Cek Harga Mobil Listrik Terbaru yang Dijual APM

Nissan Leaf

Otomotif Indonesia sedang bertransformasi menuju kendaraan listrik. Perkembangan terus berjalan ditambah model-model baru yang keluar. Terlihat semua Agen Pemegang Merek (APM) mulai sibuk memikirkan peralihan ini. Sudah ada yang serius, tapi masih ada juga belum terlihat gerakannya. Konsumen pun mulai berpikir beralih ke mobil listrik murni. Jika berniat, banyak tersedia pilihan. Berikut deretan mobil listrik yang dijual resmi dari APM masing-masing. 

 

Toyota Coms (Price by Order)

Toyota Coms

Kendaraan listrik mungil Toyota Coms memang ada di Indonesia. Namun dipakai sebagai moda transportasi ekowisata di Bali. Harganya menyesuaikan kebutuhan fleet market. Yang pasti, ia menggunakan jenis baterai timbal asam konvensional, bukan lithium ion. Penyimpan daya ini dipakai untuk mengaliri tenaga dari motor penggerak tunggal. Daya terpancar sekitar 6,8 PS kemudian dorongan torsi puncak 40 Nm dari spesifikasi global. Energi kinetik disalurkan ke roda belakang via direct drive. Untuk diketahui, kinerja itu bisa berubah berdasar keperluan pasar dan kemampuan dinamo gerak. Lalu formulasi itu digunakan untuk menjelajah perkotaan sekitar 50 km.

Waktu pengisian diturunkan menjadi sekitar enam jam hingga penuh. Generasi sebelumnya butuh delapan jam, lebih lama. Motor listrik mampu mendorong Coms dengan kecepatan sekitar 60 km/jam. Kapasitas muatan bagasi diperkirakan lebih dari 30 kg. Unit tersedia dalam dua varian, P.COM sebagai mobil pribadi dan B.COM untuk moda transportasi. Kalau di Jepang, si mungil banyak digunakan sebagai kendaraan pengantar minuman dan barang. Atau armada logistik dalam bisnis dengan aplikasi jarak pendek. Bertubuh supermungil, Coms lahir dari racikan tangan dingin Toyota Auto Body. Rancang bangun seutuhnya dilakukan di pusat riset dan pengembangan di Jepang. Bentuk sekilas mirip i-Road namun punya banyak diferensiasi. Ia hanya berkonfigurasi single seater.

 

Nissan Leaf (Rp649 Juta dan Rp651 Juta)

harga nissan leaf

Sudah lama Nissan kenalkan Leaf EV generasi terbaru. Akhirnya sekarang resmi dilego di RI. Ia diklaim punya kesenyapan 30 persen lebih baik dari model internal combustion engine (ICE) atau hybrid lain. Teknologi baru ini, kata pabrikan, memberikan kinerja daya linear 110 kW (150 PS) atau 38 persen lebih baik dari model lawas. Lalu torsi ditingkatkan 14 persen menjadi 320 Nm. Selain output daya tambahan, Nissan Leaf memiliki jarak tempuh yang kini ditingkatkan. Dalam metode pengukuran NEDC, jarak tempuh maksimal dalam pengisian penuh mencapai 311 km.

Desain baterai lithium ion yang baru, mampu menambah kapasitas penyimpanan energi tanpa memperbesar ukuran baterai. Peningkatan ini dilakukan pada struktur sel baterai lithium terlaminasi. Hingga mendapatkan peningkatan kepadatan energi 67 persen dari model 2010, tanpa tambah berat. Juga terdapat materi elektroda yang dikembangkan dengan formulasi kimia anyar. Diklaim menambah durabilitas baterai.

Ada tiga level pengisian Nissan Leaf. Yang pertama, melalui soket dinding 3 pin 15 ampere 240 V Mode 2. Ini paling cocok bagi Anda dengan kebiasaan mengemudi santai. Pengisian cara ini memakan waktu 24 jam. Cara pengisian kedua, dari koneksi Mode 3 butuh waktu 7,5 jam. Nissan melihat, belakangan ini sekitar 70 persen pelanggan memasang wallbox di garasi rumah. Sistem cabut pasang ini dapat mengisi daya Leaf semalaman. Siap pakai pada keesokan hari. Terakhir, pengisian cepat CHAdeMO 50 kWH. Memiliki kemampuan mengisi baterai sejak munculnya peringatan. Sekitar satu jam pengecasan hingga terisi 80 persen.

 

Baca Juga: 5 Mobil Terlaris Semester Pertama 2021 selain LCGC dan Penerima Insentif PPnBM

Hyundai Ioniq (Rp637 - Rp677 juta)

Review Hyundai Ioniq Indonesia

Lawan dekat Leaf ialah Hyundai Ioniq. Mobil menggunakan baterai berkapasitas 38,3 kWh. Jarak tempuh sang EV mencapai 373 km (berdasarkan NEDC) dan 311 km menurut pengujian WLTP dalam sekali pengisian daya. E-Motor atau Permanent-magnet Synchronous Motor tertanam, memberi tenaga sebesar 136 PS dan torsi 295 Nm. Semua energi dipasok oleh baterai lithium ion. Kemudian Anda dapat memilih mode berkendara: Eco, Comfort dan Sport. Jadi konsumen bisa menggunakan sesuai kebutuhan. Mau kencang, normal atau efisien. Kendaraan ini juga mengadopsi pengereman regenerative.

Guna mengisi baterai, jika menggunakan charger on-board standar 7,2 kW membutuhkan waktu 6 jam. Namun, kalau pakai fast-charging 50 kW cuman butuh tempo 57 menit dari nol ke 80 persen. Lalu perangkat keamanan standar. Tersedia Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Hill-start Assist Control (HAC). Begitu pula kantong udara tujuh titik. Sehingga perlindungan terhadap seluruh penumpang tetap optimal.

 

Hyundai Kona EV Signature (Rp697 juta)

Hyundai Kona listrik

Hyundai Kona EV di Indonesia pakai baterai lithium ion 39,2 kWh. Jarak tempuh dalam sekali pengisian daya mencapai 345 km berdasarkan NEDC dan 289 km metode WLTP. Motor menghasilkan dorongan 136 PS / 100 kW plus kecepatan penuh 155 km/jam. Torsi puncak didapat 395 Nm sejak detik pertama. Sistem operasi didukung oleh shift-by-wire. Hanya dengan menekan tombol, Anda bisa beralih mode berkendara. Perangkat ini juga menghilangkan keruwetan mekanis antara normal shifter dan transmisi. Sehingga menyediakan ruang penyimpanan tambahan di depan mobil.

Untuk mengisi baterai polimer lithium-ion hingga 80 persen hanya butuh waktu sekitar 54 menit. Tapi pakai pengisi daya cepat arus searah (DC) 100 kW. Kalau menggunakan charger on-board 7,2 kW, pengisian daya arus bolak-balik (AC) lebih lama. Lebih kurang 9 jam 35 menit mengisi baterai jarak jauh. Lalu 6 jam 10 menit di perangkat baterai standar.

 

Lexus UX 300e (Rp1,245 Miliar)

lexus UX300e charging

Lexus UX 300e juga tersedia bagi segmen premium di Indonesia. Ia diluncurkan pada November 2020. Ia memiliki penggerak motor listrik. Putaran dinamo memberi daya puncak 204 PS dan momen puntir maksimal 300 Nm. Sumber tenaga mengandalkan baterai lithium ion dengan kapasitas 54,3 kWh. Butuh tegangan 6,6 kW untuk pengisian standar (AC). Sedangkan quick charge perlu 50 kW (DC). Saat baterai penuh, racikan ini bisa melesatkan mobil sejauh 400 km.

UX 300e sanggup memberikan kinerja dinamis sangat baik, menurut pabrikan. Itu berkat pusat gravitasi rendah yang dihasilkan dari penempatan motor dan baterai di bawah bodi kendaraan. Lalu dikombinasikan dengan optimalisasi distribusi bobot depan maupun belakang, serta momen inersia. Walau jenis EV tergolong senyap. Namun Lexus menambahkan material isolasi lebih banyak. Sehingga menekan kebisingan luar seperti angin atau gesekan ban.

Fokus Lexus pada manajemen suara UX 300e, memungkinkan pengemudi menikmati ketenangan yang nyaman di dalam kabin. Active Sound Control (ASC) mentransmisikan suara ambien alami. Tujuannya memungkinkan pemahaman tentang kondisi berkendara. Insinyur juga meramu handling agar memberikan perasaan natural.

 

BMW i3s (Rp1,35 Miliar)

BMW i3s

Opsi mobil EV perkotaan datang dari BMW i3s. Unit mengusung motor listrik berdaya 184 hp (186 PS) dan torsi 270 Nm. Akselerasi termasuk cepat untuk sebuah mobil kota. Sprint 0-100 km/jam dicapai dalam 6,9 detik dan kecepatan puncak 160 km/jam. Paket baterai terbaru berkapasitas 120 ah. Berdasar NEDC (New European Driving Cycle), jarak tempuh didapat 280 km. Sangat cukup untuk dipakai harian, tanpa perlu sering mencas baterai.

Begitu masuki mobil, interior i3s mengambil basis arsitektur kendaraan LifeDrive. Kabin yang terbungkus carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) menyumbang bobot ringan. Sekaligus tetap lega untuk seluruh penumpang. Konfigurasi 4 kursi individual tergolong lapang, sebab tidak memakai pilar B ataupun gundukan transmisi. Model bukaan pintu saling bertolak belakang. Akses penumpang jadi lebih mudah.

Dijual resmi oleh BMW Indonesia, berarti mendapatkan BMW Service Inclusive yang meliputi servis gratis selama 5 tahun atau 60.000 km. Lalu garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Ban juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun, mencakup penggantian hingga 4 roda. Isinya meliputi kerusakan akibat tusukan, penggembungan, letusan dan robek.

 

Porsche Taycan (mulai Rp2,5 Miliar)

taycan

Taycan tersedia dalam varian Turbo S dan Turbo biasa. Mereka berada di ujung tombak Porsche E-Performance. Dan merupakan salah satu model produksi paling kuat yang dimiliki pabrikan saat ini. Dari motor listrik reguler, terlontar daya 460 kW atau 625 PS. Konsumsi energinya 26,9 kWh per 100 km tanpa emisi gas buang. Sementara Taycan Turbo S berdaya 560 kW atau 761 PS. Ia berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 2,8 detik. Elektrik tapi kok pakai turbo? Itu hanya sebatas istilah overboost saja.

Itu menunjukkan tonjokkan daya yang lebih tinggi. Keduanya memiliki jangkauan jelajah 412 km hingga 450 km (menurut metode WLTP). Kecepatan tertinggi dari kedua model all-wheel-drive sampai 260 km/jam. Taycan merupakan mobil listrik produksi pertama, dengan tegangan sistem 800 volt. Jadi bukan 400 volt biasa pada mobil listrik reguler.

Yang menjadi nilai jual mobil: hanya dalam waktu lebih dari lima menit, baterai dapat diisi ulang menggunakan arus DC dari pengisian daya tinggi. Usai diisi, mobil bisa bergerak hingga 100 kilometer (menurut WLTP). Waktu pengecasan hingga 80 persen sekitar 22,5 menit dalam kondisi ideal. Dan daya pengisian maksimum puncaknya 270 kW. Kapasitas keseluruhan dari battery plus 93,4 kWh. Di Indonesia ia menjadi model sport electric car pertama. Itulah semua pilihan mobil listrik murni di Tanah Air. Mana model paling menyita perhatian Anda? (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Penjualan Mobil Mewah Meningkat, Bukti Pandemi Tak Berpengaruh bagi Orang Kaya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Citroen C3 Aircross Resmi Meluncur di Indonesia, Tidak Sampai Rp300 Juta
    Citroen C3 Aircross Resmi Meluncur di Indonesia, Tidak Sampai Rp300 Juta
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Zeekr 009 Glory Edition Jadi MPV Listrik Mewah Lawan Lexus LM
    Zeekr 009 Glory Edition Jadi MPV Listrik Mewah Lawan Lexus LM
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • LEBARAN DRIVE: Menikmati Buas dan Mewahnya Mercedes-Benz GLE 450 Keliling Jakarta
    LEBARAN DRIVE: Menikmati Buas dan Mewahnya Mercedes-Benz GLE 450 Keliling Jakarta
    Alvando Noya . Hari ini
  • Mitsubishi Buka Dealer Resmi di Morowali, Jadi Cabang ke-176
    Mitsubishi Buka Dealer Resmi di Morowali, Jadi Cabang ke-176
    Setyo Adi . Hari ini
  • Penjualan Global Porsche Kuartal 1 Naik, SUV dan EV Paling Banyak Peminat
    Penjualan Global Porsche Kuartal 1 Naik, SUV dan EV Paling Banyak Peminat
    Alvando Noya . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Citroen Indonesia Jagokan C3 Aircross dalam Kompetisi SUV 7-Seater
    Citroen Indonesia Jagokan C3 Aircross dalam Kompetisi SUV 7-Seater
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Honda Catat Penjualan 10.706 Unit pada Maret 2024
    Honda Catat Penjualan 10.706 Unit pada Maret 2024
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Suzuki Sediakan Aksesori Jimny 5-doors Buat Penunjang Tualang
    Suzuki Sediakan Aksesori Jimny 5-doors Buat Penunjang Tualang
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • PEVS 2024 Siap Digelar, Periklindo Incar Target Transaksi Rp400 miliar
    PEVS 2024 Siap Digelar, Periklindo Incar Target Transaksi Rp400 miliar
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Skema Kredit GWM Haval H6 HEV
    Skema Kredit GWM Haval H6 HEV
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Opsi MPV Premium Terbaru yang Cocok Dipakai Mudik
    Opsi MPV Premium Terbaru yang Cocok Dipakai Mudik
    Alvando Noya . 01 Apr, 2024
  • 8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
    8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
    Setyo Adi Nugroho . 20 Mar, 2024
  • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
    Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
    Zenuar Yoga . 04 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2024