BYD Pamer Yangwang U7, Sedan EV Paling Aerodinamis
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • BMW Bestindo Sediakan X3 & X5 Jadi Armada Shuttle RS Premiere Bintaro
    BMW Bestindo Sediakan X3 & X5 Jadi Armada Shuttle RS Premiere Bintaro
    Muhammad Hafid . 26 Apr, 2024
  • Mitsubishi ASX Punya Wajah Baru, Jadi Lebih Galak Plus Fitur Bertambah
    Mitsubishi ASX Punya Wajah Baru, Jadi Lebih Galak Plus Fitur Bertambah
    Anjar Leksana . 26 Apr, 2024
  • BEIJING AUTO SHOW 2024: Audi Q6L e-tron Meluncur Eksklusif Untuk Konsumen Cina
    BEIJING AUTO SHOW 2024: Audi Q6L e-tron Meluncur Eksklusif Untuk Konsumen Cina
    Setyo Adi . 26 Apr, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • CATL Luncurkan Baterai EV dengan Kemampuan Isi Daya 1 Km per Detik
    CATL Luncurkan Baterai EV dengan Kemampuan Isi Daya 1 Km per Detik
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Neta L Mendebut, EREV yang Mampu Menempuh 1.070 Km
    Neta L Mendebut, EREV yang Mampu Menempuh 1.070 Km
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BMW Bestindo Kolaborasi RS Premier Bintaro Sediakan Luxury Shuttle
    BMW Bestindo Kolaborasi RS Premier Bintaro Sediakan Luxury Shuttle
    Muhammad Hafid . 26 Apr, 2024
  • Ini Mobil yang Dijadikan Andalan Coach Shin Tae-yong untuk Melatih Timnas
    Ini Mobil yang Dijadikan Andalan Coach Shin Tae-yong untuk Melatih Timnas
    Anjar Leksana . 26 Apr, 2024
  • Sedan Listrik Premium Yangwang U7 Diungkap di Beijing Auto Show 2024
    Sedan Listrik Premium Yangwang U7 Diungkap di Beijing Auto Show 2024
    Muhammad Hafid . 26 Apr, 2024
  • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
  • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
  • Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
    Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
    Zenuar Yoga . 04 Apr, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024